RSUD Rohul Kembali Lakukan Test Swab Kepada Dokter Spesialis/Dokter Gigi Sebanyak 25 Orang

Jumat, 03 Juli 2020 - 17:45:52 WIB
Share Tweet Google +


ROKANHULU, CATATANRIAU.COM | RSUD Rohul telah membentuk Tim Satgas sebagai benteng terakhir dalam penanganan Pasien Covid-19,dan juga sebagai rumah sakit rujukan dalam penanganan Covid-19 di Rokan Hulu.

 

Untuk mengantisipasi penularan infeksi Covid-19 kepada Petugas Medis, RSUD Rohul telah melakukan Tes Swab kepada Dokter dan tenaga Medis.   Tahap pertama pada Selasa 23/06/2020 lalusebanyak 87 orang,dari hasil test swabnya statusnya Negatif atau tidak ada yang terinfeksi Covid-19.

 

Pada Hari Kamis,02/07/2020 RSUD Rohul kembali melakukan Tes Swab kepada Dokter Spesialis dan Dokter Gigi sebanyak 25 orang. Dari Sampel Swab Dokter Spesialis dan Dokter Gigi itu telah dikirim ke Laboratorium Biomolekuler RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau, Pekanbaru.

 

Direktur RSUD Rohul Dr.Novil mengatakan dilakukan pemeriksaan Swab kepada 117 Satgas Penanganan Covid-19 RSUD Rohul, karena Petugas Medis ini terlibat langsung dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat."Katanya.

 

Tambah Novil, hal itu sebagai komitmen RSUD Rohul dalam memutus mata rantai penularan Covid-19 dilingkungan RSUD Rohul sesuai dengan Surat Edaran (SE) Gubernur Riau Nomor : 179/SE/2020 Tentang Percepatan Peningkatan Cakupan Pemeriksaan Covid-19."Tambahnya.

 

Menurut keteranga Novil,Agar lebih efektif dan efisien dalam memutus mata rantai penularan Covid-19,Pemerintah harus melakukan pemeriksaan Swab berdasarkan perhitungan WHO yaitu 3.500/1 juta penduduk.Jika dihitung dengan standar WHO target 3.500/1 Juta Penduduk, dengan jumlah Penduduk Rokan Hulu 718.321 jiwa, sehingga warga Rohul harus dilakukan Test Swab 2.514 orang, dengan Sampel Pemeriksaan Swab Per Hari 46 orang."Terangnya.

 

Atau dari jumlah 2.514 orang Rohul yang harus dilakukan Swab dibagi 16 kecamatan, berarti setiap Kecamatan itu harus di dilakukan Swab 157 orang, itu baru dikatakan tindakan aktif dalam memutus mata rantai penularan dan deteksi dini Covid-19,” jelas Novil.

 

Meski Rohul Zona Hijau, Novil menghimbau kepada masyarakat dan warga yang berobat di RSUD Rohul tetap mematuhi Protokol Kesehatan, seperti keluar rumah memakai masker, Physical Distancing, hindari kerumunan dan biasakan Pola Hidup bersih dengan cara cuci tangan pake sabun."Imbuh Novil.(*)




Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex