Berlatih Demokrasi, Pelajar SMAN 1 Tebing Tinggi Barat Lakukan Pemilihan Ketua OSIS Periode 2023-2024

Jumat, 06 Oktober 2023 - 15:07:37 WIB
Share Tweet Google +

Selatpanjang, Catatanriau.com | OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) adalah sebuah organisasi di sekolah yang terdiri dari siswa-siswa yang terpilih melalui pemilihan demokratis oleh sesama siswa untuk mewakili mereka dalam hal-hal yang berkaitan dengan kebijakan sekolah, kegiatan sosial, dan lain-lain.

Pemilihan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) adalah salah satu cara untuk memberikan pendidikan politik kepada siswa di sekolah SMAN 1 Tebing Tinggi Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti melakukan penyelenggaraan pemilihan Ketua dan Wakil Kerua OSIS periode 2023-2024 yang berlangsung pada Jumat 29 September 2023.

Pemilihan ini menggunakan prinsip demokrasi dan diadakan sesuai dengan tata cara layaknya pemilihan presiden atau kepala desa di Indonesia dengan pencoblosan secara langsung.

Melalui pemilihan OSIS, siswa dapat terlibat secara aktif dalam proses pengambilan keputusan di sekolah mereka. Mereka belajar bagaimana berkomunikasi, berkolaborasi, dan mempengaruhi perubahan dalam lingkungan sekolah.

Ada dua pasangan calon kandidat Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMAN 1 Tebing Tinggi Barat yaitu pasangan nomor urut satu M. Febrian Saputra berpasangan dengan M. Agung Prayoga, dan nomor urut dua Asnah Zahira dan Fasya Dwi Suryani.

Rizki Ramdani S.Si selaku Pembina OSIS SMAN 1 Tebing Tinggi berharap dengan terpilihnya Ketua dan Wakil Ketua OSIS yang baru dapat meningkatkan solidaritas dan kualitas kinerja OSIS SMAN 1 Tebing Tinggi Barat yang selama ini berperan penting dalam berbagai kegiatan sekolah.

Adapun hasil dari pemungutan surat suara langsung dihitung pada hari yang sama dengan total keseluruhan suara 141 suara. Dengan rincian jumlah suara nomor urut satu sebanyak 106 suara dan nomor urut dua sebanyak 35 suara.

“Selamat bagi pasangan calon yang terpilih, dan bagi pasangan calon yang belum terpilih jangan berkecil hati dan harus tetap bekerjasama dengan pasangan yang terpilih, karena pemilihan ini hanyalah proses demokratis OSIS SMANSA dan pada dasarnya siapapun yang terpilih harus bisa menjadi siswa/siswi smansa yang hebat dan penuh tanggung jawab.” Ujar Rizki.***

Laporan : Dwiki



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex