MENU TUTUP

Brijen TNI Dany Rakca Memimpin Rapat Koordinasi Pelaksanaa Ketahanan Pangan Tahun 2024

Ahad, 24 Maret 2024 | 17:09:54 WIB Dibaca : 157 Kali
Brijen TNI Dany Rakca Memimpin Rapat Koordinasi Pelaksanaa Ketahanan Pangan Tahun 2024

Pekanbaru, Catatanriau.com | Komandan Komando Resor Militer (Korem) 031/Wira Bima Brijen TNI Dany Rakca memimpin rapat koordinasi dan penandatanganaan PKST antara Kepala Dinas Pangan, Tanamanan Pangan Dan Holtikultura Provinsi Riau Ir. Syahfalevi,M.Si. Dengan Kasiter Korem 031/Wira Bima Kolonel Inf N Wahyu Nugroho, S.E di Ruang  Yudha LT 2 Makorem Jalan Mayor Ali Rasyid Kota Pekanbaru, Jumat (22/3/24).

Rapat yang dilaksanakan secara Video Confren (Vicon) dengan para Komandan Kodim Jajaran Korem 031/WB dan Kadistan Kabupaten/Kota Se-Provinsi Riau, untuk melakukan koordinasi, sinkronisasi Kegiatan Optimasi  Lahan Rawa di wilayah Provinsi Riau seluas 3.336 Ha akan segera direalisasikan.

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) dalam menjalankan tugasnya  "Operasi Militer Selain Perang" (OMSP) yang bertugas untuk membantu pemerintah daerah (Pemda) dalam berbagai program, termasuk program ketahanan pangan. Mereka dapat memberikan bantuan dalam hal pengamanan lahan pertanian yang saat ini lebih dikenal dengan OPLA (Optimasi Lahan) rawa, distribusi logistik pangan, pelatihan petani, dan berbagai kegiatan lain yang bertujuan untuk meningkatkan produksi dan ketahanan pangan di wilayah tersebut. Kerja sama antara Korem 031/WB beserta jajaran Kodim dan Pemda sangat penting untuk mencapai tujuan ini.

Danrem, menyebutkan "Melihat dari Kontur tanah, kondisi lahan di Provinsi Riau yang  berbeda dengan wilayah lain di Indonesia, perlu adanya penanganan secara khusus dan melibatkan ahli untuk dapat menghasilkan produksi Padi yang maksimal sesuai yang diinginkan".

"Selain itu Tujuan utama dari kegiatan Optimasi Lahan Rawa adalah untuk meningkatkan Indeks Pertanaman (IP) dari IP 100 ke IP 200 dan dari IP 200 menjadi IP 300, sehingga dapat menigkatkan produktivitas dan ketahanan pangan secara Nasional maupun daerah,"
Pungkas Danrem.

Sambil menunggu Survey Identifikasi Disain (SID) yang sedang dalam progress agar segera dilakukan percepatan sehingga target yang telah ditentukan yaitu pada bulan Juni 2024 sudah selesai pekerjaan konstruksi dan bisa dilaksanakan olah tanam.
Apa lagi dengan adanya Kegiatan Pompanisasi yang telah diusulkan oleh Dinas Kabupaten  dengan melengkapi  persyaratan  diantaranya Calon Petani Calon Lahan (CPCL), akan segera diajukan oleh Distan Provinsi Riau kepada Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) untuk segera direalisasikan Khususnya Kabupaten Siak dan wilayah  Provinsi Riau pada umumnya.

Tampak hadir dalam rapat offline tersebut Danrem 031/WB, Kadis Pangan TPH Riau, Kepala BSIP Riau, Kepala Balai Besar Padi Riau, Kasiter Kasrem 031/WB, Dandim 0313/Kpr, 0322/Siak  Kadistan Kabupaten Kampar dan Siak.
Secara vicon Dandim 0302/Inhu, 0303/Bkls, 0314/Inhil, 0321/Rohil beserta Kadistan Kabupaten daerah masing-masing.(rls).



Berita Terkait +

Selama Operasi Zebra Lancang Kuning 2023, Ini Kata Kasat Lantas

Jaga Stabilitas Harga Pasca Ramadhan Dinas KUKMPP Pelalawan Sidak Pasar

Hadiri HUT SMPN 4 Minas Ke-18, Ini Pesan Danramil Minas Kapten Inf M Lumban Tobing

Polsek Bandar Sei Kijang Terus Melakukan Antisipasi Saber Pungli

Bulan Tertib Helm 2023, Satlantas Polres Pelalawan Edukasi Pengendara

Tanpa Lelah, Polsek Minas Rutin Monitoring & Ajak Masyarakat Vaksinasi Covid-19

Ratusan Warga di Siak Ikuti Fun bike Dalam Rangka Menyambut Hari Bhayangkara ke - 76

Didampingi Para Kanit, Kapolsek Kemuning Rutin Lakukan Subuh Keliling Dalam Rangka Cooling System

Kekaguman sang jendral pada Istana Matahari Timur

Tutup 2023, Pemkab Siak Luncur Program Subsidi Margin Untuk Pelaku UMKM dan Peternak

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Dua Pelaku Narkoba Diciduk: Barang Bukti Berupa Sabu 5,60 Gram Berhasil Disita

2

Kapolsek Kelayang Ringkus Pengedar dan Bandar Sabu-sabu, Ini Jumlah Barang Buktinya

3

Lapas Pasir Pengaraian Gelar Upacara Peringatan HBP Ke 60 Tahun 2024

4

Residivis Pencurian Dibekuk Unit Reskrim Polsek Cerenti

5

Antisipasi Lakalantas, Personil Unit Lantas Polsek Minas Lakukan Patroli Blue Light Rutin

6

Kemenangan yang Berkah: Refleksi Momentum Syawal pada Prestasi Sepak Bola U-23 Indonesia