Setelah Sekian Lama Akhirnya Jalan Hangtuah Duri Mendapatkan Perhatian Dari Pihak Terkait

Rabu, 29 April 2020 - 23:32:52 WIB
Share Tweet Google +


DURI, CATATANRIAU.COM | Persimpangan jalan Mawar dan Jalan Hangtuah akhirnya mendapatkan perhatian dari pihak terkait, Setelah sekian lama mengalami kerusakan cukup parah  akhirnya jalan lintas Sumatera yang membentang di wilayah Kecamatan Mandau, Duri diperbaiki terpantau jalan tersebut telah dikeruk dengan menggunakan alat berat,Rabu (29/4/2020) sore.

 

Lebih dari lima kali diberitakan oleh awak media jalan lintas nasional yang sebelumnya tampak bergelombang membentuk alur roda kendaraan berat nan memanjang itu tampak diremajakan.

 

Terpantau jalan yang semula penuh alur dalam di tengah badan jalan negara itu kini tampak rata. Meski masih berbeda elevasi di sisi lainnya, namun titik gelombang yang membahayakan pengendara itu tampak hilang.

 

“Syukurlah kalau sudah dikeruk, semoga langsung diaspal lagi ya. Supaya yang melintas itu nyaman dan aman, apalagi ibu-ibu yang pakai sepeda motor, kan lebih aman kalau nanti jalannya rata. Tidak bergelombang lagi kan? Cukup laut saja yang punya gelombang, jalan jangan,” kata Derliana Simanjuntak, warga sekitar jalan Hangtuah, Duri.

 

Sebelumnya, Rudi Rianto, staff Swakelola Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kecamatan Mandau juga menyatakan bahwa perbaikan jalan lintas tersebut bukanlah kewennangan PU Bengkalis, maupun Mandau. Namun Rudi menyatakan pihaknya tetap setuju bila perbaikan atas kerusakan jalan tersebut dilakukan sesegera mungkin demi alasan keamanan pengendara, khususnya pesepeda motor.

 

“Untuk perbaikan jalan lintas, kewenangan Provinsi. Tapi, kita setuju bila jalan itu diperbaiki. Kita akan segera surati ke PUPR di Provinsi untuk sesegera mungkin dilakukan perbaikan di jalan yang rusak,” kata Rudi beberapa waktu lalu.

 

Setelah pemberitaan dari awak media dan jajaran Swakelola DPU Mandau juga PUPR Bengkalis akhirnya didengarkan oleh jajaran PUPR Provinsi. Pengerukan pun dilakukan, lebih dari 50 meter ruas jalan lintas itu dikeruk dengan kedalaman rata-rata 5 sampai 10 Centimeter (Cm).

 

Proses pemadatan dengan compactor pun dilakukan, agar pondasi badan jalan tak lagi meliuk seperti kerusakan sebelumnya. Hingga sekitar pukul 17.30 WIB, perbaikan tampak dilaksanakan. Rencananya, usai pengerukan perbaikan lanjutan segera digelar.

 

“Pengaspalan dilakukan setelah pengerukan selesai, sabar dan lebih hati-hati saja jika melintas selama proses perbaikan dilakukan,” pungkas seorang petugas perbaikan jalan antar Provinsi itu.(*)




Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex