Pujakesuma Peringati Hari Jadi Ke 17

Senin, 16 April 2018 - 13:39:54 WIB
Share Tweet Google +

 

KANDIS-Putra-Putri Jawa Kelahiran Sumatera (Pujakesuma)) selaku paguyuban yang hadir ditengah tengah warga Kabupaten Siak sejak 17 tahun lalu kembali mewujudkan kontribusi sebagai salah satu Ormas yang mampu menjadi wadah penerus generasi Masyarakat Jawa kelahiran Sumatera untuk mempertahankan tradisi dan seni budaya dari para sesepuh terdahulu. 

 


Maka pada tanggal (15/4), bertepatan dengan hari jadi ke 17 Pujakesuma Kabupaten Siak walau sebenarnya Puja Kesuma di awal terbentuknya hingga kini telah  berusia 30 Tahun, bertempat di lapangan terbuka Jalan lintas Pekanbaru Duri KM 76, Pujakesuma Siak merayakan hari jadi seraya melantik PC Kandis disertai pula pelantikan para ketua ranting.

 


Acara yang berjalan meriah tersebut dengan kehadiran ribuan undangan tampak pula dihadiri oleh Plt Bupati Siak, Drs H Alfedri MSI, PW Paguyuban Puja Kesuma Riau, Sukino melalui Sekjen PW, Cahyo Widianto, seluruh ketua Ormas yang ada se Kecamatan Kandis, para Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda tak ketinggalan para Forkopimcam Kandis.

 


Acara yang diketuai oleh Panitia Eri Arfian tersebut berjalan selama sehari semalam dengan tampilan hiburan Campur Sari Ken Dedes dari Pekanbaru juga Hiburan rakyat Jaran Kepang.

 


"seraya merayakan hari jadi ke 17, hari ini kita juga melantik Saudara Dartono selaku PC Kandis dan juga ketua ranting se Kecamatan Kandis," ungkap Ngatmin, selaku PD Siak.

 


Masih menurut Ngatmin, bahwa kehadiran Puja Kesuma di Siak dan Kandis khususnya mampu saling bersinergi dengan Ormas yang ada. "ada berkisar 14 Ormas yang telah hadir di Kandis, dan hingga kini belum ada terdengar adanya gesekan gesekan sesama Ormas. Kesemuanya dapat saling bersinergi dan mengisi demi keutuhan NKRI terkhusus Kandis Siak," tambahnya.

 


Plt Bupati Siak Drs. Alfedri M.Si sendiri dalam kesempatan saat sambutan berikan apresiasi pada Puja Kesuma. "Masyarakat jawa jangan lupakan budaya, saya rasa Puja Kesuma siap menjadi pelopor kebangkitan budaya jawa di Siak Kandis dan kesejahteraan sosial warga jawa di Kandis khususnya dan Siak umumnya. Para penerus Puja Kesuma patut bersyukur dan memberikan apresiasi pada pendiri yang memberi nama itu (Puja Kesuma, red)  karena berkesan unik, berkarakter kuat sekaligus lekat pada Paguyuban Jawa di Kandis Siak," ujarnya.

 

 

Kandis yang terdiri dari berbagai suku dan agama merupakan miniatur Indonesia, dengan adanya Paguyuban Puja Kesuma sendiri bukanlah hal yang tabu kiranya harapan Paguyuban ini dapat membawa kemaslahatan serta menjadi pelopor dalam rangka semangat melestarikan budaya.



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex