MENU TUTUP

Sekat Kanal Efektif Tekan Karhutla diKabupaten Siak

Sabtu, 23 Februari 2019 | 09:44:24 WIB Dibaca : 2767 Kali
Sekat Kanal Efektif Tekan Karhutla diKabupaten Siak

 

Kepala Staf Kantor Kepresidenan RI Moeldoko dan Kepala BRG RI Nazir Foead mengunjungi Kabupaten Siak Jumat siang (22/3/19), untuk melihat secara langsung perkembangan program kerja Badan Restorasi Gambut (BRG RI) yang telah berjalan di Dusun II Jaya Mukti sabak Auh.


Turut hadir sejumlah pejabat penting dilingkungan Pemprov Riau dan Pemkab Siak, bersempena kunjungan kerja tersebut, diantaranya Gubernur Riau H.  Syamsuar dan Plt. Bupati Siak H. Alfedri beserta sejumlah pimpinan OPD terkait. 


"Siak salah satu daerah target BRG RI dalam melakukan restorasi gambut. Dalam hal ini BRG tidak saja memperbaiki ekologi, tapi juga berupaya memberikan dampak ekonomis bagi masyarakat Kabupaten Siak yang berada disekitar lokasi lahan gambut" kata Alfedri usai melakukan peninjauan bersama rombongan. 


Pemerintah Kabupaten Siak kata Alfedri sangat mendukung langkah restorasi lahan gambut, misalnya melalui program Masyarakat Peduli Api (MPA) yang sudah berjalan di Siak, demikian juga upaya untuk membuat sekat-sekat kanal. Selain itu, masyarakat juga diberikan sosialisasi dampak bahaya kebakaran hutan dan lahan. 


"Salah satu manfaat lain yang dirasakan dari program sekat kanal adamya kreatifitas masyarakat untuk mengelola kawasan gambut menjadi objek agrowisata. Selain  itu lahan gambut yang terjaga agar tetap basah juga dapat ditanami masyarakat dengan komoditas yang cocok di atas lahan gambut" jelasnya. 


Kepala BRG Nazir Foead dikesempatan yang sama menyebut pembuatan sekat kanal berdasarkan tinjauan lapangan terbukti efektif dalam menekan karlahut dan percepatan program restorasi lahan gambut.


"Alhamdulillah 91 persen sebaran titik panas itu, berada jauh di radius 2 kilometer dari sekat kanal, hal itu mengindikasikan bahwa sekat kanal dan sumur bor cukup efektif untuk mencegah karhutla" kata Nazir. Presiden Joko Widodo kata dia, telah menugaskan BRG untuk memaksimalkan langkah antisipasi karhutla di Riau.


"BRG kedepan akan mengajak tokoh masyarakat dan agama untuk menyampaikan pesan akan bahaya karhutla. Demikian pula dengan para stakeholder terutama dunia usaha, melalui Kementerian Perekonomian dan persetujuan KLHK. Perusahaan akan ikut dilibatkan menangani karhutla dan pembasahan gambut hingga radius tiga sampai lima kilometer dari konsesi" terangnya.


Usai meninjau sekat kanal di Dusun II Jaya Mukti sabak Auh, rombongan Kepala Staf Kantor Kepresidenan RI Moeldoko, Kepala BRG RI Nazir Foead, Gubernur Riau Syamsuar, beserta Plt Bupati Siak Alfefri bertolak menuju Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis, dalam rangka silaturrahmi dan temu bicara serta penyaluran bantuan pangan Rastra 2019.



Berita Terkait +

Koptu Roni Panjaitan Gelar Patroli Dan Sosialisasi Di Wilayah Binaan

Pelantikan IMPPEN Tembilahan Langkah Awal Memajukan Kecamatan Enok

Wajib Gunakan Masker Dan Cek Kesehatan, Itu Ujar Bustami

Pelda Ramli Nasution dan Serda L.Syahdanur Bersama Warga Binaan Giat Penanggulangan Karhutla Dengan Cara Berpatroli di Kelurahan Perawang

HUT RI Ke - 78, Bupati Ajak Semua Pihak Bersama Membangun Kabupaten Siak

Dipimpin AKP DA Simangunsong Jajaran Polsek Minas Secar Continue Giat Percepatan Vaksinasi Covid-19

Polres Rohul Gelar Acara Pisah Sambut Kapolres Yang Lama Dengan Kapolres Yang Baru

Polsek Kerumutan Pasang 5 Plang Himbauan Larangan Karhutla

Pertajam Program Prioritas Pembangunan, Pemkab Taja Musrenbang RKPD.

Keluarga Besar PWI Pelalawan Bukber Dengan Forkopimda dan Mitra Kerja

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Plt Bupati Kepulauan Meranti H.Asmar Cepat Tanggap Pasca Ambruknya Jembatan Panglima Sampul Sungai Perumbi

2

Pemkab Rohul Terima Dana APBN Rp 4,6 Miliar Untuk Revitalisasi Danau Purieh

3

Desak Pj Bupati, GMNI 'Seruduk' Kantor Bupati Inhil

4

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, RSUD Kabupaten Rohul Adakan FKP

5

Miliki Sabu, Mencret Diringkus Polsek Pasir Penyu, Barang Bukti Capai 3,55 Gram

6

Puskesmas Minas Gandeng Dinsos Dan Disdukcapil Siak Sosialisasikan Program UHC & ILP Serta Teken Komitmen Kesepakatan Bersama