Harimau Yang Bikin Resah Warga Pulau Muda Sudah Masuk Perangkap di Dusun Tanjung Pulai, Pulau Muda , Senin 07 November 2022

Harimau Yang Bikin Resah Warga Pulau Muda Sudah Masuk Perangkap

Senin, 07 November 2022 - 12:18:55 WIB
Share Tweet Google +

PELALAWAN,CATATANRIAU.COM | Satu ekor harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) tertangkap masuk perangkap pada Minggu (06/11/2022) malam. Kemunculan  harimau yang bikin resah, suasana mencekam warga dalam satu minggu terakhir  di Dusun Tanjung Pulai Desa Pulau Muda, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Riau. Tertangkap harimau masuk perangkap dilaporkan Ateng warga Pulau Muda, Senin (07/11/2022).

Tertangkapnya harimau masuk perangkap di Dusun Tanjung Pulai dibenarkan Hansen Siregar  Kabid Wilayah I BKSDA Riau. " Ya sudah ada  masuk perangkap satu ekor di Dusun Tanjung Pulai. Saat ini lagi rapat, nanti akan disampaikan secara resminya," ucapnya singkat.

Diketahui harimau masuk ke permukiman warga sudah satu minggu terakhir. Sudah dapat laporan Minggu (30/10/2022) malam. Harimau sempat  menerkam kambing dan memangsa  bebek serta ayam di kandang. Warga juga menemukan jejaknya.

BKSDA Riau  telah menurunkan tim ke lokasi kejadian untuk memberikan rasa aman kepada warga. Petugas juga memasang kamera pemantau untuk mengidentifikasi individu harimau tersebut. BKSDA juga sudah pasang perangkap  (boxtrap) dan kambing bekas yang diterkam jadi umpannya.

Daerah pemukiman warga yang didatangi harimau berada dekat dengan kawasan hutan landscape Kerumutan. Daerah itu memang lintasan harimau sumatera landscape Kerumutan.

Menurut  BKSDA Riau jumlah harimau sumatera di kawasan itu diperkirakan tak sampai puluhan ekor. Kemunculan harimau sumatera ke permukiman warga, penyebab adalah dampak dari kerusakan hutan. Kerusakan hutan  yang menjadi habitat harimau sudah tertekan. Sekarang hutan berubah fungsi jadi kebun dan lahan perkebunan.

Langkah BKSDA menurunkan  tim mitiigasi terdiri dari Ali Sonang H (Polhut BBKSDA Riau),  Asep Firman (anggota BBKSDA Riau,  PT Arara Abadi (4  personil),  Kepala Desa Pulau Muda, Ketua RW dusun Tanjung Pulai, Tokoh Masyarakat Desa Pulau Muda , Masyarakat dusun Tanjung Pulai, Pulau Muda.

BKSDA  memberikan himbauan kepada ketua RW dan warga sekitarnya untuk tidak keluar rumah pada malam hari kecuali emergency dan jika terpaksa harus keluar harus tetap ada teman. Tim bersama Kepala Desa serta tokoh masyarakat dan warga  ramai ramai melakukan pengecekan perangkap (boxtrap). Ternyata sekitar Magrib Ahad (06/11/2022) harimau satu ekor tertangkap masuk perangkap. EP



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex