Camat Minas, Dewan Suryono Dampingi Disdik Riau Tinjau Lokasi Pembangunan SMA di Mandiangin

Selasa, 16 Juni 2020 - 20:06:38 WIB
Share Tweet Google +


SIAK, CATATANRIAU.COM | Rombongan Camat Minas H Hendra Adi Nugraha SSTP MSi beserta Anggota DPRD Kabupaten Siak Suryono dan Dasril Kepala Bidang SMA Dinas Pendidikan Provinsi Riau dengan didampingi Martinus SP Penghulu Kampung Mandiangin serta Asmuni Syamsir Mpd Korwilcam Disdikbud Minas serta Kepala Sekolah SMA Negeri 1 dan 2 Minas, hari ini Selasa (16/06/2020) mereka melakukan peninjauan bakal lokasi pembangunan SMA baru dan gedung kelas jauh SMA N 2 Minas di Kampung Mandiangin Kecamatan Minas Kabupaten Siak Riau.

Dijelaskan Martinus Sp Penghulu Kampung Mandiangin, sebelumnya kata dia, pihaknya pada tanggal 04 Juni 2020 mengajukan permohonan untuk pengadaan SMA di Kampung itu, "dan Alhamdulillah dapat tanggapan sebab kemarin kita di bawa oleh pak Dewan Suryono, saat itu kami mengadakan pertemuan dengan Dinas Pendidikan Provinsi Riau di Pekanbaru," kata dia.

 

Kemudian lanjut dia, pada tanggal 09 Juni 2020 pihaknya menindaklanjuti, dan saat itu jelasnya respon Kepala Dinas Pendidikan waktu itu mengarahkan untuk langsuang mengadakan penerimaan siswa baru, "dan hari ini melakukan cek lapangan maka tadi turun langsung dari Kepala Bidang SMA Disdik Riau untuk meninjau langsung lokasi rencana untuk pembangunan SMA di Kampung Mandiangin nantinya," jelasnya.

Kemudian disamping itu terangnya lagi, pihaknya juga melakukan peninjauan gedung untuk SMA N 2 Kelas jauh, sebab untuk sementara waktu ini kelas jauh telah dibuka untuk Kampung Mandiangin. Adapun untuk penerimaan peserta didik baru (PPDB) kata dia akan dimulai pada tanggal 17 Juni esok sampai dengan tanggal 25 Juni 2020, "dan hal ini sudah kita musyawarahkan bersama dengan para orang tua murid," urainya.

 

Lebih jauh dikisahkan oleh Martinus, Hal ini memang sudah lama menjadi impian masyarakatnya, "karena hal ini berkat doa kita bersama juga, karena selama ini berdasarkan pantauan kita, banyak anak-anak kita yang keluar dari Mandiangin untuk sekolah dan itu jarang sekali yang berhasil, sebab kendalanya selama ini kontrol orang tua untuk anak agak susah karena jauh, kemudian juga biaya untuk orang tua cukup besar, karena anaknya harus kos, harus bayar uang jajan atau kendaraan," katanya.

 

"Kemudian tentunya hal ini juga dapat mengurangi kecelakaan, karena bagaimanapun jalan ke Kampung Mandiangin ini masih cukup jelek, dan sangat rawan kecelakaan, jadi dengan adanya SMA di sini memang sangat betul-betul terbantu lah, untuk anak-anak kita disini khususnya," imbuhnya.

 

"Kita juga berharap, untuk proses kelanjutan peningkatan admistrasi, seperti setatus tanah hibahnya mungkin kita minta dari pihak Pemerintah Kabupaten Siak untuk bisa menyelesaikan surat tanah hibah, untuk bakal calon lahan pembangunan gedung SMA baru yang luasnya 2 hektar, lahan ini hibah dari pemangku adat Mandiangin pak Darussalam," jelasnya.

 

Sementara itu Camat Minas H Hendra Adi Nugraha SSTP MSi  dia mengatakan, "tentunya kita sangat bersyukur, sebab niat untuk membangun SMA di Mandiangin sudah mulai nampak titik terangnya, tentu hal ini menjadi peluang lebih besar dari hajat masyarakat, yang tentunya dengan adanya sekolah ini di Mandiangin akan memberikan dampak positif terhadap pergaulan maupun psikolog anak-anak remaja kita, makanya kita upayakan agar bisa diwujudkan SMA di Mandiangin, sehingga pengontrolan orang tua terhadap anak-anaknya bisa lebih maksimal," kata Camat Hendra. 

 

Kemudian terang Camat, terkait dengan fasilitas, Pemerintah Mandiangin mereka sudah menyiapkan lahan yang dihibahkan oleh tokoh masyarakat setempat seluas dua hektar, dan ini menjadi syarat yang sudah sangat cukup untuk dibangunnya SMA di kampung itu oleh pemerintah Provinsi Riau. 

 

"Sementara waktu, untuk tahun ajaran baru ini sudah bsia dilaksanakan disana dengan pola sekolah SMA N 2 Kelas Jauh, hal ini diberlakukan menjelang berdirinya SMA defenitif di Mandiangin, adapun untuk sarana dan prasarana yang akan digunakan disana sementara ini menggunakan fasilitas MDTA, ada dua lokal sudah ada mobilernya, sudah ada aulanya dan Mushollah, sehingga ini sudah sangat-sangat layak, dan tadi sudah dicek atupun di uji kelayakan oleh Kabid SMA Disdik Riau pak Dasril, dan sudah diperbolehkan untuk merekrut siswa SMA untuk tahun ajaran baru ini," jelas Camat Hendra.

 

Adapun Anggota DPRD Kabupaten Siak Suryono, kepada Wartawan dia mengatakan, bahwa dalam hal ini dirinya menghimbau kepada seluruh orang tua yang memiliki anak baru tamat SMP agar kiranya mendaftarkan anak-anaknya ke sekolah kelas jauh tersebut, terkecuali bagi anak yang akan melanjutkan ke sekolah Pesantren.

 

 

"Jadi kita harapkan dan kita menghimbau kepada Masyarakat Mandiangin agar anaknya yang baru tamat SMP didaftarkan disitu, kecuali yang akan lanjut ke ponpes, agar apa yang kita harapkan bersama selama ini dapat berjalan sebagaimana mestinya," tukasnya.(*)




Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex