MENU TUTUP

Catatan I Paulina Chrisanty SH, Putusan Prapid Penambangan Tanpa Izin Tersangka JS Membingungkan

Jumat, 29 April 2022 | 08:15:56 WIB Dibaca : 1594 Kali
Catatan I Paulina Chrisanty SH,  Putusan Prapid Penambangan Tanpa Izin Tersangka JS Membingungkan Putusan Prapid mendapat tanggapan dari aktivis hukum Paulina Chrisanty SH di Jakarta, Jumat (29/04/2022).

JAKARTA, CATATANRIAU.com | Putusan Praperadilan (prapid) yang dibacakan  hakim tunggal Alvin Rahmadan Nur Luis, SH Pengadilan Negeri Pelalawan, Riau pada tanggal 25 April 2022 menolak seluruh dalil pemohon dan menerima dalil termohon. Putusan  Prapid mendapat tanggapan dari aktivis hukum Paulina Chrisanty SH di Jakarta, Jumat (29/04/2022). Paulina Chrisanty SH akan menguraikan catatan untuk menelisik putusan itu.
 
Paulina Chrisanty SH yang mengikuti jalannya sidang Prapid kasus kegiatan penambangan tanpa izin  (pertambangan tanah urug ilegal) tersangka JS (52) dengan kuasa hukum John L Situmorang SH MH sebagai pemohon, Satreskrim Polres Pelalawan sebagai termohon  di Pengadilan Negeri ( PN) Pelalawan.

Paulina Chrisanty SH, mengatakan, "Benarkah JS (52) tertangkap tangan?. Jika ya, mengapa di buat lagi  laporan polisi (LP) dan setelah penyitaan berbulan-bulan baru JS ditetapkan menjadi tersangka. Diketahui  Pasal 19 KUHAP. Tertangkap tangan adalah tertangkapnya seseorang pada waktu sedang melakukan tindak pidana atau dengan segera sesudah beberapa saat tindak pidana dilakukan, atau sesaat kemudian diserukan oleh khalayak ramai sebagai orang yang melakukan, atau apabila sesaat kemudian padanya ditemukan benda yang diduga keras telah dipergunakan untuk melakukan tindak pidana itu yang menunjukkan bahwa ia adalah pelakunya atau turut melakukan tindak pidana itu.

Peristiwa hukum yang terjadi sidang Prapid kasus kegiatan penambangan tanpa izin di PN Pelalawan, membingungkan atau merusak tatanan hukum. Katanya tertangkap tangan tetapi dibuat Laporan Polisi Model A.

Pasal 24  KUHAP Laporan adalah pemberitahuan yang disampaikan oleh seseorang karena hak atau kewajiban berdasarkan undang-undang kepada pejabat yang berwenang tentang telah atau sedang akan terjadi peristiwa pidana.

Jika kita kaitkan kedua pasal di atas terhadap penyitaan dan penangkapan JS (52) maka kesimpulan sementara, telah telah terjadi penyimpangan. Dari peristiwa itu terjadi putusan praperadilan yang dianggap menyimpang secara fundamental.

Mari kita telusuri peristiwa dan fakta yang terjadi. Peristiwa Pertama
Laporan Informasi Nomor: R/LI/05/I/2022/ Reskrim Tanggal 11 Januari 2022 Bukti T-1. Surat Perintah Tugas Nomor : Sp.Gas/9/I/2022/Reskrim tanggal 12 Januari 2022 Bukti T-2
Berita Acara Pemeriksaan TKP dan skets gambar TKP. Tanggal 15 Januari 2022 dilakukan penyitaan alat berat Escavator merk Hyundai 210 LC warna oprange dan satu unit mobil Colt Diesel merk Mitsubishi BM 9290 DG.

Tanggal 16 Januari 2022 gelar perkara yang kesimpulannya meningkatkan perkara dari proses penyelidikan menjadi penyidikan.
Laporan Polisi Nomor : LP/A/23/I/2022/SPKT. Satreskrim/Polres Pelalawan/Polda Riau tanggal 16 Januari 2022.

Jika kita telisik peristiwa pertama, bagaimana mungkin dikatakan tertangkap tangan, karena Laporan Informasi/  LI tanggal 11 Januari 2022, penyitaan alat tanggal 15 Januari  2022, dan tanggal 16 Januari 2022 dibuat Laporan Polisi Model A.

Antara jarak Penyitaan dengan Penetapan tersangka cukup lama,  Penyitaan tanggal 15 Januari 2022, sementara Penetapan Tersangka baru tanggal 03 Maret 2022. ***


E Pangaribuan



Berita Terkait +

Dorong Peningkatan SDM Riau, PHR Beri Pelatihan dan Sertifikasi Juru Las

Serma Muhammad Nasir Ikuti Rapat Mediasi Pemuda Dewan Sakai Dengan PT BDSI di Kantor Camat Minas 

Perjuangan Aulia Rizqo Pinjam Laptop dan Kendaraan untuk Dapatkan Beasiswa Pertamina Hulu Rokan

Polres Inhu dan Polhut TNBT Amankan Pelaku Ilegal Logging, Ini Barang Buktinya

Pilkada Serentak 2020, Berikut Ini Persiapan Yang Dilakukan Oleh Pemkab Siak

Penanganan Covid-19 Di Rohul, 25 Pasien Sembuh, Kasus Baru Bertambah 1 Orang

Jaga Keamanan OVN  Serma Nasir dan Serda Parjuni Patroli Driling di Lokasi PT PHR Minas

Cegah Penyebaran Corona, Polsek Kandis Lakukan Publik Address Dilokasi Keramaian Masyarakat

Ratusan Warga Kelurahan Minas Jaya Bersuka Cita Terima Sembako Murah

RSUD Arifin Achmad Siapkan 4 Ruangan Isolasi Pasien Terindikasi Corona

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

PT RPI Disinyalir Eksekusi Kebun Sawit Masyarakat Tanpa Mufakat, Ini Kata Humasnya!

2

Buka POPDA 2024, Alfedri Dukung Atlet Muda Siak Semakin Bersinar

3

Nekat! Curi Sarang Burung Walet Anggota Polisi Pelaku di Hajar Massa

4

Kontingen Kecamatan Minas Optimis Boyong Prestasi Pada Gelaran POPDA Se-Kabupaten Siak Tahun 2024

5

Ketua Kwarcab Rohul Elbizri S.Stp,M.Si, Pimpin Rapat Koordinasi Pramuka

6

PDIP dan PKB Memiliki Histori, M Shohibul Ahsan, SE Daftar Calon Wakil Bupati Pelalawan Ke PDIP