Bekerjasama Dengan DP3AP2KB Siak, Pemerintah Kelurahan Minas Jaya Gelar Sosialisasi Kampung KB dan Rumah Dataku

Rabu, 08 November 2023 - 13:23:01 WIB
Share Tweet Google +

Siak, Catatanriau.com | Pemerintah Kelurahan Minas Jaya, bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Siak mengadakan sosialisasi Kampung Keluarga Berencana (KB) dan Rumah Dataku, Rabu (08/11/2023).

Hal ini sebagaimana dijelaskan oleh Lurah Minas Jaya Martinus SP. Dikatan dia, kegiatan sosialisasi ini sengaja dilakukan untuk meningkatkan peran pemerintah, pemerintah daerah lembaga pemerintah, dan swasta dalam memfasilitasi pendampingan masyarakat dalam melaksanakan program kependudukan keluarga berencana atau berkualitas.

"Selian itu, sosialisasi ini juga bertujuan untuk meningkat jumlah peserta KB aktif, kemudian meningkatkan ketahanan keluarga melalui program 8 fungsi keluarga, meningkatkan pemberdayaan keluarga melalui kelompok UPPKS, menurunkan angka kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) serta meningkatkan rata-rata lama sekolah penduduk usia sekolah, kemudian juga untuk menurunkan angka perkawinan di bawah umur. Hal ini, mengingat Kelurahan Minas Jaya merupakan salah satu Kelurahan yang cukup padat penduduk," kata Martinus SP.

Adapun program delapan fungsi keluarga yang perlu diberikan pemahaman kepada warga kata Martinus, diantaranya seperti maslah agama, reproduksi, kasih sayang, perlindungan, pendidikan, sosial budaya, ekonomi dan pelestarian lingkungan.

"Tujuan akhirnya, bagaimana keluarga dalam suatu lingkungan kesejahteraan dan kehidupannya dapat lebih baik dan lebih bagus," katanya.

Kedepan kata Martinus, pihaknya juga akan melaksanakan pembentukan kelompok kerja (Pokja) melalui SK Kelurahan untuk melaksanakan program-program yang sejalan dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Siak.

"Tentu nantinya kita akan melibatkan semua pihak yang ada, seperti Puskesmas, KUA dan dari perusahaan sekitar yang akan kita minta juga dukungan dan support agar Kampung KB di Kelurahan Minas Jaya bisa terbentuk," tukasnya.***


Laporan : Idris Harahap



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex