MENU TUTUP

Upika Minas Gelar Apel Kesiapsiagaan Karhutla Dan Pengecekan Peralatan Pemadam Api

Kamis, 25 Februari 2021 | 11:32:29 WIB Dibaca : 1633 Kali
Upika Minas Gelar Apel Kesiapsiagaan Karhutla Dan Pengecekan Peralatan Pemadam Api


SIAK, CATATANRIAU.COM |  Dihadiri oleh tim fire dari PT Arara Abadi (PT AA), PT Chevron Pasific Indonesia (PT CPI) dan Manggala Agni serta Masyarakat Peduli Api (MPA) se-kecamatan Minas lengkap dengan seluruh peralatan pemadaman karhutla, hari ini Kamis (25/02/2021) para Unsur Pimpinan Kecamatan (Upika) serta Penghulu dan Lurah yang ada di Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau, menggelar apel kesiapsiagaan penanganan karhutla serta melakukan pengecekan peralatan pemadam kebakaran di halaman Mapolsek Minas.

 

Pantauan awak media ini dilokasi, giat itu juga tampak dihadiri oleh Satpol PP Kecamatan Minas serta sejumlah tokoh masyarakat yang ada di Kecamatan Minas.

"Giat hari ini sengaja dibentuk dalam rangka kesiapan semua elemen yang ada di kecamatan Minas, baik itu Upika, TNI, Polri kemudian seluruh Penghulu dan Lurah, termasuk Manggala Agni juga hadir disini dan juga seluruh Masyarakat Peduli Api (MPA) yang sudah dibina baik itu oleh perusahaan maupun pemerintah," ujar Camat Minas H Hendra Adi Nugraha SSTP MSI ketika diwawancarai oleh Wartawan seusai giat berlangsung.

 

Camat Hendra mengatakan bahwa pihaknya berharap, dengan adanya apel kesiapan tersebut serta sekaligus pengecekan kesiapan peralatan yang ada, pihaknya menargetkan Kecamatan Minas Zero hotspot, "itu yang kita harapkan, tentu semuanya itu butuh kordinasi dan kerjasama yang baik mulai dari sekecil mungkin jika ada terpantau langsung kita ambil tindakan," Imbuhnya.

 

Lanjutnya, "Jadi harapan kami butuh bantuan dan support seluruh elemen masyarakat, agar segera memadamkan apabila mampu namun jika tidak mampu segera lapor ke pihak-pihak terkait, utamanya kepada RT maupun RW serta Penghulu dan akan ditindaklanjuti kepimpinan diatasnya," tambahnya.

 

Senada dengan Camat, Kapolsek Minas AKP Sawaluddin Pane SH ketika diwawancarai oleh Wartawan dia mengatakan. "Kami dari Polsek Minas sangat-sangat mengapresiasi pelaksanaan kesiapan penanganan karlahut ini, sebab kita saat ini nampaknya sudah memasuki cuaca ekstrem, oleh karena itu kita harus lebih ekstra, sebab itulah pelaksanaan apel ini betul-betul dilaksanakan dengan baik, dalam artian semua elemen-elemen yang ada sudah memiliki aktivitas dan sarana yang cukup untuk menghadapi kalau-kalau terjadi karhutla. Dan juga dari pengecekan peralatan yang kita lakukan semua peralatan tampaknya sudah sesuai dengan SoP-nya," kata Kapolsek.

 

Kapolsek Minas juga menambahkan, "tentunya dalam hal ini saya berharap kepada seluruh lapisan masyarakat agar dapat bekerjasama untuk memonitor terjadinya karhutla apabila ada ditemukan agar segera melaporkan kepada kita," imbuh AKP Sawaluddin Pane.

 

Adapun Danramil Minas Kapten Inf Sahman Sinaga ia pun menuturkan hal yang selaras,  "jadi disini kita melakukan pengecekan kesiapan alat maupun personil yang ada di wilayah kita untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan, jadi harus ada kerjasama yang bagus dengan semua elemen yang ada, termasuk yang di Desa, Manggala Agni, Babinsa, Bhabinkamtibmas ataupun para aparat Desa serta Masyarakat Peduli Api," ajaknya.

 

"Kepada masyarakat luas kita harapkan supaya tidak membuka lahan dengan cara membakar kita saling menjaga, jangan sampai ada kejadian karhutla di Kecamatan Minas Ini," tukasnya.(*)


 



Berita Terkait +

Kapolri Ucapkan Selamat Natal dan Tahun Baru: Mari Rayakan Penuh Kedamaian

Diduga Selingkuh Dengan Janda, Istri Oknum Ketua RT Ini Berusaha Bunuh Diri

KNPI Pusat Dukung KNPI Siak Bersinergi Dengan Pemerintah Dan Masyarakat

Babinsa Koramil 03/Minas Serma Zulkifli Bersama Masyarakat Minas Jaya Giat Patroli Karlahut

Sertu Ardhi Syam Babinsa Koramil 03/Minas Sosialisasi Pentingnya Memahami Nilai-nilai Pancasila Terhadap Warga Binaan di Kampung Pancasila 

Unit Lantas Polsek Tualang & Satpol PP Tertibkan Pedagang Keliling Di Jembatan Maredan Perawang

Masyarakat Menolak Keras Perambahan Hutan Dan Jual Beli Lahan Secara Ilegal

Babinsa Koramil 03/Minas Senantiasa Sosialisasikan Prokes di Pasar Tradisional Minas Jaya

Dr Sri Sadono : Hasil Swab Tes PDP di Duri Masih Dalam Analisa

Antisipasi Terjadinya Karhutla, Polsek Minas Jajaran Rutin Lakukan Himbauan Kepada Masyarakat Stop Membuka Lahan Dengan Dibakar 

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Abu Kasim Gugat PT SLS Serobot 90 Hektar Lahan Masyarakat Adat

2

Satu Perwira Polres Inhu Naik Pangkat Pengabdian, Dua Bintara Dipecat

3

Merdeka Belajar sebagai Kunci Membangun Generasi Emansipatif dan Kreatif

4

Pastikan Peringatan May Day Aman, Kapolres Pelalawan Hibur Para Buruh

5

Satres Narkoba Polres Inhu Ringkus Pengedar 4,46 gram Sabu di Kecamatan Lirik

6

Serah Terima Konstruksi Tepat Waktu, PT Adhi Jalintim Riau Resmi Memulai Masa Layanan