Terlihat Jalan Lintas Timur Pangkalan Kerinci Cerah, Kabut Asap Riau Hilang Diguyur Hujan Deras, 11 Oktober 2023

Klaim TMC, Kabut Asap Riau Hilang Diguyur Hujan Deras

Rabu, 11 Oktober 2023 - 19:51:08 WIB
Share Tweet Google +

Pekanbaru, Catatanriau.com | Terjadi hujan deras di wilayah Pekanbaru dan sekitarnya, Kabut asap hilang diguyur hujan deras hasil teknologi modifikasi cuaca (TMC). Terlihat langit kota Pekanbaru dan sekitarnya cerah terlihat biru. Hal ini pantauan Rabu (11/10/2023).

Kepala BPBD Riau, Edy Afrizal mengklaim menyebut hujan deras terjadi setelah operasi teknologi modifikasi cuaca (TMC) sejak 6 Oktober lalu di wilayah Riau. Bahkan, sejumlah hotspot di Riau terus mengalami penurunan.

"Langit biru hari ini ada pengaruh juga dari operasi kegiatan TMC kita. Itu berada pada wilayah-wilayah berpotensi hujan. Hotspot sudah turun, tinggal sisa beberapa daerah," kata Kepala BPBD Riau, Edy Afrizal kepada wartawan, Rabu (11/10/2023).

Edy memastikan dari 37 hotspot tercatat terus mengalami penurunan. Hanya saja, lahan yang terbakar tidak bisa langsung padam karena ketebalan lahan gambut di sejumlah daerah.

"Dari 37 hotspot, bukan fire spot. Gambut ini kalau kita padamkan tak bisa langsung padam karena gambut. Butuh waktu juga untuk pendinginan, meskipun sudah kami bombing dan hujan api saja yang padam," kata Edy.

Khusus di Indragiri Hulu, BPBD Riau hari ini juga akan menurunkan tim khusus untuk bantu pemadaman. Mengungat curah hujan di daerah gambut belum maksimal.

"Hari ini BPBD turun membantu ke Indragiri Hulu. Tapi beberapa daerah seperti Rokan Hulu, Siak, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir dan yang lain hujan. Hanya sekarang durasinya belum lama, masih 30 menit sampai 1 jam saja. Untuk gambut itu butuh waktu 2-3 jam lah hujan baru padam total. Intinya karhutla di Riau terkendali," kata Edy.

Operasi TMC sendiri dilakukan sejak 6-12 Oktober besok. Hasil koordinasi dengan BMKG dan Satgas Karhutla, terlihat masih ada potensi curah hujan di Riau.

"Potensi hujan di Riau masih ada. Mudah-mudahan ini nanti sampai masuk musim hujan yang akan datang karena di Jambi sudah TMC juga, sama-sama sudah turun hujan," kata Edy.

Diketahui, sejumlah daerah di Riau telah diselimuti kabut asap sejak pekan lalu. Bahkan, Dinas Pendidikan Riau sampai menerbitkan edaran soal belajar daring di tingkat SMA sederajat. *****

Laporan : E Pangaribuan 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex