Menggapai Pemilu Berkah, Ketua Bawaslu Inhil Laksanakan Safari Khutbah Ke-71

Jumat, 31 Maret 2023 - 15:26:48 WIB
Share Tweet Google +

INHIL, CATATANRIAU.COM | Muhammad Dong selaku Ketua bawaslu Indragiri Hilir (Inhil) melakukan safari khutbah menggapai pemilu berkah di mesjid Al-Mujahidin Kelurahan Kuala Enok, Kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Inhil, Jumat, (31/03/2023).

"Kita harus mensukseskan pelaksanaan pemilu 2024 yang Insyaallah akan kita laksanakan pada hari Rabu (14/02/2024) dan kita harus berusaha menggapai pemilu berkah dalam pelaksanaan kita dalam memilih pemimpin'" kata Muhamad Dong dalam khutbahnya.

Penyelenggara pemilu, peserta pemilu dan pemilih kata dia harus menjauhkan diri dari kendali hawa nafsu dalam melakukan tugas-tuganya dalam pemilu. 

"Kita harus menolak praktek politik uang dalam pemilu karena akan menghilangkan berkah pemilu," ujarnya.


Hawa nafsu sendiri kata dia adalah kecintaan terhadap sesuatu yang berlebihan hingga kecintaan itu menguasai hatinya. Kecintaan yang berlebihan tersebut sering kali menyeret seseorang untuk melanggar hukum Allah.
 
Oleh sebab itu lanjutnya, hawa nafsu harus ditundukkan agar mau mengikuti syariat Allah. Dalam istilah syar’i, hawa nafsu adalah kecondongan jiwa terhadap sesuatu yang disukainya sehingga keluar dari batas syariat. Allah subhanahu wata’ala berfirman yang artinya:

 
“Katakanlah, ‘Hai Ahli Kitab! Janganlah kamu berlebih-lebihan (melampaui batas) dengan cara tidak benar dalam agamamu. Dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu orang-orang yang telah sesat dahulunya (sebelum kedatangan Muhammad) dan mereka telah menyesatkan kebanyakan (manusia), dan mereka tersesat dari jalan yang lurus.” (QS. Al-Maidah: 77)
 
Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam juga sudah mengingatkan bahwa mengikuti hawa nafsu akan membawa kehancuran, sebagaimana dalam haditsnya :



“Tiga perkara yang membinasakan dan tiga perkara yang menyelamatkan. Adapun tiga perkara yang membinasakan adalah: kebakhilan dan kerakusan yang ditaati, hawa nafsu yang diikuti, dan seseorang yang membanggakan diri sendiri.”
 

 
“Sedangkan tiga perkara yang menyelamatkan adalah takut kepada Allah di waktu sendirian dan dilihat orang banyak, sederhana di waktu kekurangan dan kecukupan, dan (berkata/berbuat) adil di waktu marah dan ridha.” (HR. Al-Bazzar dalam Musnad-nya no. 80).

"Ramadhan ini sebagai sarana bagi kita untuk mengendalikan hawa nafsu. Ketika para caleg mampu mengendalikan hawa nafsunya dalam proses pemilu, maka tidak akan menghalalkan segala cara untuk terpilih sebagai pemilmpin yang akan mengantarkan kita menggapai pemilu berkah," ucapnya. *****

Laporan : Safrudin

Editor : Idris Harahap 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex