MENU TUTUP

Hari Ini CPNS di Kabupaten Siak Ikuti Pelatihan Dasar, Begini Pesan Jamaluddin

Senin, 18 Juli 2022 | 21:08:21 WIB Dibaca : 855 Kali
Hari Ini CPNS di Kabupaten Siak Ikuti Pelatihan Dasar, Begini Pesan Jamaluddin

SIAK, CATATANRIAU.com | Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Siak, Jamaluddin menyampaikan pelatihan Dasar CPNS memiliki peran strategis dalam membentuk karakter PNS yang mampu bersikap dan bertindak profesional.

"Bagi CPNS usai mengikuti latihan dasar ini, saya berharap PNS lebih profesional, berkarakter dalam melaksanakan tugas dan jabatannya," kata dia saat membuka pelatihan dasar (Latsar) CPNS Golongan II dan III Formasi Umum Tahun 2021, dan Lulusan Pola Pembibitan (Polbit) STTD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Siak Tahun Anggaran 2022, bertempat di Ruang Rapat Raja Indra Pahlawan (Lt.II Kantor Bupati Siak), Senin (18/7/2022).

Lanjutnya, PNS sebagai pelayan masyarakat, juga merupakan aset negara sebelum terjun bekerja kompetensi, dan sdmnya perlu dikembangkan.

" Nilai-nilai dasar BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) dasar penguatan budaya kerja di instansi Pemerintah untuk mendukung pencapaian kerja individu dan instansi," sebut Jamal.

Kepala BPSDM Provinsi Riau Asrizal mengatakan, dalam Undang-undang nomor/05/2014 ada tiga tugas fungsi ASN. Diantaranya, melaksanakan kebijakan publik, pelayanan publik, serta perekat dan pemersatu bangsa.

"Kita menyadari bahwasanya untuk mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsi tersebut, maka kepada CPNS diperlukan pembekalan atau adaptasi terhadap tugas pokok dan fungsi ini. Menyadari itu lah, maka Lembaga Tim Negara menepatkan seseorang CPNS untuk diangkat menjadi PNS, diwajibkan mengikuti pelatihan dasar CPNS," terangnya. 

Senada juga diungkapkan Kepala BPKSDMD Kabupaten Siak Zulfikri menjelaskan, Pelatihan Dasar CPNS tujuannya untuk mengembangkan kompetensi peserta. Yang dilakukan secara terintegrasi antara pelatihan klasikal dengan non klasikal.

"Menjadi ASN sekarang ini tidak cukup loyal pada pimpinan, pandai komputer saja, namun lebih dari itu para ASN dituntut memiliki skil, inovasi dan yang terpenting berahlak," kata dia.

Latsar CPNS itu, diikuti 73 orang peserta hasil seleksi pengadaan CPNS Tahun 2021 sejumlah 72 orang dan 1 orang lulusan Polbit STTD. Peserta CPNS golongan III 47 orang, dan golongan II 26 orang, diantaranya tenaga kesehatan 43 orang dan 30 lainnya tenaga teknis diberbagai perangkat daerah dilingkungan Pemkab Siak.(rls/Aya)


Laporan : Idris Harahap



Berita Terkait +

Polresta Pekanbaru Lakukan Pengecekan Distributor Minyak Goreng Antisipasi Penimbunan

DAMRI Tidak Lagi Lintasi Wilayah Kecamatan Kandis, Berikut Penjelasan Dinas Perhubungan

BKAD Kecamatan Tambusai Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas BUMDes Tahun 2022

AKBP Sigit Adiwuryanto Tinggalkan Bengkalis

Pilkada Serentak 2020, Berikut Ini Persiapan Yang Dilakukan Oleh Pemkab Siak

Serma Benriyadi dan Serka Alif Lakukan Pengamanan Ibadah di Gereja Dalam Rangka Perayaan Tahun Baru 2023

Antisipasi Tindak Kejahatan, Kapolsek Minas AKP Wan Mantazakka SH MH Beserta Personil Lakukan Patroli Jalan Kaki di Pasar Minas

Jaga Keamanan Lingkungan di Wilayahnya, Polsek Pangkalan Lesung Patroli Cegah C3

Respon Cepat Polres Rohul Terhadap Kondisi Banjir Di Kecamatan Rambah

Jelang HUT RI ke-75, Polres Kampar Berikan Bendera Merah Putih Bagi Beberapa Warga Kurang Mampu

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Rapat Pemutakhiran Persiapan Pacu Jalur Kecamatan Cerenti, Pacu Jalur Resmi Dilaksanakan Sebagai Rayon 1 2024

2

Kabag Umum Kemenhukham Riau Kunjungi Lapas Pasir Pengaraian

3

DPC Partai Demokrat Inhu Adakan Halal Bihalal

4

Stand Bazar Kabupaten Siak Diminati Pejabat Lintas Kabupaten dan Pengunjung Rela Antrian

5

PHR Pastikan Produksi Migas Blok Rokan Tetap Produktif, Meski Sempat Diterjang Banjir

6

Operasi TR dan Ketupat LK 2024 Sukses, Kapolres Inhu Terima Penghargaan Kapolda