Lanal Dumai Amankan 700 Karung Barang Bekas Berasal Dari Malaysia

Kamis, 21 September 2023 - 17:45:08 WIB
Share Tweet Google +

Dumai, Catatanriau.com | Tim gabungan monitoring dari Pangkalan TNI AL Dumai berhasil menggagalkan penyelundupan Ball Press yang diduga berisi pakaian eks impor dan mengamankan Kapal KM. Rifqi Wijaya GT. 34, di perairan Pulau Halang Kab. Rokan Hilir, Provinsi Riau.

Penangkapan disampaikan Komandan (Danlanal) Dumai Kolonel Laut (P) Kariady Bangun, S.E, M.Tr saat menggelar konferensi pers terkait penangkapan Ball Press dari Malaysia di Dermaga TNI AL Bangsal Aceh Dumai, Kamis (21/9/2023).

“Pengamanan Ball Press/barang bekas yang berasal dari Singapura ini dibawa Kapal KM. Rifqi Wijaya GT. 34 dari Malaysia yang ingin menuju ke Bagansiapiapi.”

”Penangkapan berupa Ball Press tersebut dilakukan oleh Tim gabungan dari Posal Bagansiapiapi, Posal Sinaboi, F1QR Lanal Dumai dan Kal Tedung I-1-37, berawal dari adanya informasi adanya rencana penyelundupan Ballpres masuk ke wilayah kerja Lanal Dumai” ujar Danlanai

Disampaikan bahwa keberhasilan TNI AL dalam hal ini Lanal Dumai untuk menggagalkan penyelundupan Ballpers merupakan perintah langsung dari Pimpinan TNI AL melalui Pangkoarmada I yang menekankan bahwa, wilayah kerja Lanal Dumai berbatasan langsung dengan selat malaka yang merupakan konsenterasi pintu masuk penyelundupan dan barang-barang illegal khususnya Ballpress.

Barang bukti yang berhasil diamankan yaitu 700 Koli karung besar, seberat 56.000 Kg barang bekas. Seperti baju, celana, sepatu dan tas tanpa dilengkapi dokumen yang sah (illegal).

Dalam tindakan ini, kata Danlanal, “pihaknya berhasil mengamankan 6 tersangka dengan 1 orang nahkoda kapal berinisial MZ,dan 5 orang ABK yang nantinya akan diproses secara hukum.ari penangkapan ini”. (Ryn)



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex