MENU TUTUP

Kapolres & Bupati Pimpin Mediasi Penolakan Rumah Ibadah Kegiatan Natal & Tahun Baru di Desa Merbau, Hasilkan 3 Kesepakatan

Senin, 25 Desember 2023 | 10:36:33 WIB Dibaca : 1022 Kali
Kapolres & Bupati Pimpin Mediasi Penolakan Rumah Ibadah Kegiatan Natal  & Tahun Baru di Desa Merbau, Hasilkan 3 Kesepakatan

PELALAWAN,CATATANRIAU.COM |  Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto SH SIK menjadi moderator pimpinan
mediasi pembahasan terkait penolakan masyarakat Desa Merbau Kecamatan  Bunut atas keberadaan rumah ibadah kegiatan Ibadah Natal dan Tahun Baru di Desa Merbau Kecamatan Bunut Kabupaten Pelalawan. Mediasi berlangsung di Aula Teluk Meranti Polres Pelalawan, Minggu, (24/12/2023).

Mediasi dalam rangka pembahasan adanya penolakan masyarakat Desa Merbau  terhadap aktivitas kegiatan ibadah Natal dan Tahun Baru di Rumah Ibadah / Gereja di Desa Merbau Kecamatan Bunut Kabupaten Pelalawan. Dipimpin oleh Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto, SH, SIK didampingi Bupati Pelalawan Zukri Turut hadir Pabung Kodim 0313 Kapt Arh. Sugiono, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kab. Pelalawan  Zulkifli, SAg MSi, Kaban Kesbangpol Kabupaten Pelalawan Andi Yuliandri, SKom, KUA Kecamatan Pelalawan Nasri, SPd, Pengurus FKUB Fadil Harahap, Kapolsek Bunut AKP Hendrik Berson, SH, Kasat Intelkam AKP Zulhendra, SH.,MM,  KBO Sat Intelkam Iptu Putra Sontomi, Ps. Kanit 3 Sat Intelkam Polres Pelalawan Bripka M. Isromi,  Pendeta GBI Desa Merbau  Roiman Marpaung, pengurus GPdI Desa Merbau M. Manullang, Ketua Majelis Umat Kristen Indonesia (MUKI) Kabupsten Pelalawan Pdt Bethel Harefa beserta pengurus, Ketua GAMKI Kabupaten Pelalawan  Daniel Silaban, Kepala Desa Merbau  Kasmiran, S.IP, Tokoh Masyarakat Desa Merbau Edi Maskur, Rusmanto dan Abu Kasim dan perwakilan masyarakat Desa Merbau.

Bupati Pelalawan H Zukri dalam arahannya menyampaikan permasalahan jangan sampai  melebar kemana-mana dan menjadi opini negatif. "Persoalan ini dapat kita bahas melalui diskusi dengan pikiran yang tenang. Sebenarnya tidak terjadi intoleransi antar umat beragama. Masyarakat Desa Merbau tidak ada upaya menghalang-halangi untuk beribadah, hanya saja ada kekhawatiran saat terjadi mobilisasi masyarakat luar yang datang ke Desa Merbau untuk beribadah di Pos Pelayanan Umat Kristiani. Hal ini yang menimbulkan multi tafsir. Selama ini tidak adanya kesesuaian komunikasi yang baik antar pihak," pungkasnya saat pertemuan mediasi.

Menurut Bupati, harus dapat mencari solusi jangka pendek mengingat malam Natal, Masyarakat Desa Merbau harus menahan diri sehingga tidak menimbulkan terjadinya kegaduhan / kesalahpahaman antar umat beragama.

Bupati mengharapkan agar masing-masing pihak dapat menahan diri. Pemerintah Kabupaten Pelalawan akan mengupayakan upaya penyelesaian secara komprehensif dan harus tuntas.

Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto SH SIK, dengan program Harmoninya mengambil langkah cepat menuju harmonis dan rukun umat beragama menghindari aksi dan tindakan intoleransi. Memberikan kesempatan berbicara kepada pihak masyarakat desa Merbau dan pihak Nasrani untuk mencari solusi terbaik

Terjadi dialog agar kegiatan ibadah natal dan tahun baru harus tetap terlaksana, semua pihak menahan diri dan menjaga kindusifitas. Tindak lanjut penyelesaian pada januari 2024.

Hasil kesepakatan mediasi
1. Terhadap kegiatan Ibadah Perayaan Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024 tetap dilaksanakan.
2. Masing-masing pihak untuk dapat menahan diri guna menjaga Kondusifitas di wilayah Kab. Pelalawan.
3.  Untuk tindak lanjut penyelesaian permasalahan akan dilakukan pertemuan lanjutan yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kab. Pelalawan pada bulan Januari Tahun 2024. ****

Laporan : E Pangaribuan 



Berita Terkait +

Akhirnya Akses Jalan Menuju Sekolah di Perawang Yang Ditutup Sejak 2020 Kembali Dibuka

PBB Siak Kunjungi Korban Kebakaran di GS 2, Erlinston Siregar SH : Kondisinya Sangat Memprihatinkan

Mandi Bersama di Sungai Siak, 2 Pelajar SMP di Sei Apit Ini Tenggelam Belum Ditemukan

KM Jaya Indah 23 Bermuatan 85 Ton Alami Kecelakan Diperaiaran Kuala Sungai Siak

Ricuh Hingga Kebakaran, Ratusan Tahanan Di Rutan Siak Melarikan Diri

Kapolres & Bupati Pelalawan Pimpin Verifikasi Padamkan Karhutla di TNTN

Tabrakan Dua Sepeda Motor di Pengalihan Sebabkan 1 Orang Meninggal dan Lainnya Kabur

Harimau Terkam Pekerja HTI Saat Hendak Buang Air Kecil

Unjuk Rasa Dugaan Korupsi Disidik Riau, Demonstran Minta Pj Bupati Kampar Diperiksa Jaksa

Waduh! Wakil Bupati Rohil Digrebek Polisi Saat Asik Berduaan Dengan Wanita di Kamar Hotel

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Abu Kasim Gugat PT SLS Serobot 90 Hektar Lahan Masyarakat Adat

2

Satu Perwira Polres Inhu Naik Pangkat Pengabdian, Dua Bintara Dipecat

3

Pastikan Peringatan May Day Aman, Kapolres Pelalawan Hibur Para Buruh

4

Satres Narkoba Polres Inhu Ringkus Pengedar 4,46 gram Sabu di Kecamatan Lirik

5

Serah Terima Konstruksi Tepat Waktu, PT Adhi Jalintim Riau Resmi Memulai Masa Layanan

6

Daftar Pertama, Dr.Afni: Saya Kader Nasdem