MENU TUTUP

Gelar Acara Dialog Kebangsaan, Yayasan Bina Unggul Nusa Persada Hadirkan pembicara Mayjen (Purn) Prihadi Agus Irianto

Jumat, 10 Maret 2023 | 20:50:09 WIB Dibaca : 763 Kali
Gelar Acara Dialog Kebangsaan, Yayasan Bina Unggul Nusa Persada Hadirkan pembicara Mayjen (Purn) Prihadi Agus Irianto

PEKANBARU, CATATANRIAU.COM | Yayasan Bina Unggul Nusa Persada Gelar Dialog Kebangsaan Bela Negara Indonesia Bersatu pada hari ini Jumat (10/03/2023) di Hotel Pangeran Kota Pekanbaru.

Dialog Kebangsaan Bela Negara ini di buka oleh Danrem 031/WB yang di wakili oleh Kasrem Kolonel Habzen Sianturi, dan di hadiri oleh sejumlah tokoh masyarakat, kepala sekolah dan elemen kepemudaan.

Acara ini di inisiatori oleh Kapten Infantri Turba Marpaung yang bertujuan untuk meningkatkan rasa nasionalisme antar bangsa.

"Tujuan dari acara ini adalah untuk meningkat rasa nasionalisme antar bangsa," Jelas Kapten Marpaung singkat .

Robert Hendrico Ketua Yayasan Bina Unggul Nusa Persada Dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini untuk mempererat semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

Ia mengatakan untuk saat ini situasi negara masih dalam kondisi aman dan terkendali, namun sebagai warga negara Indonesia perlu mewaspadai adanya gejala-gejala yang akan menghancurkan persatuan dan kesatuan.

“Maka kami dari yayasan ini merasa sangat perlu mengadakan dialog kebangsaan ini yang mana didalam nya terdapat berbagai suku dan agama, serta berbagai kepentingan lainnya,” jelas Robert.

“Intinya bagaimana pun keutuhan NKRI wajib kita jaga bersama, maka dengan itulah tahap awal kita melakukan semangat kebangsaan melalui dialog kebangsaan ini, dan upaya serupa ini juga akan kita lakukan secara berkesinambungan tetapi dengan cara lainnya,” tutupnya.

Pada kesempatan ini, salah satu pembicara Mayjen (Purn) Prihadi Agus Irianto mengatakan persatuan dan kesatuan merupakan sebuah kebutuhan, sedangkan membela negara adalah kewajiban yang harus dijalankan oleh warga negara, karena jika hal tersebut tidak seiring sejalan, akan muncul ancaman baik dari dalam maupun luar.

“Pancasila, Bahasa, Undang-undang dasar (UUD), Bendera merah putih, dan konsep bernegara menjadi satu, yang merupakan elemen pemersatu bangsa. Untuk itu, kita sebagai anak bangsa harus terus bela negara agar kita tetap utuh tanpa perpecahan,” ujarnya.


Ia juga mengatakan ancaman nyata yang sedang menyerang generasi bangsa ini zaman sekarang adalah ancaman terhadap pola pikir.

“Ancaman pola pikir (mindset) melalui gadget (cyber) sangat mengancam kehidupan saat ini, sehingga generasi muda terdistorsi kearah yang menyimpang dan menjauh dari kemerdekaan,” kata mantan Danrem 031/Wira Bima pada masanya.

Ia pun menambahkan, dalam bela negara sebagai anak bangsa perlu menjaga 3 hal agar negara ini tetap utuh, pertama kedaulatan bangsa, kedua keselamatan bangsa dan ketiga keutuhan wilayah NKRI.

Menurut Prihadi, Indonesia ini luas dan beraneka ragam, oleh sebab itu dari sabang sampai marauke jangan terpecah belah.

“Maka sebagai perlu menjalankan bela negara, Kita harus yakinkan bahwa Indonesia tetap sabang sampai merauke enggak boleh keluar dari wilayah itu,” tegas Prihadi.

Untuk diketahui, di zaman serba canggih ini ancaman datang dari mana saja, salah satunya masuk informasi digital berkembang begitu cepat dan mudah diakses siapapun.

Untuk itu Mayjen (purn) Prihadi berharap masyarakat dapat pintar memilah informasi yang benar-benar bermanfaat.

“Bela negara bukan semata angkat senjata, namun memerangi berita hoax merupakan salah satunya. Banyaknya informasi hoax yang bermunculan, hendaknya kita perlu menyaring kebenaran informasi sebelum mensharing (membagi) kepada orang lain, hal ini menghindari perpecahan bangsa,” imbuhnya.(RLS)

Laporan : Janer 



Berita Terkait +

Serda Mayus Maruli Babinsa Koramil 03/Minas Kembali Lakukan Giat Babinsa Masuk Dapur di Minas Timur  

Serka Risman Girsang Babinsa Koramil 03 Minas, Lakukan Kunjungan dan Berikan Bantuan Terhadap Anak Penderita Stunting di Sungai Selodang 

Melalui Komosos, Babinsa Koramil 04/Perawang Serda Deddy.H Ajak Warga Perawang Jaga Kebersihan Lingkungan & Kesehatan

Polres Rokan Hulu Menyembelih Sapi Qurban Sehari Setalah Idul Adha 1441 Hijriah

Berkat Kinerja Tim Gugus Tugas C-19, Rohul Masih Tetap Dalam Setatus Zona Hijau

Pelalawan Zona Merah COVID-19, Wabup Ajak Masyarakat Terapkan Prokes

Pemkab Rohul Gelar Apel Siaga Pasukan Karhalut

Gubri Lantik Kadis ESDM Riau Jadi Pjs Bupati Siak, Gantikan Sementara Alfedri Yang Cuti Pilkada

Aklamasi, Yusuf Situmorang Jadi Ketua Muaythai Pelalawan

Peringati Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-65, Satlantas Polres Siak Gelar Baksos Serentak

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Rapat Pemutakhiran Persiapan Pacu Jalur Kecamatan Cerenti, Pacu Jalur Resmi Dilaksanakan Sebagai Rayon 1 2024

2

Kabag Umum Kemenhukham Riau Kunjungi Lapas Pasir Pengaraian

3

DPC Partai Demokrat Inhu Adakan Halal Bihalal

4

Stand Bazar Kabupaten Siak Diminati Pejabat Lintas Kabupaten dan Pengunjung Rela Antrian

5

PHR Pastikan Produksi Migas Blok Rokan Tetap Produktif, Meski Sempat Diterjang Banjir

6

Operasi TR dan Ketupat LK 2024 Sukses, Kapolres Inhu Terima Penghargaan Kapolda