PENGABDIAN MASYARAKAT KUKERTA UNRI 2022 DESA SUNGAI PUTIH & DPL GELAR SOSIALISASI BAHAYA NARKOBA

Senin, 01 Agustus 2022 - 18:22:48 WIB
Share Tweet Google +

KAMPAR, CATATANRIAU.com | Kukerta Balek Kampung Universitas Riau (UNRI) Desa Sungai Putih 2022 melaksanakan sosialisasi bahaya narkoba dengan tema "Akibat Penyalahgunaan Narkoba”, yang dihadiri oleh Kepala Desa Sungai Putih, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kukerta UNRI Ns. Fathra Annis Nauli, M. Kep., Sp. Kep. J yang merupakan Dosen Fakultas Keperawatan Universitas Riau sekaligus pemateri, Peserta Sosialisasi Siswa/I SMP Negeri 2 Kampa dan Mahasiswa Kukerta UNRI. Sabtu (23/7/2022) di Desa Sungai Putih, Kecamatan Kampa, Kabupaten Kampar.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Sungai Putih menuturkan bahwa kehadiran mahasiswa dalam kegiatan Kukerta ini diharapkan dapat bersinergi bersama masyrakat dan pemerintahan Desa Sungai Putih dalam meningkatkan dan menggali potensi yang ada di Desa Sungai Putih dari berbagai aspek. Program Kerja diharapkan menyesuaikan progam-program yang telah dijalankan oleh Desa Sungai Putih.

"Dengan adanya mahasiswa Kukerta di Desa sungai Putih, di harapkan memberi dampak positif yang sangat besar kepada masyarakat dan dapat saling bertukar ilmu. Topik sosialisasi bahaya narkoba merupakan topik yang penting untuk memberikan edukasi kepada semua kalangan pada zaman sekarang terutama generasi muda yang sedang mengenyam pendidikan karena penting rasanya  untuk di kenalkan tentang pemyalahgunaan narkoba kepada kalangan masyarakat dan pelajar". Ujar Bapak Rudianto Sitepu selaku Kepala Desa

Permasalahan-permasalahan yang timbul dalam penyalahgunaan Narkoba yaitu daya rusak (merusak otak yang tidak ada jaminan sembuh). Maka dari itu, diperlukan sinergitas antar stakeholder agar permasalahan sosial penyalahgunaan Narkoba dapat diatasi bersama. Dalam Penjelasan DPL Kukerta dari UNRI Ibu Ns. Fathra Annis Nauli, M. Kep., Sp. Kep. J, mengatakan Apa sih Narkoba itu? Narkoba adalah zat-zat alami maupun kimiawi yang apabila dimasukkan ke dalam tubuh baik secara oral (minum, hirup, hisap, sedot) maupun secara injeksi/suntikan dapat mengubah pikiran, suasana hati atau perasaan dan perilaku seseorang.

Pada kegiatan sosialisasi kali ini turut diperkenalkan juga beberapa jenis narkoba seperti daun ganja dan bijinya, kokain yang berasal dari daun koka, sabu-sabu, heroin/putau dan jenis narkoba lainnya. Adapun strategi operasional penanganan permasalahan narkoba yaitu:
1.    Pencegahan: Membangun kemampuan dan ketahanan diri masyarakat dalam menghadapi pengaruh buruk penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.
2.    Pemberantasan: Mengungkap dan menindak sindikat kejahatan narkoba dengan menghukum berat dan menyita aset hasil kejahatan narkoba.
3.    Rehabilitasi: Memulihkan pecandu narkoba dari ketergantungan/kecanduan narkoba supaya kembali hidup sehat dan produktif.

Kegiatan ini mendapat sambutan baik dari masyarakat Desa Sungai Putih dan  Siswa/i SMP Negeri 2 Kampa karena dengan adanya Sosialisasi Bahaya Narkoba ini diharapkan dapat memberi pemahaman kepada masyarakat dan Siswa/i SMP Negeri 2 Kampa  tentang bahaya penyalahgunaan narkoba dan dampaknya. Selain itu, melalui sosialisasi ini diharapkan para masyarakat dan Siswa/i SMP Negeri 2 Kampa sadar bahwa penyalahgunaan narkoba dapat mengganggu aktivitas belajar dan menghancurkan generasi bangsa, serta dapat menimbulkan beban sosial- ekonomi.

Kegiatan sosialisasi ini di akhiri dengan pengisian kuesioner untuk mengetahui tingkat Pengetahuan masyarakat dan  Siswa/i SMP Negeri 2 Kampa terhadap Bahaya Narkoba. Adapun para pesertanya terdiri dari masyarakat dan Siswa/i SMP Negeri 2 Kampa, yang merupakan tempat mahasiswa Kukerta UNRI melaksanakan pengabdian selama 40 hari.***



Penulis : Mahasiswa Kukerta Desa Sungai Putih Universitas Riau tahun 2022.



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex