Lagi, RAPP serahkan bantuan kepada masyarakat.

Jumat, 11 Mei 2018 - 07:05:43 WIB
Share Tweet Google +


Plt Bupati Siak Drs H Alfedri MSi dan Direktur CD RAPP Marzum, menandatangani prasasti Kiosplus Kreatif Terpadu Nenas, Kamis (10/5/18) siang. Kiosplus tersebut merupakan bantuan dari PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), untuk  kelompok tani Bina Tani Kampung Penyengat Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak melalui program community development (CD).

 

Meski sempat diguyur hujan dan angin kencang kegiatan penyerahan kiosplus  tersebut tetap terlaksana dengan baik. 

 

Direktur CD PT RAPP, Marzum mengatakan, kiosplus kreatif terpadu ini adalah sebagai pusat kegiatan kelompok tani Bina Tani kampung Penyengat. Ia sampaikan, dengan harapan bisa menambah semangat petani nenas yang ada di daerah ini.

 

"Melalui tempat ini mereka bisa berdiskusi, bagaimana bisa mengolah sekaligus meningkatkan hasil panen dan produksi ," sebut Marzum.

 

Ia katakan, program selanjutnya adalah bagaimana produksi nenas tersebut bisa sampai ke hilir. Maksudnya para petani bisa membuat olahan makanan dari bahan nenas tersebut, seperti keripik, selai dan sirup.

 

"Selain itu, kami juga ingin menstabilkan harga jualnya. Jangan sampai produksi tinggi, tapi harga jualnya menjadi turun," jelasnya..

 

Marzum menuturkan, awalnya bantuan diberikan kepada 20 orang yang tergabung dalam 1 kelompok tani dengan lahan seluas 20 hektar. Kemudian secara swadaya mereka berhasil mengembangkan hingga menjadi 147 ha.


"Memang tidak semuanya yang kami bantu, akan tetapi tetap kami pantau. Dan saat ini kami juga memberi bantuan pupuk sebanyak 40 sak," imbuhnya.


Saat ini, lanjut dia, mereka telah mampu menjual bibit nenas tersebut hingga keluar daerah. Seperti dikampung Teluk Lanus, sudah ditanam sebanyak 80 ribu bibit yang berasal dari Penyengat ini.

 

Pelaksana tugas Bupati Siak Alfedri, menyebutkan, pembangunan kiosplus kreatif terpadu nenas ini adalah keberkahan bagi petani kampung Penyengat Kecamatan Sungai Apit, Siak.

 

"Ini kelanjutan dari panen raya nenas yang juga merupakan bantuan dari PT RAPP seluas147 hektar. Karena lahan nenas di kecamatan Sungai Apit semakin luas makan dibangunlah kiosplus ini," ungkapnya.

 

Menurut Alfedri, menanam nenas akan jauh lebih untung dibandingkan menanam sawit, per satu hektar hasilnya bisa mencapai Rp 50 juta per masa panen (9 bulan).

 

"Dari buah nenas bisa diolah menjadi selai, minuman kaleng, keripik, dan lain-lainnya. Sehingga perekonomian masyarakat bisa meningkat," ujarnya.

 

Mantan Camat Sungai Apit itu juga  menyampaikan terimakasih kepada PT RAPP, atas bantuannya untuk  masyarakat kabupaten Siak.

 

Sebelum penyerahan kiosplus kreatif tersebut, rombongan disambut dengan Tarian Gong Suku Akit (suku asli kampung Penyengat).

 

Turut hadir saat itu, Camat Sungai Apit Suparni, manajemen RAPP, Penghulu Penyengat, KUA Sungai Apit, Kelompok Tani dan masyarakat kampung Penyengat.



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex