Polsek Minas Bantu Amankan & Mediasi Pengunjuk Rasa Yang Tengah Menyampaikan Aspirasi di PT PHR Minas

Kamis, 11 Mei 2023 - 12:40:32 WIB
Share Tweet Google +

SIAK, CATATANRIAU.COM | Dipimpin langsung oleh Kapolres Siak AKBP Ronald Sumaja SIK melalui Kapolsek Minas AKP Wan Mantazakka SH MH, pihaknya melakukan pengamanan aksi spontanitas masyarakat Suku Sakai Minas yang diketuai oleh Tomi dari Forum DPS BLBM (Dewan Pemuda Sakai Bathin Limo Baromban Mineh), Kamis (11/05/2023) sekira pukul 08.00 WIB di Gerbang Gate I PT Pertamina Hulu Rokan (PHR), Kampung Minas Barat, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau.

Dalam aksi itu Tomi juga tampak didampingi oleh Suryono alias Halal Cs sebanyak 30 orang.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, massa melakukan aksi itu sehubungan dengan permintaan tenaga kerja kepada PT SKY untuk pemuda Suku Sakai Minas, dengan tujuan agar memberikan peluang pekerjaan terhadap pemuda pemudi masyarakat Suku Sakai Minas.

Dalam hal ini terlihat Kapolsek Minas AKP Wan Mantazakka SH MH beserta sejumlah personil Polsek Minas mereka terlihat melakukan mediasi terhadap kedua belah pihak antara perwakilan masyarakat Suku Sakai Minas yang diketuai oleh Tomi dan Suryono Cs, dengan Arif dan Sis Muhammad Anwas selaku perwakilan management PT SKY.

"Dalam hal ini kita menyampaikan kepada massa aksi untuk tidak melakukan aksi yang dapat menganggu ketertiban umum dan meminta kedua belah pihak untuk menahan diri dan segera dapat menyelesaikan permasalahan Naker tersebut," ungkap Kapolsek Minas AKP Wan Mantazakka SH MH.

Adapun hasil mediasi yang dilakukan lanjut Kapolsek, bahwa pihak Perusahaan PT SKY bersedia untuk menerima tenaga kerja dari masyarakat tempatan Suku Sakai Minas yang telah diajukan atau diminta oleh Perwakilan Suku Sakai Minas yakni sebanyak 2 orang tenaga kerja.

"Pihak perusahaan akan memperoses 2 orang masyarakat tempatan Suku Sakai Minas untuk bergabung dan bekerja di PT SKY, yaitu dibagian Adminitrsi dan PPC (Petugas Pengambil Contoh)," imbuh Kapolsek.

Dengan adanya kesepakatan tersebut lanjut dia, para perwakilan Masyarakat Suku Sakai Minas manerima hasil kesepakatan tersebut dan bersedia untuk membubarkan diri.

"Dan Sekira pukul 10.00 WIB, giat aksi spontanitas yang dilakukan oleh masyarakat Suku Sakai Minas telah selesai dilaksanakan dan selama kegiatan berlansung situasi terdapat dalam keadaan aman dan kondusif," pungkasnya.***

Laporan : Idris Harahap 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex