MENU TUTUP

Dosen UIR Sosialisasikan Energi Terbarukan Sebagai Energi Alternatif di SMK YAMATU

Kamis, 11 Januari 2024 | 22:45:48 WIB Dibaca : 504 Kali
Dosen UIR Sosialisasikan Energi Terbarukan Sebagai Energi Alternatif di SMK YAMATU Dosen UIR Sosialisasikan Energi Terbarukan Sebagai Energi Alternatif di SMK YAMATU

Siak, Catatanriau.com | Dalam rangka mendukung kesadaran akan pentingnya pemanfaatan energi terbarukan, Dosen Universitas Islam Riau (UIR) telah mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) YAMATU Tualang pada hari sabtu 13 Desember 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap pemanfaatan energi terbarukan sebagai sumber energi alternatif yang ramah lingkungan.

Acara ini diinisiasi oleh Tim Pengabdian Masyarakat yang terdiri dari Dosen dan Mahasiswa UIR yang diketuai oleh Ari Prasetyo, ST., M.Eng serta Ir. Sutan Lazrisyah, MT, Yeyendra, SPd., MPd. Ada juga melibatkan anggota dan perwakilan Mahasiswa Ansharullah dan Risky Ramadhan. yang tentunya pengetahun keahlian dalam bidang energi terbarukan.

Kegiatan sebagai bentuk kegiatan Catur Dharma Perguruan Tinggi dalam Bidang Pengabdian Masyarakat. Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswa SMK YAMATU Tualang yang aktif dan antusias dalam memahami peran energi terbarukan dalam menjaga keberlanjutan lingkungan.

Ketua Pengabdian Masyarakat, Ari Prasetyo, ST., MEng, menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada siswa tentang berbagai jenis energi terbarukan. Ada energi surya, energi angin, dan energi biomassa. Selain itu, juga disampaikan informasi mengenai cara-cara pemanfaatan energi terbarukan dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan dimulai dengan sambutan dari Kepala Sekolah SMK YAMATU Tualang,  Rustami, S.Sos., M.Pd, yang menyambut baik inisiatif dari dosen-dosen UIR untuk memberikan pengetahuan tambahan kepada siswa. "Kami berharap melalui kegiatan ini, siswa-siswa dapat lebih memahami betapa pentingnya peran mereka dalam menjaga lingkungan dengan menggunakan sumber energi yang bersifat ramah lingkungan," ujar Rustami, SSos., MPd.

Acara dilanjutkan dengan sesi penyuluhan yang dipandu oleh dosen-dosen UIR. Para siswa diajak untuk berpartisipasi aktif dalam diskusi, tanya jawab, dan juga kuis interaktif mengenai energi terbarukan.

Selain itu, tim pengabdian masyarakat juga menyediakan materi panduan dan informasi terkait program-program pengembangan bakat di bidang energi terbarukan yang dapat diikuti oleh para siswa di masa mendatang.

Acara berlangsung meriah dan diakhiri dengan sesi foto bersama antara dosen, siswa, dan para guru pendamping. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran siswa terhadap pentingnya pemanfaatan energi terbarukan sebagai solusi alternatif dalam memenuhi kebutuhan energi masa depan.*****

Laporan : E Pangaribuan 



Berita Terkait +

SMP Negeri 5 Minas Gelar Musyawarah Gugus Depan, Begini Harapan Kurnia Widiastuti

Terdaftar Di SK Bupati Siak, Tapi Para Guru Di SDN 12 Minas Barat Ini Belum Trima Dana Guru Terpenci

Polisi Apresiasi Penerapan Prokes Covid-19 Sekolah Tatap Muka Oleh Pihak SDN 4 Minas

Pemilihan Sekolah Saat PPDB SMA/SMK di Riau Telah Berakhir, Pengumuman Kelulusan 1 Juli Mendatang

Bupati Alfedri Ajak Generasi Muda Bungaraya Perangi Narkoba

Siap Laksanakan Kurikulum Merdeka, Seluruh Sekolah Tingkat SD di Minas Lakukan Kegiatan IKM

Markarius Anwar Kritisi Pendidikan Di Riau Masih Sarat Masalah

Badut School Puskesmas Minas Kunjungi SDN 04 Minas Jaya

Pekan Ini Bosda SMA/SMK di Riau Disalurkan

Disdik Bengkalis Keluarkan Edaran, Belajar di Rumah Diperpanjang

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Residivis Pencurian Dibekuk Unit Reskrim Polsek Cerenti

2

Afni Resmi Daftar Calon Bupati ke PDIP, Senin ke PKB

3

Jhonny Charles Harapkan Gernas BBI dan BBWI Bisa Tingkatkan Perekonomian Riau

4

Tunggu Pelanggan di Kedai Kopi, Bandar Togel Online Diringkus Satreskrim Polres Inhu

5

Kapolsek Beserta Personilnya Lakukan Giat Binrohtal & Jum'at Berbagi Bersama Para Tahanan di Mapolsek Minas

6

Heboh! Perpisahan Sekolah SMA Sederajat Yang Wah, Hulubalang LAMR Pekanbaru Minta Seluruh Kepsek Patuhi Aturan Disdik Riau