MENU TUTUP

Para Tokoh Adat Sakai Minas Akan Laporkan Para Oknum Perambah Tahura SSH Ke LAM Riau

Rabu, 16 Maret 2022 | 17:23:30 WIB Dibaca : 3512 Kali
Para Tokoh Adat Sakai Minas Akan Laporkan Para Oknum Perambah Tahura SSH Ke LAM Riau Para tokoh Adat Suku Sakai, mereka menggelar musyawarah dikediaman Pak Badi tepatnya di Kampung Rantau Bertuah, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau, Rabu, siang tadi (16/03/2022).

SIAK, CATATANRIAU.com | Para tokoh masyarakat yang ada di wilayah Kecamatan Minas mereka berencana akan melakukan pelaporan terhadap sejumlah oknum yang diduga telah melakukan perambahan ribuan hektar hutan lindung dengan cara mengalihfungsikan hutan tersebut menjadi perkebunan kelapa sawit di Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Syarif Hasim (SSH) Minas.

 

Dalam membahas rencana pelaporan tersebut para tokoh masyarakat yang dihadiri oleh  Bukhari Selaku Timbaland Panglima Penggawa Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR), kemudian juga Datuk Dj Muhammad Bungsu Selaku Ketua Ikatan Sakai Batin Limo Bomban Mineh Kabupaten Siak, Alamilahi selaku Tokoh Masyarakat, Badi Ketua Antan-antan Bomban Mineh dan Wali Raja Tengku Darbi,SAg selaku Ketua Kekerabatan Kesultanan Siak Sri Indrapura (KKSSI) wilayah Minas, mereka menggelar musyawarah dikediaman Pak Badi tepatnya di Kampung Rantau Bertuah, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau, Rabu, siang tadi (16/03/2022).

 

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Ketua Kekerabatan Kesultanan Siak Sri Indrapura (KKSSI) wilayah Minas Wali Raja Tengku Darbi,SAg kepada Wartawan media ini ia menjelaskan bahwa pelaporan tersebut rencananya akan dilakukan oleh pihaknya dalam waktu dekat ini.


Keterangan Poto : Wali Raja Tengku Darbi,SAg, Ketua Kekerabatan Kesultanan Siak Sri Indrapura (KKSSI) Wilayah Kecamatan Minas.

"Hasil pertemuan kita dengan para tokoh masyarakat maupun para tokoh Adat Sakai yang ada di Kecamatan Minas ini, dengan melihat perkembangan berita tentang perambahan tahura itu sudah muncul terus disejumlah media, maka para tokoh bersepakat akan melakukan pelaporan terhadap para perambah hutan ini kepada Lembaga Adat Melayu Riau. Nantinya dari hasil musyawarah ini, kita dari para tokoh masyarakat akan merekomendasikan kepada LAMR supaya para perambah hutan lindung ini dapat ditindak, dan hutan lindung tersebut kiranya dapat dikembalikan sesuai dengan fungsinya," katanya.

 

Darbi juga menjelaskan, dengan adanya laporan ini, pihaknya pun berharap agar LAM Riau memanggil seluruh stakeholder yang ada di Riau ini untuk bagaimana caranya dapat menindak para perambah hutan tersebut.

 

"Kemudian setelah itu kita juga akan melakukan pelaporan secara hukum, kita akan minta LAM Riau untuk memanggil Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) kemudian pihak Tahura, agar bersama-sama melaporkan hal ini kepada Diskrimsus Polda Riau, sebab para perambah hutan tersebut telah mengalihfungsikan hutan menjadi perkebunan kelapa sawit," katanya.

 

Disinggung apakah akan dilaporkan seluruhnya atau hanya sebagian oknum perambah saja, Darbi mengatakan seluruhnya akan mereka laporkan minimal bagi oknum yang diduga telah merambah hutan di wilayah Kabupaten Siak.

 

"Seluruhnya akan kita laporkan, minimal yang ada di wilayah Kabupaten Siak saja, sebab Tahura ini lokasinya berada ditiga Kabupaten/Kota, ada Kampar, Pekanbaru dan Siak," pungkasnya.****


Penulis : Idris Harahap



Berita Terkait +

Pjs Bupati Rohul Pimpin Rapat Perdana Dengan OPD Dan Tim Satgas Covid-19

Ratusan Massa LLMB Sampaikan Aspirasi Penolakan Relokasi Warga Kampung Rempang Batam di DPRD Riau

BAZNAS Siak Distribusi Zakat Kosumtif Tahap II Di Kecamatan Sungai Apit

Mahasiswa Riau Peduli Bangsa Gelar Panggung Orasi Serta Teken Petisi Dukungan Terhadap Gibran Rakabuming Raka

Alfedri Sebut Kegiatan Pramuka Menjauhkan Anak Dari Dampak Negatif Perkembangan Zaman

Istana Siak Masuk Dalam Tentative Usulan Sidang Di UNESCO Sebagai Warisan Dunia

Ditempat Keramaian, Polsek Pangkalan Kuras Kembali Gelar Operasi Yustisi dan Bagi Masker

Pj Bupati Kampar Dr. H. Kamsol MM. Siap Bantu Program Perhimpunan Junalis Siber

Polres Siak Laksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Zebra Lancang Kuning 2021

Babinsa Koramil 04/Perawang Secara Rutin Ajak Warga Tualang Giat Penanggulangan Karhutla Dengan Cara Berpatroli

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Satres Narkoba Polres Inhu Ringkus Pengedar 4,46 gram Sabu di Kecamatan Lirik

2

Serah Terima Konstruksi Tepat Waktu, PT Adhi Jalintim Riau Resmi Memulai Masa Layanan

3

Founder RiaL: Pekanbaru Cermin Kemajuan Riau, saatnya Dipimpin Pemuda

4

Revolusi Digital: Tantangan dan Peluang Bagi Pekerja di Era Modern

5

Musrenbang RPJPD, H.Sukiman: Rohul Sudah Persiapkan RPJPD 2025-2045

6

SMPN 3 Batang Gansal Diduga Kutip Uang Perpisahan Rp 450 Ribu, Ketua LSM LAI Minta Bupati Beri Teguran Keras Kepada Kadisdikbud