MENU TUTUP

Bupati H Zukri Tinjau Spot Banjir 'Bank Mega' Pangkalan Kerinci Kota

Selasa, 28 Juni 2022 | 18:29:01 WIB Dibaca : 1043 Kali
Bupati H Zukri Tinjau Spot Banjir 'Bank Mega' Pangkalan Kerinci Kota Bupati Pelalawan H Zukri meninjau Spot titik banjir Pangkalan Kerinci, Senin 27 Juni 2022

PELALAWAN, CATATANRIAU.com | Bupati Pelalawan H Zukri meninjau Spot titik banjir Pangkalan Kerinci. Peninjauan spot banjir bersama rombongan pejabat itu mulai depan Bank Mega sampai ke simpang BTN Lama Pangkalan Kerinci Kota langganan banjir. Rombongan Bupati Zukri mengecek saluran drainase yang tergenang air sampai ke jalan Simpang BTN Lama. Didampingi Kasatpol PP Pelalawan Tengku Junaidi, Kadis PUPR Pelalawan Joko Sutiardi, Kadis DLH Eko Novitra dan rombongan lainnya, Senin (27/6/2022).

Bupati Pelalawan H. Zukri mengatakan bahwa dirinya bersama rombongan tengah meninjau drainase yang ada di Pangkalan kerinci. Pasalnya, semua drainase yang ada di Jalan Lintas Timur ini akan dibongkar. Pembongkaran ini untuk mencari titik outlet sekaligus titik pembuangan.
"Jadi temuannya seluruh drainase yang ada di Pangkalan kerinci ini kan sudah terisi dengan tanah. Ini kita sudah mulai pengerjaannya, sekitar 300 meter, kiri-kanan Jalan dan akan kita lanjut terus sampai Simpang Kualo. Jadi tanah-tanah dibongkar, dibersihkan, seluruh drainase kita bersihkan," katanya.

Disinggung  banjir  di depan Bank Mega,  "Bank Mega itu merupakan salah satu spot banjir yang kerap terjadi di Pangkalan kerinci. Ini spot banjir salah satunya kan di sini dan efeknya sampai ke belakang. Kalau depan Bank Mega sampai ke BTN Lama. Kita harus mempersiapkan solusinya apakah offline atau lainnya. Kalau memungkinkan akan dibuatkan waduk, tapi harus mengumpulkan dulu para pemilik tanah. Dan spot-spot yang lain kan masih ada," bebernya.

Menurut Bupati, pada intinya di daerah ini kan hulu. Disaat hulu banjir, di hilir sana tak ada outletnya hingga tak ada penampung air. Buangannya tak ada, mentok semua. Tapi harus diselesaikan hulu terlebih dahulu sehingga minimal hulu-nya bisa menampung debit yang ada. Hingga bisa mengurangi banjirnya.

Karena kalau sampai hilir kan programnya perlu waktu dan perlu biaya. Karena kalau sampai hilir harus tuntas. Inikan kita bongkar semua dari nol. Artinya, hulu yang ada ini kita maksimalkan dulu jadi dia bisa nampung debit air. Kalau kedalaman drainase ini 1,5 m lebih dengan lebar 3 meter, sudah bisa menampung debit air. Jadi drainase yang tengah dikerjakan Kementerian PUPR melalui BPJN ini sudah bisa menampung air jika hujan-hujan tidak terlalu panjang. Sementara itu dulu solusinya sambil kita mempersiapkan buangannya," ungkapnya.

Diakui oleh Bupati yang juga Ketua PDIP Riau ini bahwa ada kendala di Jalan Lintas Timur ini karena jalan tersebut merupakan kewenangan nasional. Jadi kalau mau dibongkar pun harus mendapat izin dari nasional. Kemarin disepakati jika Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) akan membantu 300 meter dulu, selanjutnya nanti akan dibongkar.
Ditempat yang sama, Kadis PUPR Pelalawan, Joko Sutiardi ST, menambahkan bahwa saat ini joint survey antara Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) dan Tim Satgas Banjir Pelalawan dilakukan penanganan cepat guna normalisasi drainase di Jalan Lintas Timur.
"Dan pekerjaan itu dibagi menjadi 2 pekerjaan utama, yakni penanganan oleh BPJN yaitu sisi depan Bank Mega sepanjang 300 m dimulai dari lampu merah ke arah Bank Mega, dan sisi depan Mandiri Swalayan sepanjang 200 m dimulai dari lampu merah ke arah Mandiri Swalayan," katanya.
Ditambahkannya, penanganan yang kedua dilakukan oleh tim satgas banjir Pelalawan yang akan melanjutkan di sisi Bank Mega dan Mandiri Swalayan sepanjang kurang lebih 5 Km, kanan-kiri jalan sampai di depan Grand Hotel. Penanganannya dengan membuka setiap lobang kontrol yang emula lingkaran akan dibesarkan menjadi mainhole persegi panjang ukuran 2x5m² yang rencananya akan dimulai minggu ini, dengan memakai alat dari BPJN dan alat dari Dinas PUPR Pelalawan.****


Laporan : E Pangaribuan



Berita Terkait +

Dinilai Berhasil Menekan Penularan Covid-19, Darbi SAg Terima Reward Dari Kapolsek Minas

Prajurit dan PNS Jajaran korem 031/WB Ikuti Bimtek Tata Cara Pelaporan SPT Tahunan Pajak

Babinsa Koramil 04/Perawang Kembali Ingatkan Warga Binaan di Perawang Barat Agar Jaga Kebersihan Lingkungan & Kesehatan 

Polsek Minas Sambangi Warga Minas Barat, Ini Sejumlah Keluhan Warga Saat Giat Rutin Jumat Curhat Diadakan

AU-PP Gelar Aksi Unjuk Rasa Terkait Adanya Uang YPRH Untuk Kepentingan Pribadi

DPP LSM LPPDM Minta Mendikbud RI & Disdik Kampar Segera Beri Sangsi Kepada Oknum Guru SD 024 Petapahan Jaya

Giat Komosos, Serda Sugiarto Sosialisasikan Bahaya Karhutla Dan Cara Mengantisipasinya Kepada Warga di Rantau Bertuah

Personil Polsek Kampar Kiri Patroli dan Pengamanan Logistik Sekaligus Cooling System

Sempena Milad Inhil Ke-56 & Hari Kesatuan Gerak PKK Inhil 2021,Organisasi Wanita Gelar Vaksinasi

Dapat Bantuan Perobatan Dari Kapolda, Warga Siak Penderita Tuberculose Tulang : Masih Banyak Polisi Baik di Republik Ini

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Satu Perwira Polres Inhu Naik Pangkat Pengabdian, Dua Bintara Dipecat

2

Satres Narkoba Polres Inhu Ringkus Pengedar 4,46 gram Sabu di Kecamatan Lirik

3

Serah Terima Konstruksi Tepat Waktu, PT Adhi Jalintim Riau Resmi Memulai Masa Layanan

4

Daftar Pertama, Dr.Afni: Saya Kader Nasdem

5

Founder RiaL: Pekanbaru Cermin Kemajuan Riau, saatnya Dipimpin Pemuda

6

Revolusi Digital: Tantangan dan Peluang Bagi Pekerja di Era Modern