RSUD Siak gelar Apel Pencanangan Akreditasi.

Selasa, 24 April 2018 - 11:32:43 WIB
Share Tweet Google +

 

Sebanyak 20 orang perwakilan dari masing-masing bagian di RSUD Tengku Rafian berikar, menyatakan siap menuju Akreditasi Paripurna versi SNARS di halaman rumah sakit milik Pemkab Siak itu.

Pembacaan komitmen bersama tersebut diikuti oleh seluruh dokter seluruh petugas pelayanan kesehatan  umah sakit, Plt Bupati Siak, Direktur RSUD, Kadis Kesehatan, Kepala Bappeda dan Kepala Badan Keuangan kab Siak.

Apel pencanangan dan penggalangan komitmen bersama tersebut, dibuka secara resmi oleh Plt Bupati Siak Alfedri, di halaman  RSUD Tengku Rafi'an, Selasa (24/4/18) pagi.

Alfedri mengatakan untuk menuju rumah sakit yang terakreditasi SNARS 2018, maka rumah sakit ini harus mempersiapkan diri agar bagaimana benar-benar bisa terakreditasi dengan predikat yang di harapkan.

“Waktu kita tinggal lima bulan ke depan untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Karena itu, mari kita benahi, lengkapi, dan sempurnakan apa yang menjadi persyaratan dari penilaian akreditasi rumah sakit. Sehingga benar-benar RSUD Siak ini bisa mendapatkan akreditasi yang kita harapkan bersama,” ujarnya.

Alfedri mengakui, memang masih banyak yang perlu dibenahi di RSUD Tengku Rafi'an, sehingga bisa meraih akreditas rumah sakit yang diharapkan tersebut. Namun demikian, pemerintah daerah, kata dia, berharap dengan segala kekurangannya, RSUD Tengku Rafi'an tetap harus memperhatikan kelengkapan Standar Operasional Prosedur (SOP).

Selain itu, terkait kelengkapan manajemen rumah sakit, termasuk memperhatikan keselamatan pasien, keselamatan dokter dan perawat juga harus ada SOP-nya. Kemudian kelengkapan sarana prasarana dan fasilitas umum yang mendukung pelaksanaan rumah sakit ini.

“Ini harus menjadi perhatian kita semua. Saya yakin dengan kebersamaan kita, pasti kita bisa meraih akreditasi versi SNARS tersebut,” ungkapnya

Sementara, Direktur RSUD Tengku Rafi'an dr. Benny Chairuddin, menjelaskan, dengan kita menggalang komitmen bersama, berarti kita siap menuju akreditasi SNARS 2018.

”Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah dalam hal ini pak Plt Bupati yang telah menandatangani komitmen bersama dan mendukung RSUD ini menuju akreditasi SNARS 2018,” ucapnya usai apel.

Dia menambahkan adapun yang menjadi tujuan dari akreditasi rumah sakit itu sendiri adalah untuk menilai dan mengukur sejauh mana kepatuhan dari rumah sakit terhadap standar-standar yang susah disusun oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

Lebih lanjut, Benny mengatakan untuk menghadapi penilaian akreditasi SNARS 2018 ini, pihaknya sudah jauh-jauh hari telah menyusun dan membentuk tim persiapan akreditasi RSUD Tengku Rafi'an dan sudah di SK-kan oleh Bupati.


“Tim yang dibentuk ini terdiri dari berbagai disiplin ilmu. Apakah dari dokter, perawat, dan dari sarjana kesehatan lainnya, termasuk dari sarjana ekonomi, dan bagian administrasi lainnya,” tandasnya.



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex