MTQ Ke-3 Tingkat Desa Sungai Kumango Dibuka Secara Resmi Oleh Wabup Rohul

Kamis, 10 Maret 2022 - 08:17:58 WIB
Share Tweet Google +

ROHUL, CATATANRIAU.com | Wakil Bupati (Wabup) Rokan Hulu (Rohul), H Indra Gunawan buka secara resmi MTQ ke-3 tingkat Desa Sungai Kumango, Kecamatan Tambusai, Rohul Tahun 2022, Rabu (09/03) sekira pukul 14.00 WIB. 

 

Selain agenda pembukaan MTQ ke-3 Tingkat Desa Sungai Kumango, Wabup Indra Gunawan juga melakukan pengukuhan pengurus Muslimat NU dan Fatayat NU Tahun 2022.

 

Dalam pantauan awak media, Dengan menggunakan berbagai jenis pakaian profesi dan adat, masyarakat serta pelajar Desa Sungai Kumango tampak bersemangat mengikuti pawai semarak pembukaan MTQ ke-3 tingkat Desa. 

 

Diakui Wabup, MTQ telah ada di Indonesia sejak 1940-an, tepatnya sejak berdirinya jJami'iyyatul qQurro Wal hHuffadz oleh Nahdlatul Ulama, Ormas terbesar di indonesia saat ini. 

 

"Bahkan saat itu, MTQ telah dilembagakan secara Nasional, dan MTQ pertama diselenggarakan di kota Makassar pada bulan Ramadhan tahun 1968 dan kala itu hanya memperlombakan tilawah dewasa saja," Jelas Wabup. 

 

Lanjut Wabup, adapun tujuan awal diadakannya MTQ adalah untuk mendekatkan jiwa umat Islam kepada kitab suci dan meningkatkan semangat membaca, mempelajari, serta mengamalkan Al-Qur’an.

 

"Ini sesuai dengan arti kata MTQ itu sendiri, yaitu tujuan yang baik. sedangkan Musabaqah memiliki makna saling mendahului, saling berpacu, adu kecepatan atau balapan. musabaqah juga berarti perlombaan, kompetisi, kontes. sehingga apabila kita artikan, MTQ merupakan bentuk lomba untuk mencapai kebaikan," Jelas Wabup. 

 

Pria yang akrab disapa Ujang Lurah itu juga mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu, dia berharap ajang MTQ ke-3 tingkat Desa Sungai Kumango Kecamatan Tambusai tahun 2022 ini mampu melahirkan qori dan qori’ah yang handal, dan mampu meraih prestasi yang bisa mengharumkan nama daerah. 

 

Terhadap pengurus muslimat NU dan Fatayat NU ranting Desa Sungai Kumango yang baru dilantik, Wabup berharap dapat menjadi pengurus ranting muslimat NU dan Fatayat NU yang mampu memberikan kontribusi dan turut berpartisipasi dalam pembangunan Desa Sungai Kumango kedepan.

 

"Kami mengucapkan selamat melaksanakan MTQ ke-3 kepada Pemerintah dan seluruh masyarakat Desa Sungai Kumango, semoga MTQ kali ini memberikan motivasi bagi kita semua untuk lebih mencintai alqur’an," pungkas Wabup. 

 

Masih ditempat yang sama, Kepala Desa Sungai Kumango Alihusin Hasibuan menjelaskan MTQ ke-3 Tingkat Desa Sungai Kumango juga merupakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Desa Sungai Kumango yang ke-45 Tahun. 

 

"Desa Sungai Kumango mekar dari Desa Tambusai Barat pada Tahun 1977 dengan kata lain pada Tahun ini usia Desa ini sudah menginjak 45 Tahun," Jelasnya.

 

Kades Ali juga mengakui bahwa pada saat ini percepatan Vaksinasi dosis I di Desa Sungai Kumango telah tercatat sebanyak 92,85 persen, itu semua berkat kerjasama yang baik dari seluruh stakeholder dan Masyarakat Desa Sungai Kumango.

 

"Melalui MTQ ke-3 tingkat Desa Sungai Kumango ini, kita berharap, kita semua diberikan barokah, kesehatan, saling bersinergi dalam memajukan Kabupaten Rokan Hulu, seperti halnya Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hulu," Pungkas Kades Ali.***


E.S Nst



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex