MENU TUTUP

PT.PSA Putus Akses Jalan Menuju Lokasi Kebun Kopertim, Tomas Desa Lubuk Soting Angkat Bicara

Jumat, 28 Januari 2022 | 21:30:57 WIB Dibaca : 2646 Kali
PT.PSA Putus Akses Jalan Menuju Lokasi Kebun Kopertim, Tomas Desa Lubuk Soting Angkat Bicara

ROHUL, CATATANRIAU.com | Masyarakat Tiga Desa di Kecamatan Tambusai merasa kecewa dan kesal terhadap sikap salah satu perusahaan yang ada di Kecamatan Tambusai yaitu PT.Panca Surya Agrindo (PSA) yang tanpa adanya kompromi dengan masyarakat langsung memutuskan akses jalan menuju ke lokasi kebun sawit milik Koperasi Perkasa Timur (Kopertim) dan kejadian ini seakan-akan Pemkab Rokan hulu (Rohul) menutup mata.

 

Hal ini di sampaikan oleh salah satu Tokoh masyarakat (Tomas) Desa lubuk Soting Sukrial Halomoan Nasution yang juga salah satu anggota Kopertim, dalam penyampaiannya Lomo yang biasa dengan panggilan akrabnya mengungkapkan kekesalannya dan kekesalan masyarakat kepada awak media ini.

 

"Selama ini memang Kopertim tidak pernah ada solusinya terus bergejolak dalam kepengurusan namun kali ini rasanya sudah keterlaluan sikap perusahaan terhadap kami sebagai masyarakat tanpa ada kompromi dengan kami selaku masyarakat yang juga anggota Kopertim jalan akses menuju lokasi kebun langsung putus dengan alasan kepengurusan belum jelas sehingga buah hasil panen sawit tidak boleh keluar," katanya dengan nada kesal.

 

Dari informasi yang di dapati dari lapangan pemutusan akses jalan ini perintah dari pimpinan perusahaan PT.PSA melalui Humas Perusahaan.

 

"Seharusnya pihak perusahaan jangan main hakim sendiri kayak gitu, di setiap desa itu ada pimpinannya jadi sekalipun ada kesalahan dari masyarakat tentunya ada surat teguran di sampaikan kepada kepala desa masing-masing tapi kalau kayak gini caranya kami ini selaku masyarakat di anggap apa," ujarnya Jum,at (28/01/2022).

 

Lomo juga menceritakan dibentuknya Kopertim biar hasilnya dapat di rasakan oleh masyarakat sehingga saat ini banyak masyarakat dari tiga desa tersebut menggantungkan hidupnya dari Kopertim.

 

"Jadi kalau sudah di putus akses jalannya dan buah tidak bisa keluar, masyarakat ini makan apa walaupun selama ini hasilnya tidak banyak tapi masyarakat banyak berharap akan hasil dari kebun Kopertim tersebut," terangnya.

 

Kita juga sangat menyayangkan sikap dari Pemkab Rohul dalam hal permasalahan kepengurusan Kopertim ini, seakan-akan Pemkab Rohul tutup mata, karena selama ini tidak ada ketetapan kepengurusan yang pasti sehingga permasalahan Kopertim tidak pernah usai.

 

"Bertahun-tahun kami menunggu hasil dari Pemkab Rohul tentang kepengurusan Kopertim namun sampai saat ini tidak ada padahal kami sudah ajukan siapa-siapa pengurus nya dan inipun akses jalan yang diputuskan oleh pihak perusahaan seakan-akan mereka tidak tahu menahu," ujarnya.

 

Jadi saya berharap kepada pemkab Rohul tolong perhatikan situasi di lapangan, jangan hanya mendengar informasi, karena dengan sikap perusahaan kayak ini akan menimbulkan pertikaian antara masyarakat dan pihak perusahaan," ucapnya.

 

Pada kesempatan itu juga kita dari awak media ini langsung menghubungi Tomas lainnya tentang informasi pemutusan akses jalan ini.

 

"Dari pengakuan Mandor Perusahaan, pemutusan jalan ini sudah ada persetujuan dari dua Kades, yakni Kades lubuk Soting dan Kades Tambusai timur, namun setelah ditelusuri lebih dalam, dihadapan Zulkarnain SH mantan Kades Tambusai Timur, Ahmad Lubis Abang dari Kades Tingkok dan Ali Hamsah Siregar abang dari Kades lubuk soting, barulah mandor tersebut mengakui
ternyata hanya satu Kades yang melakukan permohonan secara tertulis yaitu Kades Tambusai Timur," ujarnya di hadapan para tokoh saat pemutusan akses jalan.***


E.S Nst



Berita Terkait +

Buka Konferensi Kerja II PGRI Cabang Minas Tahun 2022, Muhammad Darwis Harapkan PGRI Minas Bisa Lebih Baik Lagi 

PT LSP Beri Santunan Kepada Anak Yatim Dan Dhuafa

Kapolres Sebut Eksekusi Lahan Oleh PN Siak di Pintu Tol Kandis Utara Berjalan Aman & Lancar

Jumat Curhat Polsek Kuala Kampar Rutin Silaturahmi Dan Cipta Kamtibmas

Ansor Riau Gratiskan Bimbel Masuk PTN Unggulan Bagi Anak Anak Riau

Sematkan Baret Perwira dan Bintara Remaja Ditsamapta, Kapolda Pesan Harus Jadi Polisi Sabar

Meriahkan Hari Jadi Ke 23, Desa Rambah Gelar Jalan Santai

Kunker Ke-Mapolsek Minas, Kapolres Siak Lakukan Pengecekan Peralatan Damkar & Lahan Karhutla

Bhabinkantibmas Polsek Kepenuhan Monitoring  Apotik,  Antisipasi Dampak Obat Sirup Pada Anak

Ops Zebra Lancang Kuning 2021, Satlantas Polres Siak Berikan Bansos Kepada Korban Laka Lantas

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Tersangka Dugaan Korupsi Pengelolaan Keuangan Desa Ditangkap di Jawa Barat dan Dibawa ke Polres Kuansing

2

Diduga Pungli! Besok Disdikbud Siak Akan Lakukan Pemanggilan Terhadap Kepsek Dan Oknum Guru di SDN 008 Sam-sam

3

Perpisahan Pelajar SMA Negeri 1 Lubuk Dalam Inisiasi Simposium Pelajar : Mendorong Orang Muda Muncul ke Permukaan

4

Konservasi Gajah PHR Mendunia, Raih Green World Environment Awards 2024 di Brasil

5

Tim Supervisi Ops Tertib Ramadhan Melakukan Peninjauan dan Pengecekan Pos Pam Cerano di Polres Kuansing

6

Pengurus Koperasi Sawit Timur Jaya Di Rohul Ini Potong Hasil Kebun Hingga Rp 650 Juta Dengan Alasan Biaya Kasasi Di Jakarta