Foto Sekda Rokan hulu, H.Abdul Haris. S.sos.M.si Sedang Viscon Dengan Kemendagri

Sekda Rokan Hulu Ikuti Vidcon Dengan Kemendagri Bahas Kesiapan Pilkada Serentak

Ahad, 14 Juni 2020 - 19:55:52 WIB
Share Tweet Google +


ROKANHULU, CATATANRIAU.COM | Pemerintah kabupaten Rokan Hulu melalui Sekretaris Daerah Rokan Hulu. H.Abduk Haris. S.sos,M.si.
mengikuti acara Vidcon bersama Kemendagri membahas kesiapan pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 bertempat di pendopo Rumah Dinas Bupati Rokan Hulu, Sabtu,13/06/2020. Pagi.

 

Rakor yang dipimpin Sekjen Kemendagri ini diikuti seluruh Sekretaris Daerah (Sekda) se Indonesia, yang juga diikuti Sekda Rohul H. Abdul Haris S.Sos M.Si serta dihadiri Irjen, Dirjen Otda Akmal Malik dan Dirjen BKAD Dr. Adrian serta Dirjen Bangda Nunung, turut hadir juga Kepala BPP serta jajaran lainnya.

 

Sebanyak 9 Provinsi dan 261 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia, termasuk Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) akan melaksanakan perhelatan Pilkada Serentak 9 Desember 2020. Pilkada tahun ini berbeda dengan Pilkada sebelumnya karena dengan mematuhi Protokol Kesehatan pencegahan Covid-19.

 

Pada kesempatan tersebut, Kemendagri dan seluruh Sekda Kabupaten/Kota serta Provinsi yang akan melaksanakan Pilkada serentak tahun 2020 membahas mengenai persiapan pelaksanaan Pilkada serentak yang akan digelar pada tanggal 9 Desember 2020, yang akan diikuti oleh 9 Provinsi dan 261 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

 

Dalam paparannya, Kemendagri menyampaikan kesiapan pelaksanaan pilkada serentak tahun 2020, guna mewujudkan Pilkada yang sukses dan demokratis aman dari Covid-19.

 

Tamabahnya lagi Kami berpesan kepada seluruh penyelenggara / pelaksana Pilkada di daerah agar dapat mempertanggungjawabkan penggunaan dana hibah untuk pilkada serentak tersebut," harapnya.

 

Selain itu, Kemendagri juga mengingatkan seluruh unsur penyelenggara Pilkada agar dapat mengajukan surat tertulis kepada Pemerintah Daerah terkait penggunaan dana hibah.

 

Bagi seluruh penyelenggara Pilkada agar dapat terus menjaga komunikasi dan koordinasi dengan unsur pusat demi menghindari kesalahpahaman di daerah," pintanya.

 

Kemendagri juga berpesan kepada para kepala daerah yang daerahnya mengikuti Pilkada serentak 2020, agar dapat memberikan kemudahan bagi penyelenggara dalam menggunakan dana hibah yang ada.

 

Sebelum Pilkada dilaksanakan, seluruh penyelenggara agar dapat terus mensosialisasikan serta memberikan gambaran atau pemahaman kepada masyarakat terkait pelaksanaan pilkada yang aman Covid-19," katanya.

 

Demi mewujudkan pelaksanaan Pilkada aman Covid-19, maka penyelenggara juga harus memepersiapkan segala kebutuhan seperti APD (masker, hands coon, face shield dan alat cuci tangan) dan mengikuti aturan dari protokoler keaehatan.

 


Terakhir jajaran Kemendagri yang ikut vidcon online dengan Sekda tersebut berharap dukungan kepada kepala daerah dan berbagai unsur stakeholder dalam kelancaran pilkada nanti, Dengan adanya sumber daya yang baik, maka kita optimis pilkada serentak ini akan berjalan dengan baik dan lancar.(*)




Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex