MENU TUTUP

Pj Bupati Kampar dan DPRD Kampar Tandatangani Nota Kesepakatan KUA-PPAS APBD Tahun Anggaran 2024

Senin, 31 Juli 2023 | 21:04:17 WIB Dibaca : 996 Kali
Pj Bupati Kampar dan DPRD Kampar Tandatangani Nota Kesepakatan KUA-PPAS APBD Tahun Anggaran 2024

Bangkinang Kota, Catatanriau.com | Pj Bupati Kampar H. Muhammad Firdaus,SE,MM dan Pimpinan DPRD Kabupaten Kampar menandatangani Nota Kesepakatan (MoU) Rancangan KUA dan Rancangan PPAS APBD Kabupaten Kampar Tahun Anggaran 2024.

Penandatangan Nota Tersebut berlangsung dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kampar yang disaksikan oleh Anggota DPRD Kabupaten Kampar, Forkopimda serta Insan Pers, yang dilaksanakan di Gedung Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kampar, Senin (31/07/2023).

Dalam Sambutannya Pj Bupati Kampar H. Muhammad Firdaus, SE, MM menyampaikan proses penyusunan APBD di mulai dari proses perancanaan dan proses penganggaran, untuk prose perencenaan telah dilalui, selanjutnya proses penganggaran yang di mulai dari kebijakan umum APBD KUA dan PPAS yang telah di sepakati pada hari ini.

Ia menambahkan pendapatan daerah kabupaten kampar tahun 2024 dalam rancangan KUA dan PPAS di rencanakan sebesar Rp. 2.130.481.158.592, yang terdiri dari PAD sebesar Rp. 284.235.363.660, dan dana transfer sebesar Rp. 1. 846.245.794.932. Pada pembahasan terjadi peningkatan target PAD sebesar Rp. 6.000.000.000, sehingga pendapatan daerah menjadi Rp. 2.136.481.158.592.

"Penambahan pendapatan daerah tersebut secara lansung menambah terhadap target dan indikator  program dan kegiatan, untuk itu penambahan belanja akibat penambahan pendapatan diarahkan untuk pendidikan, kesehatan dan infrastruktur daerah" Tambah Pj Bupati Kampar.

Selanjutnya Pj Bupati Kampar Muhammad Firdaus mengingatkan untuk seluruh Kepala OPD yang mempunyai tugas dalam menggali potensi daerah untuk peningkatan PAD agar membuat langkah strategis dan terukur dalam menggali potensi PAD di kabupaten kampar ini.

Pj Bupati Kampar juga mrnyampaikan terkait Pelaksanaan Prmilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 secara serentak di seluruh indonesia.

Ia mengatakan pendanaan kegiatan pilkada tersebut menjadi salah satu prioritas belanja yang menjadi perhatian pemerintah daerah.

"Untuk mendukung kegiatan tersebut, pada KUA dan PPAS RAPBD tahun 2024 dianggarkan belanja kegiatan yang mendukung Pilkada melalui opd terkait, Kesbangpol dan Satpol - PP, dan untuk mendukung fungsi KPU Kabupaten Kampar selaku penyelenggara, Bawaslu sebagai pengawas serta TNI Polri untuk keamanan telah di alokasikan anggaran pada Bakesbangpol berupa belaja hibah".

"Dan untuk Hibah kepada KPU dan Bawaslu tahun 2024 di anggarkan sebesar 60% dari NPHD yang di sepakati sebagaimana di atur dalam peraturan Mendagri no 54 tahun 2019 tentang pendanaan kegiatan pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah sebagaimana telah diubah dengan permendagri Nomor 41 tahun 2020" Ujar Pj Bupati Muhammad Firdaus.***

Laoran  : Irwan Ocu Bundo

Editor : Idris Harahap 



Berita Terkait +

Jajaran Personil Polsek Minas Patroli & Pantau Penerapan Prokes Covid-19 di Sejumlah Gereja

Bhabinkamtipmas Pulau Muda Lakukan Pengawalan, Vaksinasi di Pastikan Aman dan Lancar

Babinsa Koptu Togi Sitorus Lakukan Pengamanan Pos Pam Angkutan Lebaran Idul Fitri di KM 11 Perawang

Kapolda Riau Buka Pendidikan Latihan Integrasi Dikmaba TNI AD dan Diktukba Polri 2021

Polsek Batang Cenaku Ajak Tariqat Nagsabandiyah Alkholidiya Sukseskan Pemilu Damai 2024

Dengan Warga Binaan di Kampung Sengkemang, Sertu Sahidin Rutin Ajak Patroli Antisipasi Karlahut

Plh. Bupati Bengkalis H Bustami HY : Setiap Rumah Sakit Rujukan Harus Punya Ruang Isolasi

Polsek Kandis Gencar Gelar Giat Ops Yustisi Aman Nusa II, 9 Warga Terciduk Abai Prokes Covid

Antisipasi Penimbunan Terjadi, Polsek Pangkalan Kerinci Lakukan Pengecekan Migor Pelalawan

Kapolres Rohul: Jadikan Subtansi Nuzulul Qur'an, Gapai Ketaqwaan Menuju Polri Presisi

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Dua Pelaku Narkoba Diciduk: Barang Bukti Berupa Sabu 5,60 Gram Berhasil Disita

2

Kapolsek Kelayang Ringkus Pengedar dan Bandar Sabu-sabu, Ini Jumlah Barang Buktinya

3

Lapas Pasir Pengaraian Gelar Upacara Peringatan HBP Ke 60 Tahun 2024

4

Residivis Pencurian Dibekuk Unit Reskrim Polsek Cerenti

5

Pelantikan Pengurus LPAI Rohul: Dedikasi Baru untuk Perlindungan Anak

6

DPC Partai Demokrat Inhu Resmi Buka Proses Penjaringan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati