Percepat Revitalisasi Satuan Keamanan Lingkungan Dalam Hadapi Pemilu 2024, Polsek Koto Gasib Gelar Apel Gabungan Pos Satkamling

Rabu, 21 Juni 2023 - 14:20:06 WIB
Share Tweet Google +

Siak, Catatanriau.com | Jajaran Polres Siak Polsek Koto Gasib dalam upaya mempercepat revitalisasi satuan keamanan lingkungan dalam menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024, menggelar apel gabungan Pos Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) yang dilaksanakan di halaman Mapolsek Koto Gasib Rabu (21/06/2023).

Kapolres Siak AKBP Ronald Sumaja, S.I.K dalam giat diwakili oleh Waka Polres Siak Kompol Angga Wahyu Prihantoro S.Sos S.I.K sebagai pimpinan apel dalam sambutannya mengatakan bahwa apel yang digelar ini dalam upaya mempercepat revitalisasi satuan keamanan lingkungan (Satkamling) di Wilkum Polres Siak.

“Satkamling adalah garda terdepan setiap lingkungan RT dan RW pada kelurahan atau desa,oleh karena itu kehadirannya diharapkan mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat, solidaritas warga adalah pintu utama dalam kesuksesan penyelenggaraan satkamling,” ucap Waka Polres Siak, saat membacakan sambutan Kapolri.

Dijelaskan juga bahwa Satkamling harus senantiasa besinergi dengan TNI, Polri dan pemangku kepentingan lainnya, sehingga pelaksanaan tugas dilapangan dapat berjalan dengan optimal.

Berdasarkan data yang diperoleh, dari total 230.028 Pos Satkamling, hanya 60 persen yang aktif atau sebanyak 134.753 Pos Satkamling, sedangkan 95.275 dinyatakan tidak aktif. Oleh karena itu diperlukan peran seluruh peran dari masyarakat dan stake holder terkait, untuk mengaktifkan dan memberdayakan Satkamling yang ada di lingkungan masing-masing, sebagai salah satu upaya akselerasi Polri.

“ Maka satkamling memiliki peran sentral dalam upaya penyelenggaraan Kamtibmas, terlebih kita akan menghadapi agenda nasional, yaitu Pemilu serentak tahun 2024. Pesan saya dengan kehadiran Satkamling harus betul-betul bisa menjadi warning system di lingkungannya masing-masing,” tandasnya.

Selanjutnya dalam giat tersebut Waka Polres Siak Kompol  Angga Wahyu Prihantoro S.Sos S.I.K sebagai pimpinan apel juga menyerahkan tongkat dan borgol kepada perwakilan Satkamling yang telah ditunjuk dan dilanjut dengan giat sesi foto bersama setelah giat apel selesai.

Adapun yang hadir dalam giat apel serentak Satkamling yang digelar di Mako Polsek Koto Gasib tersebut dihadiri oleh  Kasat Binmas Akp Yusirwan, S.H sebagai perwira Apel, Kapolsek Koto Gasib Iptu Budiman. S Dalimunthe, S.H, M.H, Kbo Binmas Ipda Surya Darma sebagai Dan Up, Camat Koto Gasib diwakili oleh Kasi Trantib Roni Fitriadi, S.E, para Bhabinkamtibmas Polsek Koto Gasib, Kepala Kampung Se-Kecamatan Koto Gasib, Senkom Koto Gasib, perwakilan RT/RW Se- Koto Gasib, Awak Satkamling Kampung, tokoh masyarakat, adat, agama dan tamu undangan.(rls).

Laporan : Idris Harahap 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex