Rohul Kedatangan Tamu agung, Yakni:Tuan Guru Syekh Dr Zikmal Fuad MA

Jumat, 04 Maret 2022 - 08:07:38 WIB
Share Tweet Google +

ROHUL, CATATANRIAU.com | Masyarakat Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) kedatangan tamu Agung dari Babussalam Langkat Sumatera Utara (Sumut) yakni Tuan Guru Syekh Dr Zikmal Fuad MA. Cicit Pertama Syekh Abdul Wahab Rokan ini dalam agenda balik kampung, selain menjalin silaturahmi, juga mengisi kegiatan keagamaan di Negeri Seribu Suluk.

 

Seperti pada Kamis (03/03/2022), Tuan Guru Besilam Babussalam Langkat Syekh Dr Zikmal Fuad MA menghadiri Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW Tahun 1443 H di tanah kelahiran Syekh Abdul Wahab Rokan, di Madrasah Suluk Syekh Abdul Wahab Rokan, Desa Rantau Binuang Sakti, Kecamatan Kepenuhan, Rohul-Riau.

 

Dalam Majelis yang penuh berkah ini, turut juga dihadiri Bupati Rohul H. Sukiman yang diwakili Asisten II Setda Rohul Drs H. Ibnu Ulya M.Si, serta dihadiri Pejabat Eselon II, Kepala Bappeda Rohul Drs Yusmar M.Si, Asisten I H. Fhatanalia Putra, Plt Kadishub Rohul Minarli SP, Plt Kadis DPMPD Rohul Prasetyo serta Sekretaris dan Kabid Budaya.

 

Selain itu, Camat Kepenuhan Gustia Hendri S.Sos dan Upika Kepenuhan, Kepala Desa se Kepenuhan, para Mursyid, Khalifah dan Jama’ah Tareqat Nasqsabandiyah dari seluruh penjuru Rohul.

 

Diawal kegiatan, Camat Kepenuhan Gustia Hendri dalam sambutannya menyampaikan bahwa Surau Suluk Syekh Abdul Wahab Rokan di Desa Rantau Binuang Sakti di bangun sejak tahun 2019. Rumah Suluk ini memang belum selesai pembangunannya, tetapi dengan tekad yang kuat, Ia optimis Pemkab berupaya menyelesaikan Pembangunan Surau Suluk ini.

 

“Karena pak Bupati telah berkomitmen waktu Haul tahun 2021 lalu, beliau berupaya untuk menyelesaikan pembangunan surau suluk ini di masa kepemimpinannya,” terang Camat Kepenuhan.

 

Camat juga meminta Doa kepada Tuan Guru Besilam Babussalam Langkat yang baru pertama kali hadir di tanah kelahiran Sufi Asia tenggara tersebut dan ribuan Mursyid yang menghadiri acara tersebut, karena ini menyangkut dengan kepentingan dan hajat masyarakat.

 

“Surau suluk ini adalah milik kita semua, bukan milik Desa Rantau Binuang Sakti atau Kecamatan Kepenuhan saja. Untuk itu mari bersama kita manfaatkan dan fungsikan untuk acara keagamaan,” ajak Camat.

Sementara itu, Asisten II Drs H. Ibnu Ulya M.Si mewakili Bupati Rokan Hulu H. Sukiman, di hadapan Tuan Guru dan Mursyid, Ia menyampaikan permohonan ma’af Bupati H. Sukiman karena pada waktu yang bersamaan tidak bisa mengikuti majelis yang penuh berkah ini, karena ada agenda yang tidak dapat ditinggalkan.

 

“Untuk itu Bupati Rohul Pak H. Sukiman menyampaikan salam dan ma’af kepada Tuan Guru Babussalam Langkat Dr Zikmal Fuad MA, para Mursyid, Khalifah dan ribuan jamaah Tareqat Naqsabandiyah,” kata Ulya.

 

Lanjut Ibnu Ulya, pada prinsipnya Pemkab Rokan Hulu tetap mensupport dan mendukung pelaksanaan dan pengembangan kegiatan Suluk di Rokan Hulu sesuai dengan julukan daerah “Negeri Seribu Suluk”. Support atau dukungan tersebut bukan hanya secara kegiatan saja. Tapi melainkan juga pembangunan fisik seperti pembangunan Surau Suluk ini.

 

“Pembangunan Surau suluk ini sebagaimana yang pernah di utara kan Bupati secara langsung pada acara milad tahun lalu. Bahwa Bupati berjanji akan melaksanakan penyelesaian pembangunan Surau Suluk ini di masa kepemimpinannya,” ujarnya.

 

“Tapi karena kondisi dimasa Pandemi Covid-19 ini masih berlangsung. Mudah-mudahan kedepan kita akan dapat merealisasikannya dan sekaligus mohon do’a tuan guru dan mursyid serta kita semua. Semoga apa yang kita cita-citakan akan dapat terealisasi, khususnya penyelesaian pembangunan surau suluk Syekh Abdul Wahab Rokan di Rantau Binuang sakti ini,” harapnya.

 

Kemudian Tuan Guru Babussalam Syekh Dr. Zikmal Fuad MA sebelum mengisi ceramah Isra’ Mi'raj, Tuan Guru Babussalam Syekh Dr. Zikmal Fuad MA menyerahkan SK perwakilan Tuan Guru Besilam Langkat untuk Wilayah Kabupaten Rokan Hulu kepada Khalifah H. Ashari Nurdin.

 

Dilantiknya Kh H. Ashari Nurdin setelah melalui Musyawarah Mufakat seluruh Mursyid, Kholifah dan jamaah Thariqat Naqsyabandiyah se Rokan Hulu, yang dilaksanakan di Madrasah Suluk Hidayatussalikin Kota Tengah, Kepenuhan, Selasa (01/03/2022) lalu.

 

Dalam uraian tausiahnya, Tuan Guru Babussalam Langkat Dr Zikmal Fuad MA menyampaikan agar para Jama’ah tidak mempunyai sifat sombong, karena sombong dapat menggugurkan pahala ibadah. Begitu juga halnya dengan mencintai dunia berlebihan. Boleh cinta dengan dunia akan tetapi mengantarkan kita akan kebahagiaan di akhirat.

 

Tuan guru Besilam Langkat itu juga menyinggung, bahwa ibadah merupakan Pergerakan badan dan hati yang mengarah kepada kebaikan. Syariat membaguskan yang nampak, amal tarekat untuk membaguskan hati, hakikat membaguskan Ruh, maka perlu kita Taubat, taqwa dan istiqomah, dimana Keramat itu sendiri adalah istiqomah. Acara ini di akhiri dengan do’a bersama dan makan siang bersama serta Sholat dzuhur berjamaah.***


E.S Nst



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex