MENU TUTUP

Sumur Minyak PT BSP Meledak! Satu Pekerja Dikabarkan Tewas Empat Lainnya Luka-luka!

Selasa, 31 Januari 2023 | 17:10:36 WIB Dibaca : 1869 Kali
Sumur Minyak PT BSP Meledak! Satu Pekerja Dikabarkan Tewas Empat Lainnya Luka-luka! Pihak Kepolisian Polres Siak Saat Melakukan Pengecekan TKP ledakan sumur minyak PT BSP

SIAK, CATATANRIAU.com | Pipa sumur minyak yang sudah tidak aktif milik BUMD PT Bumi Siak Pusako (BSP) di areal Bekasap 02, Kampung Dayun, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, Riau meledak, mengakibatkan satu pekerja meninggal dunia dan empat orang pekerja lainnya luka ringan.

Dari keterangan Polres Siak, kecelakaan kerja tersebut terjadi Kamis (26/1/2023) pekan lalu. Saat ini pihak kepolisian tengah melakukan penyelidikan terkait kejadian itu.

"Tim Satreskrim Polres Siak sudah menyelidiki dan cek TKP di sana," ucap Kepala Polres Siak, AKBP Ronald Sumaja menjawab Wartawan, Selasa (31/1/2023).

Dari hasil penyelidikan, lanjut Ronald, korban yang meninggal dunia diketahui bernama Anton (36) asal Kecamatan Sungaiapit, Siak. Polisi juga mengamankan sejumlah barang yang digunakan korban saat kejadian dan memasang garis polisi (police line) di TKP.

Kronologi kejadiannya, pekerja saat itu akan mengambil gate valve dari pipa minyak di sumur yang sudah tak aktif di Bekasap 02 Dayun, pipa itu akan digunakan dan dipindahfungsikan ke pipa sumur yang masih aktif.

Pekerja memotong pipa tersebut dengan las pemotong sehingga memicu ledakan karena diduga masih adanya sisa gas di dalam tabung pipa.

Terpisah, Sekretaris Perusahaan (Sekper) PT BSP, Riki Hariansyah membenarkan kejadian tersebut. Dia menerangkan pekerja yang menjadi korban merupakan pekerja dari mitranya yaitu PT Daya Tama Pola Nusantara.

Riki kemudian mengirim pesan terusan dari Humas SKK Migas Sumbagut, yang menyatakan bahwa kejadian tersebut bukan ledakan sumur melainkan ledakan dari fasilitas pipa yang sudah tak dipakai di Area Bekasap 02 Dayun saat kegiatan pemeliharaan rutin dan pemanfaatan aset.

Kejadian terjadi saat mau dibukanya dam valve yang tersambung dengan pipa tersebut, masih ada gas hydrocarbon yang masih terperangkap di dalam tabung pipa.

"Total empat korban, bukan lima. Tiga korban luka ringan dan satu meninggal setelah mendapat perawatan di RS Awal Bros, sedangkan korban luka sudah ditangani dengan baik," kata Riki.

Saat ini sedang dilakukan proses pengecekan dan investigasi detail penyebab kejadian. SKK Migas Sumbagut dan PT BSP terus memonitor perkembangan lebih lanjut sampai hasil investigasi para pihak diperoleh.***

 

Laporan : Idris Harahap

Sumber : Cakaplah



Berita Terkait +

Dua Ekor Sapi Warga Rantau Bertuah Minas Diduga Dimangsa Harimau, Kapolsek: Benar Kejadiannya!

Dampingi Warganya, Penghulu Kayu Ara Permai Datangi Mapolsek Sei Apit Akibat Cekcok Maslah Lahan

Kecelakaan Maut Truck Tangki CPO Tabrak Rumah, Satu Tewas

Akhirnya Akses Jalan Menuju Sekolah di Perawang Yang Ditutup Sejak 2020 Kembali Dibuka

Kapolres Inhil langsung turun mencari Korban Kecelakaan SB Evelyn Calisca

Warga Terbangiang Tutup Akses Truck PT Arara Abadi

Jalan Buton Siak Ambalas, Warga Sei Apit Berang Hentikan & Tahan Mobil Cangkang Yang Melintas

Heboh! Warga Rimbo Panjang Temukan Bayi Tewas Dalam Tas Dipinggir Jalan 

Gerak Cepat, Kapolsek Tualang Dan Jajaran Berikan Bantuan Sembako Kepada Para Korban Kebakaran

Seorang Wartawan Di Aniaya Saat Hendak Melakukan Peliputan Laka Lantas

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Satres Narkoba Polres Inhu Ringkus Pengedar 4,46 gram Sabu di Kecamatan Lirik

2

Serah Terima Konstruksi Tepat Waktu, PT Adhi Jalintim Riau Resmi Memulai Masa Layanan

3

Founder RiaL: Pekanbaru Cermin Kemajuan Riau, saatnya Dipimpin Pemuda

4

Revolusi Digital: Tantangan dan Peluang Bagi Pekerja di Era Modern

5

Musrenbang RPJPD, H.Sukiman: Rohul Sudah Persiapkan RPJPD 2025-2045

6

SMPN 3 Batang Gansal Diduga Kutip Uang Perpisahan Rp 450 Ribu, Ketua LSM LAI Minta Bupati Beri Teguran Keras Kepada Kadisdikbud