MENU TUTUP

Pimpin Apel Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXIII, Alfedri Sampaikan Tiga Pesan Mendagri

Kamis, 25 April 2019 | 09:23:42 WIB Dibaca : 2472 Kali
Pimpin Apel Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXIII, Alfedri Sampaikan Tiga Pesan Mendagri

SIAK - Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXIII di Kabupaten Siak yang dilaksanakan dihalaman Kantor Bupati Siak Komplek Tanjung Agung Mempura, dengan melibatkan para peserta upacara dari berbagai unsur daerah diantaranya tokoh masyarakat, PNS dan Honorer, TNI-Polri, Satpol PP dan pelajar, Kamis (25/4/2019) pagi.

Bupati Siak Alfedri selaku pembina upacara, saat membacakan kata sambutan Menteri Dalam Negeri mengatakan pelaksanaan otonomi daerah membawa perubahan signifikan bagi daerah. Setidaknya kata dia, ada tiga hal perinsip yang berubah drastis setelah diberlakukannya kebijakan desentralisasi dan otonomi.

"Tiga hal prinsip yang berubah secara drastis setelah diberlakukannya kebijakan desentralisasi dan otonomi daerah itu adalah. Pertama, otonomi daerah secara nyata telah mendorong budaya demokrasi di tengah-tengah kehidupan masyarakat," sebutnya. 

Otonomi daerah juga disebutkan mampu memberikan nuansa baru dalam sistem pemerintahan daerah, dari sentralistik birokratis ke arah desentralistik partisipatoris, dengan tetap berada dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Kedua, otonomi daerah telah menumbuhkembangkan iklim kebebasan berkumpul, berserikat serta mengemukakan pikiran secara terbuka bagi seluruh masyarakat. Dengan demikian, masyarakat dapat berpartisipasi secara aktif untuk turut serta membangun daerahnya," kata Alfedri. 

Ketiga, dengan desentralisasi yang telah berjalan selama ini, maka berbagai kebijakan yang menyangkut kepentingan masyarakat, tidak Iagi harus melalui proses panjang dan berbelit-belit, tetapi menjadi sangat efisien dan responsif.

"Di era otonomi saat ini pelaksanaan pemerintahan dilakukan dengan berbagai kebijakan yang menyangkut kepentingan masyarakat, tidak Iagi harus melalui proses panjang dan berbelit-belit, tetapi menjadi sangat efisien dan efektif," jelasnya. 

Untuk itu kata Alfedri, daerah dituntut mampu meningkatkan daya saing dengan memperhatikan prinsip demokrasi, pemerataan, keadilan, keistimewaan, kekhususan serta potensi keanekaragaman daerah.

Melalui kebijakan desentralisasi, pemerintahan daerah telah diberikan kewenangan yang lebih luas dalam mengelola dan menggarap potensi ekonomi yang ada di daerah. Dengan demikian, maka berbagai aktivitas ekonomi di daerah dapat bertumbuh dengan pesat.

Usai pelaksanaan apel otonomi daerah Bupati Siak bersama forkompinda Siak melakukan Pembacaan Deklarasi Pasca Pemilu 17 April lalu dengan tujuan terwujudnya susana yang aman, nyaman serta kondusif ditengah-tengah lingkungan masyarakat Kabupaten Siak. 

 



Berita Terkait +

Kopda Salomo Sembiring Ikuti Giat Verifikasi Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi di Kelurahan Minas Jaya 

H Alfedri Ajak Masyarakat Siak Perkuat Fungsi Keluarga, Sempena Harganas 2019

Unit Binmas Polsek Minas Rutin Lakukan Pengecekan & Sosialisasi Guna Antisipasi PMK 

Paripurna Istimewa DPRD Kampar Hari Jadi Kabupaten Kampar Ke-73 Tahun 2023, Pj. Bupati Kampar : Kampar Makin Maju dan Terbilang

AKP DA Simangunsong Pimpin Personil Polsek Minas Giat Percepatan Vaksinasi Covid-19

Swalayan Makmur Kandis Gelar Buka Puasa Bersama

Duh Lagi-lagi Masyarakat Keluhkan Proses Ganti Rugi Limbah di Lahannya, Nego PT CPI Terkesan Sepihak

Dari total 1,488 Triliyun Dana Transper Pusat ke Siak baru 77 % terrealisasi

Gunting Pita Tandai Pembukaan Bazaar Bagholek Godang Festival 2022 Kabupaten Kampar 

Lebih Dekat dengan Masyarakat, Kapolres Siak Dengarkan Keluhan Warga

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Perdana Jadi Pembina Apel Gabungan  Pj. Bupati Kampar Muhammad Firdaus SE.MM Tegaskan : Tingkatkan Disiplin Kerja, Profesional, Laksanakan Pekerjaan Sesuai Aturan

2

Polisi Berhasil Ungkap Peredaran Pupuk Palsu di Riau, Dua Tersangka Diamankan

3

Bhabinkamtibmas Polsek Kemuning Polres Inhil Laksanakan Problem Solving Warganya

4

Dukung Peningkatan Profesionalisme Wartawan, PHR Raih PWI Riau Award 2023

5

Ketua KNPI Riau Sorot Penyidik Ditreskrimsus, Larshen Yunus: Plt Bupati Kuansing Segera Kami Laporkan!

6

Jelang Idul Adha, Petugas Mulai Periksa Kesehatan Hewan Qurban di Riau