MENU TUTUP

Bupati Dan Wabup Rohul Mengikuti Panen Budi Daya Ikan Di Embung Cinta Desa

Rabu, 22 Desember 2021 | 08:28:58 WIB Dibaca : 891 Kali
Bupati Dan Wabup Rohul Mengikuti Panen Budi Daya Ikan Di Embung Cinta Desa

ROHUL, CATATANRIAU.com | Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman dan Wakil Bupati Rohul H. Indra Gunawan Panen Budidaya Ikan Nila dan Ikan Emas ditaksir mencapai 5 ton, di Embung Cinta Desa, Desa Suligi, Kecamatan Pendakian IV Koto, Selasa (21/12/2021) sore.

 

Terpantau, Wabup H. Indra Gunawan tak canggung memanen ikan dengan menebar jala di Embung Cinta Desa. Dari panen perdana di Embung Cinta Desa ini ditaksir mencapai 5 Ton. Hasil panen ini diserahkan Bupati Rohul H. Sukiman dan Ketua TP PKK Hj Peni Herawati Sukiman kepada PKK Desa dan Warga Suligi.

 

Turut juga dihadiri, Anggota DPRD Rohul Patrun Rahman, Kadis Kominfo Rohul Drs Yusmar M.Si, Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan Barikun SP, Kadis PUPR Rohul Anton ST MM, Plt Kadishub Rohul Minarli, Camat Pendalian IV Koto Afkar S.Sos dan Kades se Pendalian.

 

Bupati Rohul H. Sukiman mengatakan Pemkab sangat mensupport warga dalam budidaya ikan terutama dalam bantuan benih ikan. Karena budidaya ikan ini untuk menopang perekonomian warga, sesuai dengan Misinya mewujudkan ekonomi kreatif melalui Pariwisata.

 

"Ini salah satu upaya meningkatkan PADes dan Ekonomi Desa. Diharapkan kepada Kepala Desa lebih ditingkatkan lagi. Hasil panen ini ditaksir mencapa 5 Ton bisa dibagikan ke masyarakat, sebagian bisa dijual dan sebagian bisa untuk menambah modal Bumdes," kata Sukiman.

 

Lanjut Bupati, Panen ikan ini merupakan Program Ketahanan Pangan Nasional dan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Rohul, dengan tujuan agar masyarakat mempunyai usaha berkelompok untuk meningkatkan ekonomi warga.

 

"Ikan yang kita Panen di Embung Cinta Desa ini jenis ikan Nila dan Emas. Jadi bila ada masyarakat yang mempunyai lahan kosong yang airnya cukup. Kita berikan bantuan untuk budidaya perikanan, tujuannya untuk meningkatkan ekonomi warga," himbau Sukiman.

 

Sementara itu, Kepala Desa Suligi Yoyon Yulistion mengatakan pengembangan budidaya ikan ini merupakan inovasi desa. Embung ini kedepannya selain untuk budidaya ikan, juga memiliki potensi wisata.

 

Lanjut Yoyon, Embung ini sudah dibangun sejak 3 tahun terakhir. Penaburan benih ikan di Embung Cinta Desa ini dimulai sejak Minggu (9/5/2021) lalu.

 

"Pada bulan Mei 2021 sebanyak 40.000 ekor jenis ikan Nila dan bulan Juni ditambah 10.000 ekor ikan Emas jadi totalnya 50.000 ekor sudah ditebar. Potensi panen budidaya ikan hari ini ditaksir mencapai 5 Ton, pemasarannya dilingkup Rokan Hulu hingga ke Kecamatan Tambusai," kata Yoyon.

 

Yoyon mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan Wabup Rohul yang telah merealiasi sejumlah pembangunan di Desa Suligi, baik di Bidang Infrastruktur dan memperjuangkan dana ketahanan pangan untuk kelompok tani wanita pecinta desa.***


E.S Nst



Berita Terkait +

Bekerjasama Dengan Lazismu & Mahasiswa UIN, REC Akan Kembali Turun Kelapangan Galang Dana Untuk Palestina

Pemkab Rohul Berikan Apresiasi Polres Rohul Dalam Pelaksanaan Operasi Lancang Kuning 2021

Bupati Dan Wakil Bupati Inhil Hadiri Penandatanganan MoU Kejari Dengan BPR Gemilang

TNI Sudah Kembali Ke Markas, Danunit Intel Minta Maaf Ke Warga Siak

H Alfedri Buka Sosialisasi Program PTSL Kedua di Sabak Auh

Polda Riau Bersama Pekat IB Kampar, Siap Bersinergi

Wakapolri Komjen Gatot Edy Pramono Letakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid Al Kastoeri Pekanbaru

Polda Riau Gelar Vaksin Merdeka, Sehari 5.150 Dosis Vaksin Melibatkan 210 Nakes

Disiplinkan Masyarakat, Babinsa Koramil 07/Kampar Berikan Himbauan Prokes Di Pasar Tradisional

Dipimpin Kapolri, Kapolres Rohul Ikuti Rakor Lintas Sektoral Bidang Operasional  

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Tersangka Dugaan Korupsi Pengelolaan Keuangan Desa Ditangkap di Jawa Barat dan Dibawa ke Polres Kuansing

2

Guru SD Ditemukan Membusuk, Korban Meninggal Diduga Sakit

3

Diduga Pungli! Besok Disdikbud Siak Akan Lakukan Pemanggilan Terhadap Kepsek Dan Oknum Guru di SDN 008 Sam-sam

4

Perpisahan Pelajar SMA Negeri 1 Lubuk Dalam Inisiasi Simposium Pelajar : Mendorong Orang Muda Muncul ke Permukaan

5

Konservasi Gajah PHR Mendunia, Raih Green World Environment Awards 2024 di Brasil

6

Tim Supervisi Ops Tertib Ramadhan Melakukan Peninjauan dan Pengecekan Pos Pam Cerano di Polres Kuansing