MENU TUTUP

Posko Siaga Disetiap Kampung/Kelurahan di Minas Untuk Wadah Konsilidasi & Pengumpulan Donasi

Kamis, 16 April 2020 | 18:40:54 WIB Dibaca : 2061 Kali
Posko Siaga Disetiap Kampung/Kelurahan di Minas Untuk Wadah Konsilidasi & Pengumpulan Donasi Upika Minas saat mengadakan Rapat Kordinasi terkait Fungsi Posko Siaga di Masing-masing Kampung/Kelurahan



SIAK - Unsur Pimpinan Kecamatan (Upika) Minas menggelar rapat kordinasi terkait peran dari masing-masing posko gugus tugas Covid-19 yang ada disetiap Kampung maupun Kelurahan se Kecamatan Minas, Kamis (16/02/2020) di Aula Kantor Kecamatan Minas.

 

Dalam rapat yang dihadiri oleh Camat, Kapolsek serta Danramil Minas, hingga seluruh Penghulu dan Lurah serta pihak terkait lainnya, Upika Minas memberikan penekanan terhadap masing-masing Kampung dan Kelurahan untuk membentuk posko siaga covid-19, adapun tujuan dibentuknya posko ini utamanya sebagi tempat konsilidasi, dan kedua tempat untuk menggali maupun menampung donasi penanggulangan bencana non alam Covid-19.

 

"Jadi disini kita meminta kepada kalangan yang mampu, seperti pengusaha ataupun para Toke yang ada di Kampung/Kelurahan se Kecamatan Minas untuk memberikan donasi, misal berupa barang, sembako maupun berupa dana, yang nantinya akan disalurkan oleh gugus tugas yang ada di Kampung/Kelurahan, sebab masing-masing Kampung dan Kelurahan sudah membentuk gugus tugasnya, yang diketuai oleh Lurah dan Penghulu, jadi dalam gugus tugas lengkap bersama tiga pilarnya," terang Camat Minas H Hendra Adi Nugraha SSTP MSI kepada Wartawan seusai melakukan rapat itu.

 

Dijelaskan Camat Hendra, dalam kegiatan ini pihaknya juga membahas untuk mempercepat penyiapan Alat Pengaman Diri (APD) khususnya untuk setiap Kampung, mengingat Dana Kampung (ADD/K) sudah ada Permendes untuk bisa menyiapkan akomodasi dan peralatan dalam rangka penanggulangan Covid-19.

 

"Memang Dana Desa (ADD) sampai saat ini belum cair,  tapi untuk pesanan keperluannya dimulai saja terlebih dahulu," kata Camat Hendra.

 

Sementara untuk khusus Kelurahan, dijelaskannya, pihaknya masih menunggu Juknis dari Permendagri, sebab kata dia dana Kelurahan ini bagian sektornya ada di Kementerian Dalam Negri, "kalau Mentri Desa kita acungi jempol sebab cukup cepat gerakannya, tapi kalau dari Kemendagri kita belum mendapatkan Juknis terhadap Dana Kelurahan, sehingga Kelurahan setatusnya masih tergantung," katanya.

 

Namun diluar itu, kata dia, pihaknya akan tetap berupaya mencarikan solusi dari sumber yang lain, setidaknya masyarakat Kelurahan Minas Jaya bisa di carikan jalan keluar untuk sementara waktu.

 

"Tapi disini kami juga menghimbau terhadap masyarakat yang memliki kemampuan, seperti para Toke, Perusahaan agar bisa membantu terhadap keluarga yang tidak mampu maupun memberikan bantuan berupa APD terhadap masyarakat dan petugas," imbuhnya.

 


Adapun untuk dana yang akan di galang melalui para Toke maupun Perusahaan nantinya, kata dia pihaknya akan menerapkan sistem satu pintu, untuk setiap donasi yang akan disalurkan kepada masyarakat, agar tidak terjadi timpang tindih, dengan harapan bisa lebih merata terhadap penerima bantuan tersebut.

 


"Sebagimana kita tahu, program Pemerintah cukup banyak sumber dana untuk bantuan masyarakat, tapi kan tidak tertutup kemungkinan sumber dana dari lainya bisa saja masuk, jadi agar tidak terjadi timpang tindih oleh karena itu kita buat sistem satu pintu melalui Pemerintah Kampung maupun Kelurahan yang ada." Pungkasnya.(*)




Berita Terkait +

Siak Intip Peluang Industri Syariah

Kapolres Pelalawan Bersama Satlantas Pantau Arus Lalu Lintas di Jalan Lintas Timur

Operasi Tertib Ramadhan, GAMKI Dukung Penuh dan Apresiasi Polres Inhu

Pemkab Pelalawan Jalin Kerjasama Bersama Pemkot Tangerang

Susun Program Unggulan, LPTQ Gelar Rapat Bersama Instansi Terkait

Bhabinkamtibmas Polsek Minas Bagikan Masker Gratis Kepada Warga di Mandiangin

POLSEK MINAS Giat Patroli Guna Antisipasi Tindak Kejahatan & Berikan Edukasi Prokes Covid-19

Serda Dedi. H Bersama Praka Gunariadi, Ajak Warga Binaan Patroli Gabungan Antisipasi Karhutla di Perawang Barat

Ini Dia 40 Nama Caleg & Partai Yang Akan Melenggang Ke-Parlemen Siak Priode 2019-2024

Sambut HUT Polairud Ke 71, Polres Pelalawan Donor Darah

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Kontroversi Survei Pilbup Rohul 2024: Salah Satu Calon Tidak Dicantumkan

2

Pemuda Desa Genduang Tuntut Transparansi PT Sari Lembah Subur dalam CSR dan Rekrutmen Tenaga Kerja Lokal

3

Konflik Masyarakat Dengan PT RPI Trus Berlanjut, Berikut Ini Bunyi MOU Kedua Belah Pihak Tahun 2017 Lalu

4

Bupati Bengkalis, Siak dan Pelalawan Raih Penghargaan JMSI Riau Award 2024

5

Meriahkan Hari Bhayangkara, Polres Inhu Taja Jalan Santai dan Fun Bike

6

Kapolsek LBJ Bekuk 2 Pengedar Sabu, Ini Jumlah Barang Buktinya