MENU TUTUP

Pemkab Siak Terima DIPA dan TKD Anggaran 2024 Senilai Rp 1,65 Triliun

Senin, 11 Desember 2023 | 21:30:48 WIB Dibaca : 1212 Kali
Pemkab Siak Terima DIPA dan TKD Anggaran 2024 Senilai Rp 1,65 Triliun

Siak, Catatanriau.com | Wakil Bupati Siak Husni Merza menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Alokasi Transfer ke Daerah (TKD) tahun 2024 dari Gubernur Riau Edy Natar Nasution, didampingi Plt. Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Riau, Burhani AS, Berlangsung di Balai Pauh Janggi Gedung Daerah, Pekanbaru Senin (11/12/2023).

Wakil Bupati Siak Husni Merza menyampaikan APBN merupakan instrumen penting dalam pembangun daerah sehingga diharapkan bisa dilaksanakan dengan tepat waktu, tepat sasaran berkualitas secara kolaboratif dapat meningkatkan perekonomian daerah.

Untuk DIPA dan alokasi Transfer ke Daerah (TKD) kabupaten Siak tahun 2024, jumlahnya meningkat dari tahun 2023 lalu, tahun 2024 totalnya menjadi Rp 1,65 triliun. Artinya terjadi peningkatan.

"Hari ini saya mewakili Bupati Siak menerima dokumen Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Alokasi Transfer ke Daerah (TKD) tahun 2024 dari Gubernur Riau Edy Natar Nasution. Tahun ini Alokasi dana transfer 2024 kita sebesar Rp 1,65 triliun naik dari tahun lalu yang berjumlah Rp 1,40 triliun,"ujarnya.

Husni menambahkan di tengah gejolak ekonomi global dan geopolitik serta terjadinya el-nino yang mempengaruhi harga pangan secara global. APBN menjadi instrumen dalam mengentaskan persoalan tersebut di atas.

"Di tahun 2024 mendatang kita akan terap prioritaskan belanja peningkatan SDM, Infrastruktur, penurunan stunting dan pengentasan miskin ekstrim sesuai arahan presiden, melalui program yang sudah kita siapkan,"sebutnya.

Sementara itu, Gubernur Riau  Edy Natar Nasution mengatakan APBN 2024 memiliki peran penting dalam menghadapi berbagai tantangan. APBN menjadi instrumen untuk mencapai target-target yang ditetapkan.

"Seperti menghilangkan kemiskinan ekstrim untuk mendekati nol persen, penurunan stunting menjadi 14 persen, mengatasi pengangguran dan meningkatkan indek pembangunan manusia IPM,"kata dia.

Edy menyampaikan APBN 2024 di susun dengan fokus pada 5 agenda utama.

1. Perbaikan Kualitas sumberdaya manusia dengan menghapus kemiskinan ekstrim, menurunkan stunting, peningkatan akses kualitas layanan kesehatan dan pendidikan.

2. Percepatan transportasi ekonomi hijau, melalui hilirisasi sumberdaya alam, repitalisas industri, penguatan ekonomi hijau serta repormasi struktural.

3. Pemberian subsidi dan bantuan sosial yang tepat sasaran dengan peningkatan akurasi data berbaikan mekanisme penyaluran dan sinergi dalam hal program.

4. Penguatan sinergi anggaran pusat dan daerah dengan menyusun kerangka ekonomi makro dan pokok-pokok kebijakan fiskal di mensi regional dan singkroniasasi belanja pusat dan daerah.

5. Peningkatan evisiensi dan efektifitas belanja negara untuk mendorong pertumbuhan penciptaan lapangan kerja, pengentasan kemiskinan dan pemerataan pembangunan antar wilayah.

Kelima fokus ini bisa tercapai melalui sinergi yang harmonis. Antar pemerintah pusat dan daerah. Total alokasi dana yang di terima Provinsi Riau berjumlah Rp 31,83 triliun dengan rincian belanja pemerintah pusat sebesar Rp 8,63 triliun pada 41 kementrian dan lembaga di Provinsi Riau dan alokasi dana transfer ke daerah dan dana desa sebesar Rp 23,20 triliun.

"Kami harapkan bupati dan walikota memastikan keselarasan rencana kerja pemerintah daerah dengan sasaran rencana kerja pemerintah tahun 2024,"tutupnya.(rls/hms).

Laporan : Idris Harahap 



Berita Terkait +

Ketua DPRD Pelalawan Baharudin SH MH, Sidak Harga TBS Semena Mena PKS

Pimpin rapat, Syamsuar bahas sejumlah persoalan di Daerah

Jaga Keamanan Objek Vital Nasional di PT PHR Minas Dua Orang Anggota Koramil Minas Giat Patroli Drilling 

Buka Pelaksanaan STQ Ke-XXII di Kelurahan Minas Jaya, Camat Minas Puji Kekompakan Lurah & Para Panitianya 

Tokoh Pemuda & Masyarakat di Siak Gelar Musyawarah Wilayah DPW RMB-LHMR

Masih Saja Didapati 19 Orang Tak Pakai Masker di Minas, Mereka Diberikan Sanksi Sosial

Kasmarni Serahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah ke BPK

Efisiensi Anggaran, RSUD Bangkinang Rekrut Tenaga Keamanan Sendiri

Warga Terharu, SKK Migas-PT PHR Donasikan Daging Sapi dan 1.000 Paket Pasar Murah di Rohil

Jumpe Romansa Polda Riau Kembali Gelar Tugas-tugas Kemanusiaan Dikalangan Masyarakat

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Pengalaman dan Berdarah Minang, PKDP Minas Deklarasi Dukung Dr.Afni di Pilkada Siak

2

Kapolres Inhu Resmikan Bangunan MCK dan Pojok Baca SD Marginal Rakit Kulim

3

Fasilitas Anjungan SLS, Sopir Angkutan Kemitraan Nyaman Saat Bongkar TBS

4

Ribuan Masyarakat Hadiri Tabligh Akbar Yang Di Gelar Oleh Wabup Rohul

5

Kunjungi Polsek Kuala Cenaku, Kapolres Ucapkan Terima Kasih Atas Dedikasi Pemilu 2024

6

Usung Tema Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar! SDN 003 Belimbing Gelar Upacara Hardiknas Tahun 2024