Perayaan HUT ke-19 BUMD Tuah Sekata di Halaman Kantor BUMD, Senin (08/08/2022).

Luar Biasa 19 Tahun BUMD, Harapan Menjadi Penggerak Ekonomi & Buka Lapangan Kerja

Senin, 08 Agustus 2022 - 22:33:00 WIB
Share Tweet Google +

PELALAWAN, CATATANRIAU.com | Hari Ulang Tahun  (HUT)  ke-19 BUMD/ Perusahaan Daerah (PD) Tuah Sekata,  Pemerintah Kabupaten Pelalawan berharap perusahaan daerah itu dapat menjadi salah satu penggerak ekonomi dan membuka lapangan kerja . Banyak potensi yang dimiliki daerah ini yang belum dimaksimalkan pengelolaannya oleh para pelaku usaha daerah, salah satunya BUMD Tuah Sekata harus punya terobosan luar biasa dan inovasi.

Pernyataan ini disampaikan Bupati Pelalawan, H Zukri Misran saat memberikan sambutan dalam perayaan HUT ke-19 BUMD Tuah Sekata di Halaman Kantor BUMD, Senin (08/08/2022). Hadir dalam perayaan itu, mantan Bupati Pelalawan pertama H T Azmun Jaafar SH, Forkopimda, mantan Dirut BUMD Fahrulozi , H Syafri SE , Staff Ahli BUMD Tuah Sekata Daslir Maskar, Perwakilan PT RAPP, PT RPE, PT MAX POWER, PT EMP Bentu, dan tamu undangan lainnya. Terlihat juga papan bunga berjejer ratusan meter dipekarangan depan PD Tuah Sekata.

Zukri mengatakan, daerah ini memiliki kebun sawit seluas kurang lebih 600 ribu hektar. Artinya, banyak potensi yang bisa digali dari hulu sampai hilirnya. Belum lagi potensi pulp and paper-nya dengan perusahaan APRIL Group, PT RAPP yang telah bekerjasama dengan Tuah Sekata. Diharapkan ada kerjasama-kerjasama lainnya dalam meningkatkan PAD Pelalawan.

"Karena itu, PD Tuah Sekata harus mau membuka diri, harus banyak bekerjasama dengan pelaku-pelaku usaha, seperti PT RAPP,  PT EMP Bentu yang sudah terjalin ikatannya. Dan saya pikir hal ini harus terus dilanjutkan, harus tuntas dan cepat," kata Zukri.

"Dan ini menjadi tugas dari Pak Dirut. Apalagi ke depan PD Tuah Sekata bekerjasama dengan PT RAPP akan membuka percetakan buku tulis yang saya pikir juga harus terealisasi segera. Kalau perlu tahun ini bisa tuntas, ini pekerjaan rumah dari Bupati," tegasnya.

Pasalnya, kata mantan Wakil Ketua DPRD Riau ini, semakin banyak ekonomi digerakkan PD Tuah Sekata maka akan semakin banyak lapangan pekerjaan terbuka bagi masyarakat. Karena itu, sinergi PD Tuah Sekata harus terus dilakukan dengan perusahaan-perusahaan yang sudah terjalin kerjasama.

"Potensi-potensi yang kita miliki ada di depan mata, tinggal kita lagi yang untuk berbuat semaksimal mungkin. Sering turun ke lapangan untuk menggali potensi-potensi yang bisa dibangun, tinggalkan zona nyaman," tandasnya.

Mantan Bupati Pelalawan pertama, Tengku Azmun Jafar SH, selalu konseptor awal BUMD mengatakan, potensi-potensi yang ada harus didukung oleh pihak pengelola. BUMD yang dibentuk didukung Bank yakni Bank Dana Amanah. Sehingga ada sinergi dengan usia yang 19 tahun, BUMD Tuah Sekata harus booming dengan menyinergikan semua potensi yang ada.

"Kalau BUMD maju, maka itu harus didukung oleh modal dari Bank Dana Amanah. Kedepan, BUMD harus membuka sayap dengan bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan lain, pemodal-pemodal lain yang sesuai dengan visi dan misi Pelalawan Maju," katanya.

Direktur BUMD Tuah Sekata, Tengku Efrisyahputra SSos, dalam sambutannya menyatakan, perjalanan BUMD yang sudah berusia 19 tahun kedepannya harus lebih baik, dengan melakukan berbagai inovasi dan terobosan-terobosan.

"Hari ini telah berjalan beras penyanyi, sesuai dengan cita-cita dan keinginan Bupati pertama. Kami juga minta arahan dari Bupati Zukri dan instansi-instansi lainnya, agar BUMD Tuah Sekata ini dapat menjadi perusahaan go nasional, bahkan bisa terkenal di kancah internasional," tukasnya. *****


Laporan : E Pangaribuan 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex