MENU TUTUP

Bupati Rohul Panen Raya Ikan Lele Dengan Sistim Bioflok Di Pondok Pesanteren Manhajusalikin

Senin, 16 Maret 2020 | 21:47:39 WIB Dibaca : 2395 Kali
Bupati Rohul Panen Raya Ikan Lele Dengan Sistim Bioflok Di Pondok Pesanteren Manhajusalikin


Rokan Hulu,CatatanRiau.com - Kelompok Budidaya Perikanaan Ikan Lele binaan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) melakukan Panen Raya Ikan Lele dengan sistem Bioflok di Pondok Pesantren (Ponpes) Manhajusalikin, Dusun sungai Deras, Desa Suka Maju, Kecamatan Rambah, Senin 16-3-2020.

 

Panen raya Ikan Lele yang bernilai ekonomis tinggi itu dilakukan oleh Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman yang diwakili Asisten II Ir H.M Ruslan M.Si, didampingi Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan Rohul Barikun SP, Camat Rambah, Kades Suka Maju Suberdi ST dan Kelompok Tani Budidaya Ikan Lele.

 

Asisten II Ir H.M Ruslan M.Si mengapresiasi Budidaya Ikan lele dengan sistem Bioflok, karena ini merupakan inovasi baru sistem budidaya ikan selain keramba dan kolam ikan.

 

Pemkab Rohul sangat mengapresiasi pengembangan budi daya ikan lele ini, karena Program pengembangan budi daya perikanan ikan lele ini merupakan program yang harus didukung guna mendukung ketahanan pangan, pemenuhan konsumsi dan asupan gizi yang berimbang yang bersumber dari ikan,katanya

 

Ruslan berharap dengan adanya budidaya ikan lele dengan sistem Bioflok ini dapat meningkatkan produksi perikanan budidaya dan menumbuhkan kawasan sentra-sentra budidaya perikanan sehingga meningkatkan taraf hidup masyarakat Rohul.

 

Sementara itu, Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan Rohul Barikun SP saat dikonfirmasi Media Center Diskominfo Rohul, Senin 16-03-2020 mengatakan Budidaya ikan dengan sistem bioflok ini dalam rangka efisiensi biaya dalam budidaya ikan lele serta meningkatkan hasil panen. 

 

Ia juga menjelaskan budidaya ikan lele sistem bioflok ini merupakan pengembangan budidaya ikan yang dilakukan dengan memanfaatkan mikroorganisme atau limbah lele itu sendiri. Dalam prosesnya dilakukan dengan cara mengolah limbah hasil budidaya agar menjadi flol-flok atau gumpalan yang kecil sebagai makanan ikan secara alami.

 

Budidaya ikan lele dengan sistem Bioflok ini beda dengan budidaya ikan kolam biasa dari terpal dan kolam tanah, kalau Bioflok ini bisa menghemat biaya pakan 70 persen, satu bioflok itu ada 3 ribu ikan dengan jumlah 10 bioflok, jadi panen hari ini sebanyak 3 ton, kata Barikun

 

Tambah Barikun, Kelompok Budidaya ikan lele yang dipusatkan di Ponpes Manhajusalikin ini merupakan kelompok budidaya yang profesional dan terampil dalam membudidaya ikan lele.

 

Karena kami sangat selektif sekali dalam memfasilitasi Kelompok Budidaya Ikan Lele, Karena kelompok disini sudah profesional dan terampil, Kalau hanya untuk coba-coba gak usah nanti merugi jadi ini mereka yang terampil,Jelas Barikun

 

Diakui Barikun, Budidaya ikan Lele dengan Sisten Bioflok ini juga sudah diterapkan didesa-desa lain, seperti Desa Ngaso, Ujung Batu dan Tambusai Utara.

 

Seperti di Desa Ngaso, hasil panennya lebih banyak dari ini, panennya seminggu sekali ada sekitar 1 setengah ton, Untuk mendapat bibit kita fasilitasi melalui Dinas DKPP Rohul dengan cara membuat proposal, sudah banyak yang kita realisasikan membudidaya ikan, banyak yang sudah direalisasikan di Tandun melalui anggaran ADD juga, bisa membuat Bioflok seperti di Kecamatan Tambusai Utara dan Pemudanya juga secara swadaya kita hanya membantu bibit dan pendampingan,Terang Barikun.

 

Barikun berharap dengan adanya Panen Raya ikan Lele ini selain meningkatkan perekononian masyarakat, juga ikut mendukung Program Pemerintah dan Bupati Rokan Hulu H. Sukiman untuk memasyarakatkan masyarakat gemar makan ikan, dengan harapan semakin banyak mengkonsumsi ikan, dapat mencerdaskan generasi bangsa. (Hms)




Berita Terkait +

Penguatan Binter SKK Migas, Babinsa Koramil 03/Minas Rutin Lakukan Patroli & Komunikasi Sosial

Begini Rasanya Setengah Tahun Magang di Perusahaan Penopang Energi Nasional  

SIAK TERIMA PENGHARGAAN KABUPATEN LAYAK ANAK KATEGORI MADYA KE 4 KALINYA

Satgas Bara Akan Segera Cek Seluruh Instansi di Pemkab Siak Dalam Penggunaan Bahasa Indonesia

Kabupaten Pelalawan Akan Jadi Tuan Rumah Pelaksanaan MTQ Tingkat Propinsi Riau Tahun 2021

Selama Ramadhan Polsek Minas Rutin Bagikan 200 Paket Takjil Kepada Jamaah Masjid & Masyarakat

HUT KE 71 Polairud, Polres Pelalawan Bersih Bersih Pantai

Ikut Politik Praktis, Anggota DPD-RI Intsiawati Ayus Segera di Laporkan, Kemana?

Balita Jantung Bocor di Lubuk Dalam Kab. Siak

Musim Kemarau Telah Tiba Warga Diminta Agar Tidak Bakar Lahan

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Tersangka Dugaan Korupsi Pengelolaan Keuangan Desa Ditangkap di Jawa Barat dan Dibawa ke Polres Kuansing

2

Guru SD Ditemukan Membusuk, Korban Meninggal Diduga Sakit

3

Polsek Tambang Bersama Bhayangkari Berbagi Takjil Kepada Para Tahanan

4

Polsek Tambang Bersama Bhayangkari Berbagi Takjil Gratis

5

Safari Ramadhan di Desa BPTJ, Wabup Rohul Komitmen Pembangunan Masjid

6

Diduga Pungli! Besok Disdikbud Siak Akan Lakukan Pemanggilan Terhadap Kepsek Dan Oknum Guru di SDN 008 Sam-sam