Kekaguman sang jendral pada Istana Matahari Timur

Selasa, 05 Juni 2018 - 04:11:59 WIB
Share Tweet Google +

 

Kabupaten Siak, Riau, menyimpan cerita kejayaan bangsa Melayu di masa lampau. Salah satunya adalah Istana Matahari Timur yang merupakan peninggalan Kerajaan Siak Sri Indrapura. 


Hal itu membuat rasa kagum sekaligus bangga bagi pribadi Panglima Daerah Militer I Bukit Barisan Mayor Jenderal TNI Ibnu Triwidodo, saat kunjungannya ke Kabupaten Siak.


Bersama isteri tercinta dan ditemani Plt Bupati Siak Alfedri, jenderal bintang dua itu melihat setiap sudut benda-benda bersejarah bekas kerajaan melayu islam yang dipandu oleh juru kunci istana.


"Saya sangat kagum saat masuk ke Istana Siak, ternyata kemegahannya masih terjaga begitu juga dokumennya tertata rapi dan sangat terawat," sebut jenderal lulusan Akmil 1985, Senin (4/6/2018) pagi.


Selain itu ia mengapresiasi komitmen Pemkab Siak terhadap upaya pelestarian kawasan Istana yang masih berdiri kokoh dan megah, hingga arsip maupun dokumennya terpelihara dengan baik.


"Semoga benda-benda peninggalan bersejarah ini dapat terjaga dan terawat dengan baik, sebagai warisan nenek moyang kepada para generasi penerus," ujar Ibnu.


Hal yang menarik dalam istana Siak, yaitu adanya salah satu alat musik yang bernama Komet. Alat musik ini sendiri saat ini hanya ada 2 buah di dunia, satu di Jerman dan satu lagi berada di Istana Siak, dan alat musik ini masih berfungsi dengan baik. Hal ini di buktikan dengan disuguhkannya musik klasik karya beethoven yang di putarkan oleh juru kunci Istana.


Pangdam beserta istri pun sempat dibuat terpukau oleh satu alat musik Gramofon merk Komet. Gramofon buatan Jerman tahun 1890 tersebut masih berfungsi dengan baik, dibuktikan dengan disuguhkannya musik klasik karya beethoven maupun Mozart  yang di putarkan oleh Pak Udin salah satu  juru kunci Istana.


Pada kesempatan itu, Plt Bupati Siak H Alfedri dan Pangdam I/BB Mayjen TNI Ibnu Triwidodo saling tukar cenderamata di ruang depan istana. Selanjutnya Pangdam dan rombongan ziarah ke makan Sultan Syarif Kasim II yang berada di dalam pekarangan Masjid Raya Syahabuddin. 


Sebelumnya, lawatan Pangdam I/BB Mayjen TNI Ibnu Triwidodo bersama istri selama dua hari di Kabupaten Siak dalam rangka Safari Ramadhan yang dipusatkan di masjid Sultan Syarif Hasyim. Bersama jajaran Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Siak diadakan buka bersama, shalat taraweh dan pemberian santunan kepada anak Yatim Piatu.

 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex