DPL Bimbing Mahasiswa KKN Hasilkan Produk Rumahan Dari Kelapa

Kamis, 29 September 2022 - 09:05:28 WIB
Share Tweet Google +

CATATANRIAU.com | Kegiatan KKN mahasiswa Unisi di kecamatan Tempuling yang dibimbing oleh dosen pembimbing lapangan (DPL) Ibu Triyana Syahfitri. Telah menghasilkan beberapa produk olahan industri rumah tangga berupa, kecap manis di desa mumpa.

Kecap manis ini berasal dari air kelapa yang dipraktekkan langsung oleh salah seorang mahasiswi KKN di desa mumpa bernama Sarah Nurul Susanti dari Prodi Manajemen Unisi. Menurut Sarah, kecap yang dibuat oleh kelompok KKN nya terbuat dari air kelapa dan menjadi kecap manis yang nyaman dicampurkan untuk bahan membuat rujak.

Hasil produk buatan mahasiswa KKN ini juga telah di praktekkan nya di desa mumpa bersama ibu ibu rumah tangga. Dan diharapkan dapat memberikan manfaat buat masyarakat. Selain itu, menurut ibu Triyana, masih ada produk olahan lainnya yang dibuat oleh mahasiswa bimbingan nya selama KKN di Kecamatan Tempuling.

Produk lainnya berupa keripik kelapa yang dibuat oleh kelompok KKN di desa teluk jira. Keripik kelapa ini sangat renyah dan nyaman. Terbuat dari bahan pokok, daging kelapa murni. Pembuatan keripik kelapa ini, dipraktekkan langsung oleh mahasiswa KKN Unisi bernama Zainal Mutakin dari prodi manajemen pendidikan Islam.

Selain di dua desa tersebut. Di posko kkn kelurahan sungai salak, juga adanya praktek membuat produk rumah tangga dari bahan kelapa. Yaitu minuman jeli kelapa yang dibuat oleh indah mahasiswa KKN di kelurahan sungai salak.

Menurut ibu DPL, ibu Triyana nantinya pembuatan produk tersebut dan beberapa kegiatan mahasiswa akan dibuatkan dalam bentuk laporan. Laporan tersebut akan dilaporkan langsung ke Lppm Unisi dan dibuatkan tulisan, berupa karya ilmiah yang rencananya akan di publish melalui jurnal ilmiah dan jurnal jurnal pengabdian masyarakat.(Muhji)



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex