Herkoni, S.Pd.I, Imam Besar Masjid Al-Jihad Pekanbaru (Kiri) saat melakukan klarifikasi didampingi oleh Krisna Bayu Pratama, Gharim Masjid Al-Jihad Pekanbaru (Kanan)

Diduga ODGJ! Pria Viral Melakukan Gerakan Ibadah Tidak Wajar di Masjid Al-Jihad Pekanbaru

Sabtu, 16 September 2023 - 09:42:39 WIB
Share Tweet Google +

Pekanbaru, Catatanriau.com | Beredar video viral seorang pria tengah berada di dalam masjid pada shaf belakang (shaf perempuan) melakukan gerakan (bukan sholat) sebagaimana lazimnya. Diketahui kejadian itu terjadi di Masjid Al-Jihad Pekanbaru pada Kamis (14/09/23) siang menjelang sholat dhuhur. Imam Besar Masjid, Herkoni, S.Pd.I membenarkan kejadian itu terjadi di Masjid Al-Jihad Melur Kecamatan Sukajadi, Kota Pekanbaru.

“Memang benar ada kejadian seorang pria telah melakukan gerakan ritual ibadah, namun tidak sesuai dengan syariat Islam”, ungkapnya.

Dia melanjutkan, “Masjid tersebut memang dari setelah subuh sampai isya tidak pernah dikunci karena letak masjid yang berada di poros, sehingga banyak masyarakat yang melakukan aktivitas sholat dan aktivitas lainnya di masjid.”

Pengurus masjid telah melakukan konfirmasi dengan pihak perekam video yang merupakan mahasiswi Poltekkes Kemenkes Riau.

Herkoni menjelaskan, “usai kejadian Kamis siang, Pengurus masjid langsung melakukan konfirmasi dengan mahasiswi yang merekam. Dan qodarullah kemarin siang menjelang sholat jumat pria itu datang lagi ke masjid, kita menangkap pria tersebut secara pribadi, namun setelah kita periksa pria itu diduga memiliki gangguan jiwa.”

Dia juga mengatakan bahwa hal tersebut murni tidak ada unsur aliran apapun di masjid dan pria itu bukan jamaah tetap masjid, melainkan seorang pendatang.

“Atas saran teman dari mahasiswi Poltekkes Kemenkes Riau itu video tersebut agar di upload di Tiktok, sehingga menjadi viral. Pria dalam video tersebut sudah diserahkan kepada Kapolsek Sukajadi untuk pemeriksaan lebih lanjut”, pungkasnya.***

Laporan : Fitriana



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex