Melalui Vidio Conference, Bupati Rohul Ikuti Peresmian Pengoperasian SATRIA-1 & Proyek BTS

Jumat, 29 Desember 2023 - 08:42:27 WIB
Share Tweet Google +

Rohul, Catatanriau.com | Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Rohul, turut serta dalam peresmian pengoperasian Stasiun Bumi Satelit Republik Indonesia (SATRIA)-1 dan proyek Base Transceiver Station (BTS).

Acara ini digelar melalui vidio conference dengan Presiden Joko Widodo pada Kamis (28/12/2023) di Aula Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rohul. Peresmian ini juga di ikuti oleh Para kepala Daerah Se Indonesia.

Untuk Rohul, vidio conference ini selain Bupati Rohul, di ikuti juga oleh Wakil Bupati Rohul, Sekda Rohul para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Rohul, unsur Forkompinda, Perwakilan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia beserta undangan lainnya.

Pada kegiatan tersebut, Bupati Rohul H. Sukiman mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo karena Kabupaten Rohul termasuk salah satu penerima bantuan akses internet.

Harapannya, bantuan ini dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan, terutama di bidang kesehatan, guna mempercepat pelayanan dan meningkatkan kinerja pemerintah kepada masyarakat.

H. Sukiman juga memberikan laporan bahwa masih terdapat 24 daerah di Rohul yang belum terpapar sinyal telekomunikasi atau merupakan wilayah blank spot.

"Kita sudah menyampaikan dan  mengusulkan hal ini melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan mendapat respon positif," kata Bupati.

Pemkab Rohul berharap teknologi V-SAT melalui satelit SATRIA-1 dapat memperkuat sektor kesehatan di RSUD Rokan Hulu. Adapun proyek pembangunan menara telekomunikasi/BTS, baik oleh Bakti Kominfo maupun pihak swasta, melibatkan beberapa titik strategis di wilayah Rohul.

Menara Telekomunikasi/BTS oleh Bakti Kominfo.
1. Tugu Sutan Harimau, Desa Muara Dilam.
2. Kantor Desa Pasir Luhur.
3. SD Negeri 007 Tambusai.

Menara Telekomunikasi/BTS oleh Pihak Swasta
1. Penyengat Dusun Suka Damai, Desa Mahato oleh PT.TBG.
2. Simpang Badak Desa Mahato oleh PT.Daya Mitra.
3. Bukit Menyanyi Cipang Kiro Hilir oleh PT.TBG.
4. Tibawan Rokan IV Koto oleh PT.IBS.
5. Simpang RSUD oleh PT.Daya Mitra.

"Pembangunan infrastruktur ini diharapkan dapat mengatasi tantangan konektivitas dan memberikan dampak positif bagi masyarakat Rokan Hulu," ucap Sukiman sambil mengakhiri.***


Laporan : E.S.Nst



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex