Undang Masyarakat, Danramil Minas & Upika Giat Sosialisasi Karhutla di Kantor Camat

Kamis, 30 Desember 2021 - 11:09:18 WIB
Share Tweet Google +

SIAK, CATATANRIAU.com | Dalam rangka mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) khususnya di Kecamatan Minas, Kapten Inf Sahman Sinaga selaku Danramil 03/Minas, ia bersama Kapolsek Minas Kompol Sawaluddin Pane SH dan Camat Minas H Hendra Adi Nugraha SSTP MSI. Dalam hal ini mereka selaku Upika Minas  melaksanakan sosialisasi Karhutla terhadap sejumlah pihak aparatur Desa dan Masyarakat hingga tokoh masyarakat, di Gedung Serbaguna Kantor Camat Minas, Kabupaten Siak, Riau, Kamis (30/12/2021) pagi.

"Dalam hal ini kita menghimbau kepada para aparat Desa khususnya, agar mereka menyampaikan kepada masyarakatnya masing-masing supaya mensosialisasikan jangan melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar, hal ini dilakukan guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan seperti tahun-tahun yang lalu. Jadi dengan cara sosialisasi inilah kita menyampaikan kepada mereka, sebab kita tidak mungkin langsung kepada masyarakat secara satu persatu," ujar Kapten Inf Sahman Sinaga ketika diwawancarai oleh Wartawan media ini seusai melakukan sosialisasi tersebut.

 

Dijelaskan Danramil, sosialisasi ini dilaksanakan secara rutin dalam kurun waktu dua kali setahun, "dan seharusnya kami memang turun kesetiap Desa, namun dikarenakan waktu yang mepet, terpaksa kami undang perharinya 2 Desa," jelasnya.

 

Untuk Kecamatan Minas sendiri lanjutnya, berdasarkan pantauan dari pihaknya, daerah yang cukup rawan terjadinya kebakaran berada di Kampung Mandiangin dan Rantau Bertuah, oleh karena itu dengan tak bosan-bosannya pihaknya pun mengajak masyarakat Kecamatan Minas untuk sama-sama bersinergi dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan diwilayah Kampung masing-masing.

 

"Kemudian di Kampung Minas Barat juga sebenarnya rawan, namun Minas Barat ini lahannya bukan termasuk golongan gambut, jadi seandainya terjadi kebakaran tidak begitu susah untuk memadamkannya, namun harapan kita tentunya jangan sampai ada yang namanya kebakaran," imbuhnya.

 

Selaras dengan Danramil Minas, Kapolsek Minas Kompol Sawaluddin Pane SH ketika diwawancarai oleh Wartawan media ini ia mengatakan bahwa selain mensosialisasikan tentang bahaya Karhutla pihaknya juga melakukan sosialisasi tentang Kamtibmas serta bahaya penggunaan narkoba dan kenakalan remaja.

 

"Dalam hal ini kami dari pihak Upika selaku narasumber tentunya tetap berkomitmen untuk senantiasa mengajak masyarakat dan senantiasa melakukan pencegahan terjadinya Karhutla di Kecamatan Minas ini, kita minta dan imbau agar tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara membakarnya," pungkasnya.***


Reporter : Idris Harahap



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex