SDN 04 Minas Gelar Giat Karya Profil Pelajar Pancasila Sekolah Penggerak Angkatan 1

Kamis, 04 Agustus 2022 - 14:38:32 WIB
Share Tweet Google +

SIAK, CATATANRIAU.com | Bertempat dihalaman Sekolah Dasar Negeri (SDN) 04 Minas, pihak sekolah tersebut menggelar Kegiatan Gelar Karya Profil Pelajar Pancasila Sekolah Penggerak Angkatan 1, yang mana kegiatan ini sendiri merupakan implementasi dari  Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), dengan menampilkan projek anak selama setahun, Kamis (04/08/2022).

Demikian disampaikan Rosniwati Syamsimar, MPd selaku Kepala SDN 04 Minas, ia mengatakan P5 ini sendiri merupakan penggabungan dari enam profil Pancasila, seperti beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang maha esa dan berakhlak mulia, kemudian berkebinekaan global, mandiri, gotong royong, bernalar kritis dan kreatif. 

"Jadi selama setahun anak-anak ini kan ada projeknya masing-masing, nah gabungan dari projek yang selama setahun tadi kita adakan gelar karya-nya. Karena di sekolah penggerak ataupun Kurikulum Merdeka itu dalam setahun minimal dua tema yang harus dipilih. Nah, kebetulan kami dalam setahun itu ada dua semester, satu bineka tunggal Ika kedua kearifan lokal," jelasnya.

Oleh karena itu lanjutnya, dalam kegiatan itu penampilan anak-anak digelar dengan mencerminkan bineka tunggal Ika, kemudian karya kearifan lokal seperti makanan-makanan asli dari daerah setempat dan juga karya-karya dari daerah setempat.

"Kegiatan ini sendiri digelar bisa persemester bisa juga setahun sekali. Tergantung situasi dan kondisinya. Kami berharap dengan digelarnya kegiatan ini kiranya dapat menumbuhkan rasa saling toleransi, saling menghargai saling bekerjasama, atau semua yang ada didalam arti bineka tunggal Ika tadi, yang akhirnya muaranya nanti dapat menjadikan seorang pelajar Pancasila," urainya.

Sementara itu Asmuni Syamsir MPd selaku Kepala Korwilcam Minas Disdikbud Siak, dalam kesempatan itu ia mengatakan bahwa kegiatan itu merupakan program dari kurikulum merdeka. Pihaknya pun dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Siak sangat mendukung adanya kegiatan itu.

"Tentunya kita sangat mendukung, sebab kurikulum ini yang pertama dituntut kreatifitas peserat didik khususnya sekolah penggerak, wajib melaksanakan kegiatan kreatifitas seperti ini, bertujuan untuk melihat sejauh mana bakat anak-anak kita masing-masing. Jadi, sekolah memiliki potensi untuk mengembangkan bakat dan kemampuan anak-anak, karena anak-anak kita masing-masing memiliki potensi yang berbeda-beda," imbuhnya.

Kedepan lanjut Asmuni, pihaknya pun berharap tidak hanya SDN 04 Minas saja yang bisa menggelar kegiatan itu, akan tetapi semua sekolah yang berada di kecamatan Minas baik tingkat SD maupun SMP tetap melaksanakan kegiatan serupa bertujuan untuk menghindari hal-hal yang negatif terhadap anak. 

"Taklupa kami juga mengucapkan terimakasih banyak kepada komite SDN 04 ini yeng telah mendukung hingga terselenggaranya kegiatan ini," paparnya.

Adapun Plh Camat Minas Muhammad Darwis S.Sos yang juga tampak hadir dalam kegiatan itu, ia dari pemerintah kecamatan memberikan apresiasi, sebab menurutnya kegiatan tersebut merupakan hal yang positif untuk memotivasi anak-anak dalam belajar dan mengurangi aktivitas anak dalam menggunakan Android.

"Sebab di sekolah ini saya juga memiliki anak 3 orang, mereka duduk di bangku kelas 1, kelas 4 dan kelas 6, dan ini tentunya merupakan suatu motivasi bagi mereka yang belum sekolah maupun bagi orang tua murid itu sendiri. Kami juga menghimbau kepada lapisan masyarakat dan pihak-pihak sekolah yang lain dengan adanya hal seperti ini berarti kita menyokong perogram dari pak Bupati dan Wakil Bupati Siak," kata Plh Camat.

Diakhir Ketua Komite SD N 04 Budi Yanto, ia juga ikut memberikan apresiasi atas suksesnya kegiatan tersebut.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan ini kiranya sekolah ini semakin dikeanli oleh masyarakat luas sebagai sekolah penggerak ataupun percontohan dari sekolah-sekolah lain khususnya di Kecamatan Minas ini," kata Budi.

Menurut Budi, tanggapan dan partisipasi dari wali murid dengan adanya kegiatan itu sangat mendukung dan antusiasme terhadap acara-acara apaun yang dilaksanakan di SDN 04 Minas tersebut.

"Alhamdulillah, ini berkat kerjasama dan kekompakan bersama, dengan satu dan bersatu itu akan menjadikan suatu momentum memajukan SDN 04 Minas ini," pungkasnya.*** 


Reporter : Idris Harahap 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex