Terima SK Dari DPD, SPRI DPD Riau Akhirnya Resmi Terbenuk

Ahad, 07 Agustus 2022 - 13:51:27 WIB
Share Tweet Google +

PEKANBARU, CATATANRIAU.com | Dewan Pimpinan Pusat Serikat Pers Republik Indonesia (DPP-SPRI) membentuk Pengesahan Pengurus Dewan Perwakilan Daerah (DPD SPRI) Riau melalui Surat Keputusan Nomor SK.65/14/DPP-SPRI/VIII -2022 Periode 2022-2027. 

SK tersebut, membentuk Alwinsyah Putra, S.Pd sebagai Ketua, Tommy Freddy Manungkalit, S. Kom, SH., MH sebagai Wakil Ketua, Hasanul Arifin sebagai Sekretaris, Ar. Telaumbanua sebagai Wakil Sekretaris, Betty Rotua Purba sebagai Bendahara dan Khairuddin sebagai Wakil Bendahara.

 Dengan terbentuknya SK DPD SPRI Riau yang ditetapkan di Jakarta pada 01 Agustus 2022, Alwinsyah sebut ini cikal bikal perkumpulan insan pers yang nantinya akan berkibar tanpa ada intimidasi.

"Program utama kita dengan terbentuk dan di sahkannya DPD SPRI Riau ialah kita akan pasang badan ke jurnalis dengan catatan selama jurnalis/wartawan tersebut bekerja sesuai Kode Etik Jurnalis dan UU Pers No 40 Tahun 1999 dan kita juga tidak asal asalan bergerak. Dan SPRI ini berada di naungan Dewan Pers Indonesia. Yang artinya, SPRI tidak akan ada intervensi kepada jurnalis / wartawan dan kami di DPD juga akan melakukan hal yang sama seperti DPP SPRI," ujar Alwin, Sabtu, (06/08/22).

Hal senada juga diucapkan Tommy Freddy Manungkalit, "Puji Tuhan akhirnya SK DPD SPRI Riau terbentuk dan di sahkan. Saya selaku wakil ketua DPD SPRI Riau akan mensupport penuh visi misi untuk rekan rekan seperjuangan jurnalis di lapangan. Karena selama ini kita tahu sama tahu jurnalis di lapangan jarang ada organisasi yang membela jika si jurnalis tersandung masalah. Malah lebih miris si jurnalisnya disingkirkan dari organisasi itu. Dan semoga dengan berkibarnya bendera SPRI di Riau yang diketuai bapak Barbarosa, insan pers juga semakin bebas mengapresiasi tulisannya asalkan sesuai KEJ, dan UU Pers No. 40/1999," jelas Tommy. 

Barbarosa juga menyampaikan akan adanya wacana untuk Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) yang langsung dilisensi oleh BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) dan Lembaga Sertifikasi Profesi Pers Indonesia.

"Juga ada wacana untuk jurnalis yang belum di Sertifikasi, kita DPD SPRI Riau akan adakan uji Kompetensi. Secepatnya kita akan informasikan. Yang pasti, kita fokus untuk pelantikan DPD SPRI Riau," tutupnya.(Jaya)


 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex