MENU TUTUP

Pengamat: Afni Bakal Jadi Pesaing Tangguh di Pilkada Siak

Kamis, 11 Januari 2024 | 21:36:37 WIB Dibaca : 991 Kali
Pengamat: Afni Bakal Jadi Pesaing Tangguh di Pilkada Siak

Siak, Catatanriau.com | Sosok Dr.Afni Z,M.Si, dinilai akan menjadi figur pesaing tangguh, pasca keberaniannya mendeklarasikan diri maju sebagai Bakal Calon Bupati di Pilkada Siak 2024. Penilaian itu dilontarkan pengamat komunikasi politik Riau, Dr Aidil Haris.

"Saya sudah lama mengenal Afni sejak dia masih jurnalis. Sepak terjangnya, keberaniannya, idealismenya, tentu dibutuhkan masyarakat Siak, dan figurnya akan jadi pesaing tangguh karena memberi warna baru di Pilkada Siak sebagai perempuan pertama yang berani mendeklarasikan diri sebagai bakal calon Bupati," ujar Aidil, Kamis (11/1/2004).

Dengan latar belakang seorang jurnalis profesional dengan kategori senior, Afni menurutnya memiliki pengetahuan dan penilaian terhadap apa yang menjadi permasalahan masyarakat di Bumi Lancang Kuning, khususnya Kabupaten Siak.

"Pengalaman sebagai jurnalis nasional itu tidak main-main. Apalagi Afni pernah bertugas di Istana Kepresidenan, sehingga relasi dan komunikasinya di tingkat pusat jadi kelebihannya sendiri. Kita tentu saja tak bisa lupa, bahwa mantan Wakil Presiden Indonesia ketiga, Adam Malik, juga bermula dari profesi sebagai seorang jurnalis atau wartawan," terangnya lagi.

Selain itu, kiprahnya sebagai salah satu staf ahli Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, juga menunjukkan kualitas seorang Afni. Sebab, tidak mudah untuk dipercaya mengisi jabatan itu. Apalagi selama mengemban amanah itu, Afni juga terjun langsung mendampingi masyarakat untuk penyelesaian persoalan di tingkat tapak.

"Afni ini orang lapangan. Sejak jadi jurnalis sampai jadi pejabat negara, kita lihat bagaimana dia selalu berada di tengah masyarakat. Tidak hanya itu, Afni sekarang juga seorang Dosen di Fakultas Ilmu Administrasi. Jadi ini benar-benar paket lengkap, karena berpengalaman di pemerintahan dan juga seorang scientific," kata Aidil.

Tak cukup sampai di situ, kiprah Dr.Afni dalam sosial kemasyarakatan khususnya kaum perempuan di Siak, juga telah teruji. Yang terbaru, Dr.Afni terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Muslimat NU Kabupaten Siak masa khidmah 2024-2029. Hal ini menunjukkan betapa kiprah Afni di Siak tidak bisa dipandang sebelah mata.

"Untuk bisa memimpin organisasi sebesar Muslimat NU, butuh kepercayaan dari masyarakat. Apalagi terpilihnya secara aklamasi. Parpol yang ada, saya kira patut untuk mempertimbangkan sosok lengkap seperti Afni ini untuk diusung di Pilkada," tambahnya.

Dengan berbagai pertimbangan itu, Dr.Aidil Haris memperkirakan, sosok Afni akan memberikan warna baru dalam kehidupan bermasyarakat di Kabupaten Siak ke depannya.

"Saya mengenal Afni sebagai pribadi yang tegas dan penuh pertimbangan dalam menilai suatu permasalahan atau kondisi. Ini juga menjadi nilai lebih. Daerah perlu dipimpin seorang yang tegas, apalagi itu perempuan, pasti akan menjadi kelebihan sendiri," ujarnya lagi. ***

Editor : Idris Harahap 



Berita Terkait +

PKB Beri Sinyal Kuat Usung Afni di Pilkada Siak

Bamagnas Riau Kunjungi Kantor Partai Perindo, Bicara Tentang Apa?

Survey RRC, Kasmarni-Bagus Berpeluang Besar Menang Pilkada Bengkalis

Ini Dia Caleg Pemenang Dapil 4, Kuda Putih DPRD Kabupaten Rokan Hilir

KPP KRIS Gelar Yasinan, Berharap Terciptanya Politik Santun Di Kabupaten Bengkalis

Empat Makna Restorasinya, Ini Penjelasan Ketua Dewan Pakar DPW Partai NasDem Provinsi Riau

Bambang H Rumnan Sebut Integrasi Dakwah Dapat Membangun Kekuatan Ekonomi

Deklarasi Husni Tamrin - Edi Sabli (HT MANTAP) Setelah Daftar Ke KPU Dihadiri Ribuan Massa

Siap Maju Pilkada Pelalawan Pasangan Abu Mansur Matridi - Habibi Hapri Sosialisasi Cermat

Untuk Pelaksanaan Pilkada 2020, KPU Riau Tunggu Instruksi Pusat Terkait Virus Corona

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Kapolsek Kelayang Ringkus Pengedar dan Bandar Sabu-sabu, Ini Jumlah Barang Buktinya

2

Residivis Pencurian Dibekuk Unit Reskrim Polsek Cerenti

3

Pelantikan Pengurus LPAI Rohul: Dedikasi Baru untuk Perlindungan Anak

4

Afni Resmi Daftar Calon Bupati ke PDIP, Senin ke PKB

5

Jhonny Charles Harapkan Gernas BBI dan BBWI Bisa Tingkatkan Perekonomian Riau

6

Tunggu Pelanggan di Kedai Kopi, Bandar Togel Online Diringkus Satreskrim Polres Inhu