Wartawan Rohul Galang Dana Terkait Adanya Tindak Kekerasan Terhadap Rekan Sesama Jurnalis

Rabu, 21 Juni 2023 - 20:01:51 WIB
Share Tweet Google +

Rohul, Catatanriau.com | Sebagai bentuk solidaritas terhadap rekan sesama wartawan yang mendapatkan tindakan kekerasan dari premanisme, puluhan Wartawan dari berbagai Organisasi menggelar aksi penggalangan dana, tepatnya di Tugu Ratik Togak, Depan Masjid Agung Islamic Center, Desa Pematang Berangan, Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul). Rabu (21/6/2023).

Dapat di ketahui, sebelumnya ada empat rekan wartawan yang tidak mendapatkan perlakuan yang tidak wajar dan mendapat tindak kekerasan sehingga membuat mereka terpaksa harus di rawat di rumah sakit, kejadian ini tepatnya di Dusun Kali Kapuk  Desa Sungai Korang Kecamatan Hutaraja Tinggi, Kabupaten Padang Lawas (Palas).

Dalam aksi solidaritas ini bertindak sebagai penanggung jawab Ramlan Lubis, Koordinator lapangan (Korlap) Armen Nasution, dalam aksi mereka menjelaskan  kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama Wartawan.

"Hari ini, kami mengelar aksi solidaritas penggalangan dana, supaya  bisa meringankan beban dari rekan-rakan kita satu profesi wartawan yang mengalami tindakan kekerasan," kata Ramlan Lubis.

Beliau juga berharap, jangan ada lagi tindakan yang anarkis terhadap para wartawan, karena wartawan bukanlah musuh, wartawan adalah seorang kuli tinta yang menyuarakan melalui tulisannya.

Pada kesempatan yang sama, Armen Nasution yang juga sebagai Korlap meminta agar para pelaku tindak kekerasan terhadap para wartawan agar dapat di tindak tegas sesuai hukum yang berlaku.

"Kami meminta kepada penegak hukum  khususnya Polres Padang Lawas agar segera menangkap para pelaku dan memproses nya secara hukum yang berlaku," ujar Armen Nasution dengan tegas.

Lanjutnya, Kami wartawan ini bukan musuh, kami juga bekerja di lindungi oleh undang-undang jadi kalau ada rekan kami sesama wartawan yang mendapatkan perlakuan yang tidak wajar itu sama artinya melukai kami juga," kata Armen.

Terpantau hadir dalam aksi solidaritas itu, Ketua SPI Rohul, Ketua SPRI, Ketua SMS, Pengurus AWI Rohul, Pengurus PWI Rohul, Pengurus IWO Rohul, Pengurus PJID Rohul, Pengurus Foswar Rohul serta puluhan jurnalis lainnya.

Selama kegiatan  aksi solidaritas tersebut, dalam amatan di pantau langsung Personil Sat Intelkam Polres Rohul, berakhir sekitar pukul 10.00 Wib.***

Laporan : E.S.Nasution



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex