Kades Pulau Gadang, Resmikan Pembangunan Masjid Raudhatul Jannah

Ahad, 11 April 2021 - 20:01:52 WIB
Share Tweet Google +

 


KAMPAR, CATATANRIAU.COM | Kepala Desa Pulau Gadang Datuok Majo Sati menghadiri acara peresmian Masjid Raudhatul Jannah Dusun I Kampung Mahligai Desa Pulau Gadang Kecamatan XIII Koto Kampar, Ahad (11/04/2021).

 

Atas nama Pemerintahan Desa, Kades Syofian,SH.MH mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah bekerja dalam mensukseskan acara peresmian Masjid Raudhatul Jannah ini, dan berupaya samksimal mungkin bergotong royong mengumpulkan dana untuk membangun ini sehingga pada hari ini kita dapat melaksanakan peresmiannya.

 

Dengan dibangunnya Masjid ini, lanjut Kades, mudah-mudahan akan dapat menambah dan mendorong semangat bagi warga disekitar Masjid, untuk meningkatkan amal ibadahnya dan berupaya agar memakmurkan Masjid ini dengan cara mendirikan shalat berjamaah, mengadakan pengajian majelis taklim dan pengajian Al-qur’an.

 

Disamping itu, katanya lagi, Masjid dapat pula dijadikan untuk pembinaan umat dengan berbagai aktivitas jamaah yang pantas dilakukan di Masjid, seperti kegiatan pendidikan keagamaan dan kegiatan sosial lainnya, tukasnya.

 

Lebih lanjut  bahwa, untuk optimalisasi fungsi dan peran Masjid sebagai pusat pembinaan ummat, tidak mungkin dapat dikelola oleh satu atau sekelompok orang, tetapi harus melibatkan semua komponen ummat Islam yang berada disekitarnya agar Masjid itu menjadi makmur karena semua pihak merasa memilikinya.

 

Syofian menjelaskan bahwa dalam hal ini, terdapat tiga pendekatan yang dapat dikembangkan dalam mengoptimalkan fungsi Masjid yaitu, pertama Masjid harus dijadikan sebagai lembaga organisasi yang mandiri/independen, berwibawa dan mempunyai daya tarik tersendiri bagi jemaahnya dalam peningkatan kesejahteraan diri, keluarga dan masyarakat.

 


Kedua, Masjid harus dijadikan sebagai pusat pembinaan ummat, yang seyogyanya dapat menempatkan diri sebagai pengayom dan tempat berlindung jama’ah nya dalam menghadapi berbagai persoalan kehidupan, dengan komitmen menempatkan kepentingan jemaahnya di atas kepentingan individu, kelompok dan kekuasaan dengan dilandasi semangat persaudaraan.

 


Ketiga, pengembangan fungsi Masjid yang dapat mengakomodir berbagai kepentingan jama’ah nya dalam rangka meningkatkan pelayanan pada jema’ah nya sendiri.

 

Sebelumnya Panitia Pembangunan Masjid Raudhatul Jannah Abdul Muis yang juga  ketua pembangunan dan seluruh masyarakat dusun I Kampung Mahligai mengucapkan terimakasih kepada masyarakat para Donator yg tak bisa kami sebutkan satu persatu yang telah berpartisipasi dalam terlaksananya pembangunan masjid Raudhatul Jannah ini dan juga kepada Pemdes yang sudah memberikan support atas terbangunnya Masjid ini.

 

Acara juga di rangkaian dengan Tablik Akbar dalam rangka Bergembira Menyambut Ramadhan Bersama Ustadz Dr.Dasril Amali,SH.MH Dasril Amali 

 

Turut hadir dalam acara, Seluruh Lapisan Masyarakat Desa Pulau Gadang. ( Ocu Bundo).


 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex