MENU TUTUP

Karhutla Terpantau Dasboard Lancang Kuning, Polsek Langgam Respon Cepat Pemadaman & Penyelidikan

Kamis, 21 September 2023 | 16:10:00 WIB Dibaca : 741 Kali
Karhutla Terpantau Dasboard Lancang Kuning, Polsek Langgam Respon Cepat Pemadaman & Penyelidikan Karhutla Terpantau Dasboard Lancang Kuning, Polsek Langgam Respon Cepat Pemadaman & Penyelidikan, Rabu 20 September 2023

PELALAWAN,CATATANRIAU.COM | Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di daerah Tapak Kuda Dusun Air Putih Desa Pangkalan Gondai Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan - Riau, terpantau Rabu (20/09/2023). 
Tim gabungan Polsek Langgam melakukan Verifikasi karhutla melalui Darboard Lancang Kuning dan melakukan pemadaman ke lokasi kebun masyarakat. Hal ini disampaikan Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto SH SIK melalui Kapolsek Langgam Iptu Alferdo Krisnata Kaban SH, Kamis (21/09/2023).

Dijelaskan Kapolsek, Muncul Hot Spot pada Dasboard Lancang Kuning ada  terpantau berada di daerah Tapak Kuda Dusun Air Putih Desa Pangkalan Gondai Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan.  Titik Koordinat hotspot
1. 0.109750 N, 101.905290 E.

Tim gabungan Polsek Langgam, respon cepat melakukan kegiatan  verifikasi dan pemadaman di Lokasi Karhutla di desa  Pangkalan Gondai Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan.

Tim Verifikasi Polri Berkoordinasi dengan TNI, BPBD dan RPK PT Nusa Prima Manunggal serta Perangkat Desa dan Masyarakat Peduli Api Desa Pangkalan Gondai, berjumlah 45 Personil. Tim gabungan  melakukan upaya Verifikasi dan Pemadaman di Lokasi Karhutla dengan menggunakan mesin air jenis mini striker sebanyak 3 unit dengan di dukung 15 (lima belas) rol selang dan 10(sepuluh) unit sepeda motor Roda Dua.

Lokasi Hotspot  yang berjarak 35 (tiga puluh lima) kilometer dari kota Kecamatan Langgam yang merupakan lahan gambut yang ditumbuhi semak belukar dengan tekstur tanah juga menjadi salah satu penghalang.  Tim gabungan melakukan pemadaman api yang berada di bawah lapisan tanah gambut. Api sulit diketahui keberadaannya. Namun berkat kesigapan tim gabungan api yang telah membakar areal gambut seluas satu hektar berhasil di padamkan.

Dari hasil verifikasi lahan yang terbakar di duga milik NN warga desa Pangkalan Gondai. Saat ini api di Lokasi Karhutla telah padam, hanya menyisakan asap tipis. Kondisi cuaca yang saat sedang turun hujan dengan Intensitas sedang ikut membantu tim dalam Proses Pemadaman.

Kejadian Karhutla tepatnya di daerah Tapak Kuda Dusun Air Putih Desa Pangkalan Gondai Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan dengan Titik Koordinat : 
1. 0.109750 N, 101.905290 E
Api telah padam dan hanya meninggalkan asap tipis, hal ini dikarenakan cuaca di lokasi karhutla sedang di guyur hujan dengan intensitas sedang namun demikian tim masih bertahan berada di Lokasi karhutla melakukan Pendinginan.

Tim polsek masih melakukan penyelidikan penyebab terjadinya karhutla.  Dengan memasang garis polisi dan dalam waktu dekat pemilik lahan NN akan segera di panggil untuk di mintai keterangannya. ****

Laporan : E Pangaribuan 



Berita Terkait +

Tanggapi Issue Deforestasi dan Kerusakan Lingkungan Hidup, Ini Kata Kapolda Riau

Wisata Pulau Kosiok Menjadi Pusat Liburan Ramah Keluarga..

Diduga Gunakan WIUP & IUP Palsu! Hingga Kini CV Parna Jaya Masih Bebas Beroperasi, Ini Kata Kabid Humas Polda Riau & Kapolres Inhu

Cuti Lebaran Ini Pengunjung Wisata MSB Sei Apit Membeludak, Berikut Pemaparan Camat Wahyudi

Limbah PT GH Diduga Cemari Sungai Seko dan Membuat Ribuan Ikan Mati, Ketua BAnPeR Inhu Angkat Bicara

Diduga Gunakan Data Palsu Dan Masuk Kawasan, CV Parna Jaya Bebas Lakukan Penambangan Liar di Inhu

Warga Desa Tandun Resah, Diduga Limbah PKS PTPN V Sei Tapung Cemari Sungai Tapung

Diduga Tak Ada Izin, Satpol PP Siak Sidak Pabrik Bahan Baku Keramik Yang Beroperasi Di Perawang

Objek Wisata Hutan Air Panas Pendalian Akan di Lakukan Penataan Oleh Pemkab Rohul

Pemprov Riau Minta Pemkab Kuansing Sikapi Cepat Galian C Bodong yang Digerebek Warga

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Buntut Bnyak Sekolah Pungut Duit Siswa, Pj Gubri Diminta Copot Kadisdik Riau

2

Arwin Pindah Hati Dari Alfedri ke Afni di Pilkada Siak 2024

3

Kopi Boi Tawarkan Nobar Seru Indonesia vs Uzbekistan

4

Dua Pelaku Narkoba Diciduk: Barang Bukti Berupa Sabu 5,60 Gram Berhasil Disita

5

Dihadiri Arwin AS, LLMB Deklarasi Dukung Afni di Pilkada Siak

6

Kapolsek Kelayang Ringkus Pengedar dan Bandar Sabu-sabu, Ini Jumlah Barang Buktinya