Gubri : Corona hilang, jangan sampai ada masalah pangan di Riau

Rabu, 06 Mei 2020 - 16:27:09 WIB
Share Tweet Google +


KAMPAR, CATATANRIAU.COM | Gubernur Riau Syamsuar bersama Forkompinda Provinsi Riau didampingi Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto melakukan gerakan menanam untuk peningkatan ketahanan pangan yang dilaksanakan di Desa Kualu Kecamatan Tambang, Rabu (6/5)

 

Gerakan menanam ini dilakukan untuk ketahanan pangan, saat ini tanah Pemda dimanfaatkan untuk ketahanan pangan dengan bekerjasama dengan petani. Hal tersebut disampaikan Gubri dalam sambutannya.

"Jangan sampai setelah pandemi covid-19 ini jangan sampai ada masalah baru yang kita hadapi yaitu kerawanan pangan. Untuk itu marilah menanam mulai saat ini" ungkap Syamsuar.

 

Selain itu Gubernur juga menyampaikan, demi menyelamatkan rakyat mohon dipatuhi dengan cara disiplin. Mohon saling membantu, kami juga akan menyerahkan bantuan kepada masyarakat. Desa juga dapat mensegarakan bantuannya untuk masyarakat melalui dana desa.

 

Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto selepas pelaksanaan kegiatan memerintahkan secara langsung kepada kepala Dinas Pertanian Kampar agar langsung melakukan penanaman di tanah milik Pemda.

 

"Segeralah sebelum lebaran ini tanah Pemda yang ada agar ditanami jagung yang masa tanamnya tidak lama" ungkap Catur.

 

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Kampar Ir Bustan bersama Kepala BPTP Balitbang Riau Dr. salwati sp, Msi mengatakan dari jauh hari sebelumnya pihaknya telah mempersiapkan 10 hektare lahan Pemda Kampar dan kelompok tani penggarapnya juga telah disiapkan untuk tanam Jagung.

 

Selain itu juga telah mencari Investor pertanian dengan pola KKPA yang akan mengisi musim 2 dan 3 dan merupakan uji coba pertama dilahan seluas 4 hektar di simpang kambing Desa Teratak buluh. Dengan Varietas unggul baru invara yang merupakan lahan Lebak dengan sistem pengairan mengharapkan hujan. Dimana program ini juga bekerjasama dengan BPTP Balitbang Riau.

 

"Sawah baru yang baru dibuka dan diolah untuk menambah luas sawah Pertanian, sawah bukaan baru tersebut menggunakan teknologi sawah bukaan baru, yang diaplikasikan harus baru dan kehati-hatian agar mencapai keberhasilan, agar lahan kembali kembali ke habitatnya serta tidak alih fungsi," Papar Bustan.

 

Gubernur Riau bersama Forkompinda Provinsi Riau dan Bupati Kampar juga menyerahkan bantuan sembako untuk 30 orang Kelompok tani Kualu desa Kualu, luas lahan yang akan ditanami jagung dilokasi tersebut seluas 22 hektar, namun lokasi tersebut memiliki luas secara keseluruhan sebesar 58 hektar yang dapat terus dikembangkan. (*)




Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex