Sumber Gambar : chicago.suntimes.com

Kirim Uang ke Luar Negeri? Perhatikan Hal-Hal Ini Dulu

Jumat, 10 Maret 2023 - 16:34:13 WIB
Share Tweet Google +

CATATANRIAU.COM | Transfer uang ke luar negeri sekarang bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Bahkan hanya bermodal HP saja sudah bisa melakukannya. Meski mudah, tapi tetap ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum mengirimkan uang ke luar negeri. Apa saja? Inilah ulasan selengkapnya.

5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Kirim Uang Ke Luar Negeri

Apapun cara send money abroad yang kamu gunakan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut beberapa hal tersebut:

1. Cek Kurs Mata Uang Asing

Mengirim uang ke luar negeri berarti akan menggunakan mata uang negara tujuan. Hal ini disebut dengan nama kurs valuta asing. Sebelum mengirim uang ke luar negeri, alangkah lebih baik untuk mencari tahu terlebih dahulu nilai tukar mata uang yang sedang berlaku pada saat itu.

Nilai tukar mata uang sendiri sifatnya dinamis karena bisa berubah setiap saat. Melakukan pengecekan mata uang asing maka kamu bisa mengetahui berapa uang yang perlu dikeluarkan (dalam rupiah). Cek nilai kurs juga akan membantu kamu untuk membandingkan dan juga memilih layanan yang memberikan nilai tukar mata asing paling kompetitif.

2. Lamanya Pengiriman Uang

Umumnya lama pengiriman uang ke beberapa negara mengalami perbedaan. Ada uang yang langsung terkirim real time, selisih 2 jam, di hari yang sama, H+2, H+3 dan sebagainya. Maka dari itu, kamu perlu mencari tahu terlebih dahulu mengenai hal ini. Terutama jika uang yang akan dikirim sangat penting dan harus segera diterima.

Transfer uang ke luar negeri bisa cepat sampai apabila kamu menggunakan aplikasi Flip. Proses pengiriman uang dengan Flip sangat cepat karena bisa langsung diterima penerima saat itu juga. Namun ada juga yang bisa diterima 2 jam kemudian. Selain cepat, kirim uang dengan Flip juga aman karena Flip sudah mendapatkan izin lisensi dari bank Indonesia sejak tanggal 04 Oktober 2016 dengan nomor 18/196/DKSP/68.

3. Perhatikan Biaya Pengiriman

Banyak orang malas untuk send money abroad dengan alasan biayanya yang terlalu mahal. Dimana pengirim uang tidak hanya dikenakan biaya pengiriman saja tetapi juga harus membayar biaya tersembunyi lainnya. Hal ini cukup memberatkan terlebih biaya yang harus dibayar tidak transparan.

Umumnya aplikasi kirim uang ke luar negeri menentukan biaya pengiriman berdasarkan jumlah uang yang dikirim dan negara mana yang dituju. Jika kamu ingin mengirim uang ke luar negeri dengan harga terjangkau dan tidak ada biaya tersembunyi direkomendasikan untuk menggunakan Flip. Dimana biaya yang harus dikeluarkan antara Rp 45.000 sampai Rp 85.000 saja.

4. Perhatikan Waktu

Meski pengiriman uang ke luar negeri bisa menggunakan internet yang real time, tetapi butuh waktu yang cukup untuk memprosesnya. Terlebih lagi ada selisih waktu antara Indonesia dengan negara yang tuju. Selisih waktu ini bisa menyebabkan proses transfer menjadi lebih lama dari sebenarnya

Jika kamu kirim uang ke luar negeri dengan Flip, ada batasan waktu pengiriman yang ditentukan. Misalnya kirim uang ke Australia bisa langsung terkirim di hari yang sama. Akan tetapi, waktu pengiriman tidak boleh lebih dari jam 12.00 WIB.

5. Cek Kembali Nomor Rekening Tujuan

Sama seperti saat kamu kirim uang antar rekening dalam negeri, sebelum uang dikirim sebaiknya mengecek dan memastikan nomor rekening tujuan sudah benar. Kesalahan dalam penulisan nomor rekening bisa berakibat fatal.

Jika uang salah kirim ke nomor rekening pihak lain maka penyelenggara tidak akan bertanggung jawab dan kecil kemungkinan uang akan dikembalikan. Oleh karena itu, mengecek kembali nomor rekening tujuan sangat penting.

Nah itulah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum send money abroad. Saat ini sudah ada banyak aplikasi transfer uang ke luar negeri yang bisa digunakan, salah satunya adalah Flip. Flip yang dilengkapi dengan fitur Flip Globe akan membantu kamu mengirim uang ke luar negeri dengan mudah. Jadi tunggu apa lagi segera gunakan Flip untuk transfer uang sekarang juga!

 

Editor : Idris Harahap 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex